Berpergian atau traveling dapat membuka mata tentang kehidupan selain lingkungan yang kita temui sehari- hari. Merasakan keindahan alam, kehidupan yang lebih damai atau justru super-sibuk, dan banyak pengalaman baru yang dialami selama traveling.

Traveling sendirian memiliki manfaat yang lebih banyak ketimbang berpergian dengan banyak orang. Traveling sendiri ke wilayah asing akan membuat seseorang jadi lebih percaya diri, menemukan jati diri, dan lebih kreatif.

Meski begitu, tidak bisa dipungkiri pasti ada rasa khawatir atau takut ketika kamu akan berpergian seorang diri. Jika traveling minimal berdua, setidaknya ada teman berbincang sepanjang perjalanan, saling menjaga, dan saling menitipkan barang.

Nah, untuk kamu yang ingin traveling sendirian kamu harus memperhatikan hal- hal berikut ini:

1. Membuat jadwal yang longgar

Credit: Brillio

Ketika membuat agenda perjalanan, buatlah waktu yang cukup longgar antara kegiatan satu dengan lainnya. Dengan begitu, kamu tidak perlu khawatir jika ada gangguan dalam perjalanan. Memiliki waktu yang lebih longgar akan mengurangi stress dan kegelisahan selama perjalanan, terlebih di masa liburan.

2. Pilih-pilih tujuan wisata

Credit: CNNIndonesia

Cobalah realistis dalam memilih tempat wisata mana saja yang ingin kamu datangi dan layak untuk dikunjungi. Jangan sampai memaksakan diri harus menjelajahi semua tempat dalam waktu yang sempit. Kalau itu terjadi, kamu tidak akan menikmati suasana melainkan hanya merasa lelah.

3. Jaga kesehatan

Credit: Merdeka

Yang paling sederhana dalam menjaga kesehatan selama traveling adalah jangan biarkan tubuhmu kelelahan, kehausan, kelaparan, dan terlalu kenyang. Jika memungkinkan, cobalah istirahat selama perjalanan dan selalu bawa air mineral dan camilan untuk mengganjal rasa lapar saat belum menemukan makanan yang cocok.

4. Sabar

Credit: Hipwee

Ada banyak orang bepergian terutama saat libur panjang. Karena itu, bersabarlah di setiap kesempatan. Mungkin cuaca buruk membuatmu tidak jadi ke satu tempat wisata, atau saking penuhnya kamu jadi tidak nyaman di lokasi wisata tertentu dan terpaksa meninggalkannya.

5. Riset

Credit: Liputan6

Riset dulu semua yang berkaitan dengan kebutuhanmu sepanjang perjalanan, mulai dair hotel, tempat makan, objek wisata, rute perjalanan, dan lainnya. Ketika melakukan riset, pastikan area tujuan wisatamu termasuk zona aman atau tidak berisiko tinggi.

 

Featured Image - IDN Times