5 Manfaat Suplemen Makanan Untuk Tubuh yang Wajib Diketahui!

5 Manfaat Suplemen Makanan Untuk Tubuh yang Wajib Diketahui!

font size A Ǎ

Seperti diketahui, nutrisi tubuh merupakan salah satu hal esensial yang penting dipenuhi setiap harinya. Dengan nutrisi yang sudah terpenuhi dengan baik – maka kesehatan pun dapat terjaga lebih baik. Ini juga menyangkut imunitas lho. Mengingat, kekebalan punya peran penting selama masa pandemi – sehingga risiko infeksi dapat diminimalisir.

Memenuhi nutrisi, termasuk vitamin dan mineral – dapat dilakukan dengan mengonsumsi sejumlah makanan sehat, seperti sayur, buah, dan biji-bijian. Namun, bagaimana kalau punya aktivitas padat? Umumnya, orang yang punya banyak kegiatan – lebih sulit mengontrol asupan nutrisi.

Sebagai alternatif, meminum suplemen makanan merupakan langkah yang tepat. Biasanya, suplemen makanan terdiri dari vitamin, mineral, beserta kandungan penting lainnya – untuk melengkapi nutrisi yang tidak bisa terpenuhi dari sumber makanan.

Suplemen makanan dapat berupa multivitamin. Adapun salah satu kandungan yang semestinya ada, yaitu vitamin C – untuk menjaga daya tahan tubuh. Dan vitamin B kompleks – baik untuk menjaga metabolisme, serta menghasilkan energi. Selain itu, diperlukan pula mineral, seperti zinc agar imunitas makin optimal.

Saat ini, mengonsumsi suplemen makanan menjadi hal yang wajar kok – bahkan, penting bagi sebagian besar orang. Secara khusus, mungkin ada yang lebih memilih minum multivitamin, apalagi kalau punya alergi terhadap makanan tertentu, atau cenderung menerapkan pola makan kurang teratur.

Nah, selain memenuhi kebutuhan nutrisi – nyatanya, suplemen makanan, terutama berupa multivitamin, memiliki banyak manfaat baik lainnya, lho. Apa saja ya?

Yuk, cari tahu jawabannya di bawah ini!

 

 

1. Suplemen Makanan: Dapat Jaga Imunitas Tubuh

5 Manfaat Suplemen Makanan Untuk Tubuh yang Wajib Diketahui!

Credit Image - alodokter.com

Suplemen makanan, terutama yang berupa multivitamin dengan kandungan vitamin C dan vitamin B kompleks – sudah pasti dapat menjaga, sekaligus meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Punya imun yang kuat penting lho, agar tubuhmu tidak mudah terserang berbagai macam penyakit, apalagi di masa pandemi virus corona.

Selain berperan untuk menjaga kekebalan tubuh, multivitamin vitamin C juga berperan sebagai antioksidan – untuk melawan radikal bebas, dapat membantu mempercepat proses pemulihan, hingga membantu penyembuhan luka – karena kontribusinya dalam produksi kolagen. Jadi, apakah kamu sudah rutin memenuhi kebutuhan vitamin yang satu ini?

 

2. Mengoptimalkan Proses Metabolisme Tubuh

Dalam multivitamin yang mengandung vitamin B kompleks – proses metabolisme tubuh dapat semakin optimal, lho. Metabolisme merupakan proses untuk mengganti sel-sel tubuh yang rusak, membantu pertumbuhan jaringan baru, hingga bantu mengubah makanan yang dikonsumsi menjadi sumber energi untuk tubuh.

Dengan rutin mengonsumsi suplemen makanan, manfaat yang satu ini bisa kamu peroleh ya. Hati-hati, kekurangan vitamin B kompleks juga dapat menyebabkan tubuh menjadi mudah lelah dan lemas, kulit lebih gampang kering, suasana hati mudah berubah, hingga kemungkinan berat badan yang tidak stabil.

 

3. Mampu Mengurangi Risiko Penyakit Jantung

5 Manfaat Suplemen Makanan Untuk Tubuh yang Wajib Diketahui!

Credit Image - doktersehat.com

Dalam suplemen makanan kaya akan vitamin C dan vitamin B kompleks– kandungan yang satu ini dapat bantu melindungi risiko penyakit jantung. Keduanya dapat membantu melindungi pembuluh darah dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas. Nah, hal tersebut merupakan penyebab utama penyakit jantung, yaitu atherosclerosis.

Dalam kasus tersebut, vitamin C dan vitamin B kompleks berperan sebagai agen pencegahan terhadap penyakit terkait kardiovaskular. Selain itu, risiko penggumpalan dalam pembuluh darah yang menyebabkan penyakit jantung juga akan berkurang – ini merupakan manfaat dari vitamin C ya.

Untuk vitamin C – nutrisi yang satu ini juga membantu proses penyembuhan dinding arteri yang rusak, sehingga mencegah kolesterol tertimbun lama di dalam tubuh. Sekaligus, meningkatkan kadar kolesterol baik yang dibutuhkan.

 

4. Mengurangi Rasa Lelah Berlebihan

Vitamin B kompleks memang punya peran penting dalam membantu proses metabolisme, sehingga dapat berjalan dengan baik. Dengan mengonsumsi suplemen makanan kaya akan vitamin ini – rasa lelah berlebihan bisa diminimalisir, lho. Dengan demikian, aktivitas sehari-hari pun tidak akan terganggu, dan kamu bisa makin aktif serta produktif.

Jenis vitamin ini akan mengubah asupan karbohidrat, lemak, dan protein menjadi energi. Tentunya, jumlah energi yang diproduksi pun mencukupi kebutuhan – sehingga, kamu terhindar dari rasa kelelahan. Selain itu, beberapa jenis vitamin B kompleks juga berperan untuk menghilangkan capek dan pegal – yang umumnya disebabkan oleh gangguan pada saraf tubuh.

 

5. Mengoptimalkan Daya Ingat Otak

5 Manfaat Suplemen Makanan Untuk Tubuh yang Wajib Diketahui!

Credit Image - solopos.com

Suplemen makanan yang mengandung vitamin C dan vitamin B kompleks – sudah dikenal akan sifat antioksidannya. Hal yang satu ini juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan otak secara keseluruhan, termasuk daya ingat.

Sebuah studi menyebutkan bahwa vitamin C memiliki sifat protektif alami yang dapat melindungi bagian otak dari risiko kerusakan dan hilangnya daya ingat. Selain itu, vitamin ini juga dapat melindungi otak dari radikal bebas, hingga mencegah penyakit Alzheimer. Vitamin C pun diklaim mampu meningkatkan daya konsentrasi – dan kemampuan kognitif.

Sedangkan, untuk vitamin B kompleks berperan dalam merangsang produksi myelin, yaitu zat lemak yang melapisi dan melindungi serabut saraf otak, serta sumsum tulang belakang. Myelin – berguna untuk meningkatkan daya ingat, sekaligus menurunkan risiko penurunan fungsi mental. Vitamin B kompleks juga dikenal dapat melindungi dari kehilangan ingatan, serta menjaga kestabilan suasana hati.

 

Apa Suplemen Multivitamin yang Direkomendasikan?

Seperti yang sudah disebutkan – suplemen makanan dapat dikonsumsi dalam bentuk multivitamin. Lalu, multivitamin apa yang baik dikonsumsi sehari- hari? Enervon-C, tentunya!

Enervon-C tablet mengandung Vitamin C 500mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, dan Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat yang bermanfaat untuk menjaga daya tahan tubuh tetap baik.

Selain itu, Enervon-C mampu optimalkan proses metabolsime, sehingga tubuhmu bisa memperoleh energi untuk beraktivitas. Hal ini berkaitan dengan kandungan vitamin B kompleks di dalamnya, ya.

Nah, tak hanya direkomendasikan untuk mengonsumsi Enervon-C dalam bentuk tablet saja, tapi kamu bisa minum Enervon-C Effervescent – yang memiliki kandungan Vitamin C lebih tinggi, yaitu 1000 mg. Yang satu ini dapat memberikan perlindungan ekstra terhadap tubuh, lho!

Lalu, apakah aman minum multivitamin Enervon-C setiap hari? Sudah pasti aman. Karena, Enervon-C mengandung vitamin C dan vitamin B kompleks yang memang tidak dapat diproduksi sendiri oleh tubuh.

Selain itu, makanan yang kamu konsumsi belum tentu dapat memenuhi kebutuhan kedua vitamin tersebut, lho. Jadi, mengonsumsi multivitamin Enervon-C setiap hari justru penting nih untuk mencukupi kebutuhan vitamin harian.

 

Nah, itulah kelima manfaat yang dapat diperoleh dengan rutin mengonsumsi suplemen makanan. Jadi, kamu tak perlu ragu lagi ya untuk minum multivitamin setiap hari untuk jaga kesehatan!

 

 

Featured Image - newsweek.com


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!