Waktu adalah uang. Eits, setuju atau tidak – tergantung dari pribadi kamu masing-masing ya. Yang jelas, waktu perlu diatur biar pekerjaan-pekerjaan di kantor bisa diselesaikan dengan baik dan tepat waktu!

Bekerja di kantoran tentunya membuat kamu akrab dengan deadline. Biasanya, mendekati tengat waktu, stress mulai melanda. Walau akhirnya pekerjaan beres, tapi kamu bisa jadi jatuh sakit karena deadline tersebut.

Oleh karena itu, penting sekali untuk mengatur waktu agar tidak terjadi sebuah kemungkinan yang sudah disebutkan sebelumnya di atas. Nah, berikut 8 tips sederhana yang bisa bantu waktu kamu menyelesaikan pekerjaan di kantor lebih efektif!

Buat Jadwal!

8 Tips Buat Kamu Makin Efektif Atur Waktu Soal Pekerjaan Kantor! credit: parents.com

Minimal, pagi sebelum memulai hari, kamu sudah mempunyai deretan check list yang berisikan apa saja yang harus kamu selesaikan. Hal ini akan membantu kamu untuk mengetahui apa saja yang mesti kamu kerjakan dan selesaikan sebelum tengat waktunya datang!

Memulai Lebih Awal

8 Tips Buat Kamu Makin Efektif Atur Waktu Soal Pekerjaan Kantor! credit: gradtouch.com

Tidak ada salahnya lho datang ke kantor lebih cepat daripada yang lainnya. Kamu bisa lebih santai, mungkin bisa sarapan dulu – atau yang jelas, kamu bisa mulai mengerjakan sesuai jadwal lebih cepat dan lebih awal daripada biasanya. Hal ini akan bantu pengaturan waktu kamu lebih efektif.

Prioritaskan yang Paling Penting

8 Tips Buat Kamu Makin Efektif Atur Waktu Soal Pekerjaan Kantor! credit: kompasiana.com

Nah, berkaitan dengan membuat jadwal atau check list – tentu kamu akan jadi tahu mana yang lebih penting untuk dikerjakan. Oleh karena itu, agar pengaturan lebih efektif, dulu kan lah hal-hal yang sangat penting!

Fokus Bukan Berarti Tidak Multitasking

8 Tips Buat Kamu Makin Efektif Atur Waktu Soal Pekerjaan Kantor! credit: tribunnews.com

Multitasking adalah kemampuan pelengkap seorang karyawan. Namun, cukup beresiko jika kamu tidak bisa fokus dalam penyelesaiannya. Oleh karena itu, agar pengaturan waktu kamu lebih baik, sila fokus saja terlebih dahulu dengan satu hal. Jika sudah selesai, barulah beralih ke hal-hal selanjutnya.

Say No to Distraction!

8 Tips Buat Kamu Makin Efektif Atur Waktu Soal Pekerjaan Kantor! credit: loop.co.id

Untuk sementara waktu – atau setidaknya sampai pekerjaan kamu selesai, pastikan segala pengalihan sudah diisolasi dengan baik. Sebagai contoh, buat notifikasi di sosial media kamu mati, atau kalau bisa – buat telepon genggam kamu dalam mode pesawat.

Patuh Dengan Tengat Waktu

8 Tips Buat Kamu Makin Efektif Atur Waktu Soal Pekerjaan Kantor! credit: stevelaube.com

Menyetel tengat waktu bukan berarti kamu bisa santai-santai lho dalam menyelesaikan pekerjaan. Malah, kamu akan mendapatkan target untuk bisa menyelesaikan pekerjaan tersebut sebelum tengat waktunya datang!

Memanfaatkan Waktu Akhir Pekan

8 Tips Buat Kamu Makin Efektif Atur Waktu Soal Pekerjaan Kantor! credit: innerjourneyinstitute.com

Beristirahat sembari mengingat-ingat apa saja yang sudah dikerjakan akan membantu kamu untuk membuat pengaturan waktu yang efektif lho. Tapi, tentu – sila perbanyak porsi kamu istirahat agar pikiran kembali segar dan siap untuk menyelesaikan segala jadwal yang sudah dibuat!

Pakai Jam Tangan!

8 Tips Buat Kamu Makin Efektif Atur Waktu Soal Pekerjaan Kantor! credit: analogindex.com

Nah, yang terakhir adalah pakai jam tangan. Atau setidaknya di meja kerja mu ada penunjuk waktu seperti jam weker (jika diperlukan). Hal ini tentu akan memudahkan kamu untuk mengetahui pengaturan waktu kamu berjalan secara lancar atau tidak.

Nah bagaimana nih? Sudah diketahui semua ya 8 tips untuk mengatur waktu untuk menyelesaikan pekerjaan lebih efektif. Jelas sekarang tinggal kamu buktikan saja ya!

 

Source

Feature Image - beritagar.id