Cari Kerja Selama Masa PSBB, Hindari 5 Jawaban Ini Saat Wawancara

Cari Kerja Selama Masa PSBB, Hindari 5 Jawaban Ini Saat Wawancara

font size A Ǎ

Mencari pekerjaan di kala pandemi, memang gampang- gampang susah. Pasalnya, di situasi tak menentu seperti sekarang ini, cukup jarang perusahaan yang membuka lowongan pekerjaan. Ditambah, sejumlah pesaing yang mesti kamu hadapi.

Untuk itu, menarik perhatian HRD calon kantor baru saat melamar pekerjaan, memang penting untuk dilakukan. HRD kantor kerap melontarkan pertanyaan yang menjebak, hingga tidak terduga. Tujuannya, mereka ingin melihat kepribadianmu, apakah sesuai dengan kriteria yang diinginkan atau tidak.

Secara kemampuan, sebagai kandidat, kamu perlu menunjukkannya secara tepat dalam wawancara kerja. Jadi, perlu berhati- hati nih ketika memberi jawaban. Kalau tidak, alih- alih terpilih, HRD menjadi tak tertarik.

Dilansir dari CNN Indonesia, berdasarkan Ahli Perekrutan Karyawan Jason Walker dari Hays dan Ian Scott, ada beragam jawaban yang mesti kamu hindari agar menjadi calon kandidat yang kuat.

Apa saja jawaban yang perlu dihindari tersebut? Berikut ulasannya.

 

 

 

5 Jawaban yang Perlu Dihindari Ketika Wawancara Kerja

Cari Kerja Selama Masa PSBB, Hindari 5 Jawaban Ini Saat Wawancara

Cari Kerja Selama Masa PSBB, Hindari 5 Jawaban Ini Saat Wawancara / Credit: onlinemarketplaces.com

Tentu Saja

Beberapa kali, mungkin HRD akan memberi pertanyaan familiar. Tapi, jangan menganggap semua orang memiliki pengertian yang sama, ya.

Wawancara merupakan pertama kalinya pihak perusahaan bertemu dengan kandidat, jadi kamu tak boleh berasumsi bahwa ada sesuatu yang jelas. Lalu, hindari pula memberi jawaban yang mungkin kamu anggap HRD sudah memahami, padahal tidak.

 

Kami

Penting diingat, yang melamar pekerjaan adalah dirimu, bukan tim kamu. Jadi, meski ini merupakan kerja tim, HRD ingin mendengar hal yang lebih spesifik mengenai dirimu. Dan, pewawancara pun ingin tahu apa peran yang kamu miliki dalam meraih kesuksesan.

 

Workaholic

Mengatakan bahwa kamu seorang pekerja keras atau workaholic – mungkin sering dianggap jadi nilai tambah tersendiri. Tapi nyatanya, tidak. Bahkan, jawaban seperti ini saat diberikan pertanyaan mengenai ‘kelebihan’, adalah jawaban yang umum didengar.

Sebaiknya, ungkapkan skill yang kamu miliki, tapi mesti dikembangkan kembali. Misalnya, public speaking yang masih belum terlalu mahir. Tapi, ingin untuk dikembangkan.

 

Cari Kerja Selama Masa PSBB, Hindari 5 Jawaban Ini Saat Wawancara

Cari Kerja Selama Masa PSBB, Hindari 5 Jawaban Ini Saat Wawancara / Credit: timedoctor.com

Tantangan

Dalam satu kesempatan tantangan, pasti kamu kerap memberi jawaban “siap menghadapi tantangan”. Padahal, mengungkapkan kalimat ini tanpa memberi solusi pasti, dapat mengganggu pewawancara.

Jarang sekali kandidat yang menindaklanjuti jawaban tersebut. Misalnya, menjelaskan soal tantangan yang mereka hadapi atau contoh tantangan yang pernah dilewati. Bagaimana reaksi mereka saat berhadapan dengan tantangan, dan hasil akhirnya.

 

Termotivasi Pada Perubahan

Jawaban seperti “dalam pengalaman saya, banyak orang yang mencari kerja secara aktif, karena telah mengalami perubahan” atau “sebagai manusia, banyak yang memilih untuk melakukan perubahan pada rutinitas dan kemampuan”

Jawaban tersebut juga perlu kamu hindari. Pasalnya, cukup banyak kandidat yang juga memberikan jawaban serupa. Tapi, kalau kamu benar- benar menyukai perubahan, maka pastikan kamu konsisten selama wawancara.

 

 

 

Wah, bagaimana? Sekarang kamu sudah mengetahui ya apa saja jawaban yang perlu dihindari ketika wawancara kerja. Selamat mencoba!

 

Featured Image - insights.dice.com

Source - cnnindonesia.com


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!