Ide Kreatif Suka Muncul Dadakan? Segera Lakukan 5 Hal Ini

Ide Kreatif Suka Muncul Dadakan? Segera Lakukan 5 Hal Ini

font size A Ǎ

Sebagian besar orang, mungkin kamu salah satunya, pasti pernah mengalami di mana terlintas sebuah ide, kemudian menunda penulisannya. Dan, akhirnya kamu sudah keburu lupa mengenai ide kreatif tersebut! Hal ini wajar, kok. Pasalnya, otak manusia kerap melupakan hal- hal penting maupun yang kurang penting.

Ide kreatif – bisa muncul kapan saja. Termasuk, ketika sedang mengerjakan suatu tugas, menulis, di tengah- tengah meeting, dan lain sebagainya. Bahkan, tak jarang ide kreatif timbul ketika kamu sedang bersantai, lho.

Nah, biar nggak rugi nih ide kreatif dilupakan begitu saja – sekaligus biar ide tersebut dapat diwujudkan, kamu bisa menerapkan sejumlah cara yang disarankan oleh Brian Lee dari Lifehack.org, lho! Berikut ini ulasan lengkapnya, ya.

 

 

 

5 Cara yang Bisa Dilakukan Ketika Ide Kreatif Muncul Dadakan

Ide Kreatif Suka Muncul Dadakan? Segera Lakukan 5 Hal Ini

Ide Kreatif Suka Muncul Dadakan? Segera Lakukan 5 Hal Ini / Credit: linkedin.com

Ide Kreatif Kerap Muncul Dari Hal yang Tak Terduga

Banyak ide kreatif yang muncul ketika tidak ingin berpikir atau kerap disebut “bengong”. Ini karena ide biasanya muncul saat otak sedang santai. Pada kondisi ini, otak akan berkoneksi dengan jalan kecil pada neutron.

Sayangnya, saat sedang bersantai, kebanyakan orang justru terus membayangkan ide kreatif, tapi tidak dituliskan di atas kertas.

 

Hindari Terlalu Percaya Sama Otak!

Poin yang satu ini – bukan berarti otak manusia itu buruk, ya! Tetapi, hindari menunda mencatat ide kreatif yang terlintas di benakmu. Pasalnya, banyak yang hanya sekedar mengingatnya saja, tapi justru tidak ditulis.

Otak tidak dapat menyimpan ide terlalu lama, karena perlahan memori akan hilang. Mungkin banyak yang berpikir bahwa menulis ide kreatif yang terlintas hanya membuang waktu. Kamu hanya perlu mengingatnya dan menulisnya nanti. Padahal, bisa saja 5 menit kemudian kamu lupa akan ide tersebut.

 

Ide Kreatif Suka Muncul Dadakan? Segera Lakukan 5 Hal Ini

Ide Kreatif Suka Muncul Dadakan? Segera Lakukan 5 Hal Ini / Credit: blog.askable.com

Kurangi Malas Mencatat Ide Kreatif

Usahakan untuk tidak pernah jauh dari kertas dan pulpen, atau gadget. Pastikan pula kamu selalu membuka aplikasi notes, maupun tempat mencatat lainnya. Jadi, jika ada ide kreatif muncul, kamu bisa langsung menuangkannya dalam bentuk kata!

Percaya deh, setiap ide kreatif yang dicatat pasti akan berguna untukmu.

 

Tahan Keinginan Mengatur Ide

Ketika otak sedang santai dan berhasil mengumpulkan ide kreatif, biasanya kamu langsung menyusun dan mengembangkannya. Ini boleh saja dilakukan, tapi jangan terlalu buru- buru. Pastikan, ide sudah terkumpul dan dikelola dengan baik.

Kalau kamu langsung mengelola ide yang datang, kemungkinan kamu akan kehilangan ide kreatif lainnya. Karena, kamu terlalu fokus dalam mengurusi satu ide tersebut.

 

Melakukan Review

Setelah semua ide kreatif dicatat dengan baik, barulah mulai mengelolanya menjadi sesuatu yang besar. Lakukan review idemu 2-3 kali dalam seminggu. Di sinilah, kamu bisa menyaring ide yang tidak terlalu penting, menyusun, dan dikembangkan.

 

 

 

Nah, itu dia 5 tips yang bisa kamu lakukan ketika ide kreatif kerap muncul secara tiba- tiba! Apakah kamu tertarik untuk menerapkannya?

 

Featured Image - careinnovations.org


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!