4 Tips Jitu Ajarkan Anak Belajar Mewarnai. Bisa Jadi Aktivitas Menarik Di Rumah!

4 Tips Jitu Ajarkan Anak Belajar Mewarnai. Bisa Jadi Aktivitas Menarik Di Rumah!

font size A Ǎ

Anak yang cerdas dan memiliki kreativitas tinggi merupakan dambaan setiap orangtua. Kecerdasan dapat dirangsang dengan berbagai cara, salah satunya adalah melalu kegiatan belajar mewarnai dan menggambar.

Belajar mewarnai – umumnya disukai oleh anak- anak. Mereka bebas berkreasi melalui beragam warna maupun gambar yang dibuat. Kegiatan ini dapat membuat si kecil jadi lebih kreatif dan imajinasinya semakin berkembang.

Bahkan, belajar mewarnai bisa melatih kemampuan kognitif anak, hingga kemampuan motoriknya. Kegiatan yang memerlukan otot tangan ini akan membantu anak belajar menggenggam, jadi ia lebih mudah belajar menulis di kemudian hari.

Setelah mengetahui beragam manfaat belajar mewarnai – kini, bagaimana cara tepat untuk mengajarkan anak kegiatan tersebut, sehingga ia pun ikut tertarik melakukannya? Berikut ini langkah yang bisa kamu terapkan!

 

 

 

4 Tips Mengajarkan Anak Belajar Mewarnai

4 Tips Jitu Ajarkan Anak Belajar Mewarnai. Bisa Jadi Aktivitas Menarik Di Rumah!

4 Tips Jitu Ajarkan Anak Belajar Mewarnai. Bisa Jadi Aktivitas Menarik Di Rumah! / Credit: pixabay.com

Berikan Peralatan yang Menarik

Agar anak semakin semangat dalam belajar mewarnai, kamu bisa belikan peralatan yang menarik. Kamu pun bisa mengajak anak dalam memilih peralatan tersebut, seperti buku gambar, pensil warna, maupun krayon.

Tapi, usahakan pilih peralatan mewarnai dengan kandungan non-toxic, ya. Sehingga, kandungannya tidak membahayakan si kecil.

 

Kenalkan Gambar

Dalam melatih kemampuan menggambar dan mewarnai, mulailah dengan mengajarinya konsep gambar sedertahan. Misalnya, bentuk kotak, lingkaran, dan segitiga. Bimbing tangan anak untuk menggambar bersama, kemudian baru minta ia untuk melakukannya sendiri.

 

4 Tips Jitu Ajarkan Anak Belajar Mewarnai. Bisa Jadi Aktivitas Menarik Di Rumah!

4 Tips Jitu Ajarkan Anak Belajar Mewarnai. Bisa Jadi Aktivitas Menarik Di Rumah! / Credit: youthlandacademy.com

Kenalkan Warna Dari Lingkungan Sekitar

Arahkan si kecil untuk belajar mewarnai sesuai dengan lingkungan sekitarnya, agar pilihan warna yang ia gunakan bisa lebih sesuai dengan objek yang digambar.

Kamu bisa mulai dengan mengajarkan warna melalui benda- benda di sekitar rumah. Seperti, memberi tahu anak bunga yang ada di kebun bewarna merah, atau langit di siang hari memiliki warna biru cerah, dan kucing peliharaan yang bewarna putih.

 

Biarkan Anak Berkreasi

Tips terakhir yang dapat kamu lakukan, yaitu biarkan anak berkreasi dalam gambar maupun warna. Pasalnya, meski ia kerap memberi warna yang kurang cocok dengan objek gambar, tapi tidak ada batasan dalam hal seni.

Biarkan anak memberi warna pada objek gambar sesuai apa yang ia imajinasikan, sehingga kreativitas pun dapat meningkat.

 

 

 

Nah, itu dia 4 tips mengajarkan anak belajar mewarnai yang bisa kamu terapkan. Berdasarkan penjelasan di atas, mewarnai memang memiliki manfaat baik untuk tumbuh kembang, kecerdasan, dan kreativitas anak, ya.

 

Featured Image - stocksy.com


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!