Saat musim pancaroba, beberapa virus dan bakteri mulai banyak yang menyerang tubuh kamu. Hasilnya, kamu jadi lebih mudah jatuh sakit.

Musim pancaroba merupakan peralihan antara musim penghujan dengan musim kemarau. Ini menyebabkan cuaca kadang mendung, hujan, berangin, atau bahkan sangat panas. Cuaca yang tidak menentu ini biasanya akan mengundang bakteri dan virus untuk menyebabkan infeksi pada tubuh. Mulai dari pilek, flu, batuk hingga sakit tenggorokan.  

Supaya kamu tidak terkena penyakit saat musim pancaroba, kamu bisa mengikuti tips berikut ini.

1. Tingkatkan asupan makanan bergizi

Credit: Jawapos

Makanan adalah sumber energi dan nutrisi bagi tubuh. Tidak hanya menjaga organ tubuh agar bekerja secara normal, nutrisi dari makanan seperti vitamin C, zat besi, dan protein juga dapat mendukung sistem kekebalan tubuh.

Kamu dapat memenuhi kebutuhan nutrisi tersebut dari berbagai makanan, seperti jeruk, daging merah, telur, ikan, dan sayuran hijau.

2. Minum air putih yang cukup

Credit: Jpnn.com

Tips selanjutnya yang perlu kamu lakukan agar tidak sakit di musim pancaroba adalah mencukupi kebutuhan air setiap hari. Air dapat menjaga kelembapan tubuh dan menjadi komponen utama dari pembentukan plasma darah.

Selain itu, air membantu mengedarkan oksigen ke seluruh bagian tubuh dan membantu mengeluarkan zat yang tidak dibutuhkan. Jika tubuh kekurangan cairan, organ tubuh tidak dapat bekerja dengan efektif, termasuk sistem kekebalan tubuh kamu.

Namun, kebutuhan air setiap orang itu berbeda-beda, tergantung dengan usia, kondisi kesehatan, dan aktivitas yang dilakukan. Kisaran banyaknya air yang harus dipenuhi anak-anak dan orang dewasa setiap hari, antara lain 1200 ml hingga 2000 ml atau sekitar 8 gelas sehari.

3. Cukup tidur

Credit: Hipwee

Jika nutrisi dan air sudah tercukupi, maka kamu juga harus memiliki jam tidur yang cukup. Jika kamu sering begadang dan kurang tidur, organ tubuh akan kelelahan. Akibatnya, sistem kekebalan tubuh akan melemah dan membuat kamu jatuh sakit di musim pancaroba.

4. Olahraga

Credit: Hipwee

Cuaca yang tidak menentu selama musim pancaroba mungkin membuat kamu malas untuk berolahraga. Namun, jangan jadikan hal ini sebagai alasan. Karena, olahraga merupakan aktivitas yang menyehatkan tubuh kamu.

Olahraga akan merangsang produksi hormon dopamin. Hormon ini bertugas untuk memperbaiki suasana hati dengan membuat perasaanmu jadi lebih senang dan bahagia. Selain itu, dopamin juga digunakan oleh sel-sel kekebalan untuk mengatur respons tubuh terhadap infeksi.

Perlukah dibantu dengan minum suplemen?

Credit: IDNTimes

Meminum suplemen terutama saat musim pancaroba dapat berfungsi sebagai pelindung ganda agar tidak mudah sakit. Suplemen yang biasanya direkomendasikan untuk meningkatkan daya tahan tubuh, antara lain vitamin C, zat besi, dan vitamin B6 atau madu.

 

Featured Image - Hello Sehat