Mengonsumsi Suplemen Makanan. Apa Saja Manfaatnya Untuk Tubuh?

Mengonsumsi Suplemen Makanan. Apa Saja Manfaatnya Untuk Tubuh?

Nutrisi tubuh perlu dipenuhi setiap harinya, sehingga kesehatan tetap terjaga. Terlebih untuk daya tahan tubuh – yang memiliki peran penting selama masa pandemi. Pasalnya, individu dengan imunitas lemah lebih mudah terinfeksi virus.

Memenuhi asupan nutrisi dapat dilakukan dengan mengonsumsi makanan sehat yang kaya akan vitamin maupun mineral. Tapi, aktivitas padat dan senangnya masyarakat terhadap makanan serba instan, dapat mengakibatkan nutrisi tidak dapat terpenuhi.

Untuk itu, menambahkan suplemen makanan adalah langkah tepat. Suplemen makanan sendiri umumnya berisi vitamin, mineral, dan berbagai kandungan lainnya yang berperan sebagai pelengkap makanan.

Manfaat utama suplemen makanan memang membantu memenuhi asupan nutrisi yang tidak diperoleh dari makanan. Suplemen terdiri dari multivitamin maupun non-vitamin dan non-mineral.

Untuk multivitamin, salah satu kandungan baik yang semestinya ada, yaitu vitamin C untuk menjaga daya tahan tubuh, dan vitamin B kompleks yang baik untuk metabolisme dan menghasilkan energi. Begitu pula dengan mineral, seperti zinc untuk mempertahankan imunitas.

Saat ini, mengonsumsi suplemen makanan menjadi hal yang wajar, bahkan esensial bagi sebagian besar orang. Secara khusus, mungkin ada beberapa orang yang lebih memerlukan jenis suplemen ini, seperti seseorang dengan alergi makanan, orang dengan pola makan kurang teratur, atau lansia.

Selain bantu memenuhi asupan nutrisi, suplemen makanan yang berupa multivitamin memiliki deretan manfaat baik lainnya. Apa saja? Berikut ulasannya.

 

 

5 Manfaat Mengonsumsi Suplemen Makanan

Mengonsumsi Suplemen Makanan. Apa Saja Manfaatnya Untuk Tubuh?

Mengonsumsi Suplemen Makanan. Apa Saja Manfaatnya Untuk Tubuh? / Credit: healthline.com

Menjaga Imunitas Tetap Kuat

Sistem imun yang kuat sangat penting, agar tubuhmu tidak mudah terserang berbagai macam penyakit, terutama di masa pandemi. Memenuhi kebutuhan vitamin, terutama vitamin C dan vitamin B kompleks dapat membantu imun tetap kuat.

 

Mengoptimalkan Proses Metabolisme

Dalam multivitamin yang mengandung vitamin B kompleks, mampu mengoptimalkan proses metabolisme tubuh. metabolisme – berperan untuk menggantu sel tubuh yang rusak, membantu pertumbuhan jaringan baru, dan mengubah makanan menjadi sumber energi.

Ketika kekurangan vitamin B kompleks, kemungkinan kamu dapat merasa mudah lelah, kulit mudah kering, suasana hati cepat berubah, dan mungkin berat badan kurang stabil.

 

Menurunkan Risiko Penyakit Jantung

Pada suplemen makanan yang mengandung vitamin C dan vitamin B kompleks dapat bantu melindungi pembuluh darah dari kerusakan yang dapat menyebabkan radikal bebas.

Hal ini bisa menjadi penyebab utama penyakit jantung yang disebut atherosclerosis. Pada kasus ini, vitamin C dan vitamin B Kompleks berperan sebagai agen pencegahan terhadap penyakit jantung, serta menurunkan risiko terserang berbagai masalah jantung lainnya.

 

Mengonsumsi Suplemen Makanan. Apa Saja Manfaatnya Untuk Tubuh?

Mengonsumsi Suplemen Makanan. Apa Saja Manfaatnya Untuk Tubuh? / Credit: eatthis.com

Mengurangi Rasa Lelah Berlebihan

Vitamin B kompleks – membantu proses metabolisme sehingga dapat berjalan dengan baik. Hal ini dapat bantu mengurangi rasa lelah berlebihan. Sehingga, aktivitas yang kamu jalani sehari- hari dapat dilakukan dengan maksimal.

 

Menjaga Daya Ingat Otak

Pada suplemen makanan vitamin C dan vitamin B kompleks, dikenal memiliki sifat antioksidan. Ini bermanfaat untuk menjaga kesehatan otak, termasuk daya ingatnya.

Vitamin C memiliki sifat protektif yang dapat melindungi otak dari risiko kehilangan dan kerusakan daya ingat.

Sedangkan, vitamin B kompleks dapat merangsang produksi mielin, yaitu zat lemak yang melapisi dan melindungi serabut saraf otak, serta sumsum tulang belakang. Mielin ini berguna untuk meningkatkan daya ingat dan mengurangi risiko penurunan fungsi mental.

 

 

 

Bantu Memenuhi Nutrisi, Bisa Dengan Minum Multivitamin

Mengonsumsi Suplemen Makanan. Apa Saja Manfaatnya Untuk Tubuh?

Mengonsumsi Suplemen Makanan. Apa Saja Manfaatnya Untuk Tubuh? / Credit: rightasrain.uwmedicine.org

Seperti yang sudah disebutkan – suplemen makanan dapat dikonsumsi dalam bentuk multivitamin. Lalu, multivitamin apa yang baik dikonsumsi sehari- hari? Enervon-C, tentunya!

Enervon-C mengandung Vitamin C 500mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, dan Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantothenat yang bermanfaat untuk menjaga daya tahan tubuh tetap baik.

Selain itu, Enervon-C mampu optimalkan proses metabolsime, sehingga tubuhmu bisa memperoleh energi untuk beraktivitas. Hal ini berkaitan dengan kandungan vitamin B kompleks di dalamnya, ya.

Tapi, apakah aman minum Enervon-C setiap hari? Pastinya aman! karena Enervon-C mengandung vitamin C dan vitamin B kompleks yang memang tidak dapat diproduksi sendiri oleh tubuh. Selain itu, makanan yang kamu konsumsi belum tentu dapat memenuhi kebutuhan kedua vitamin tersebut, lho. Jadi, mengonsumsi multivitamin Enervon-C setiap hari justru penting nih untuk mencukupi kebutuhan vitamin harian.

Dan, kamu pun tidak perlu khawatir ya soal vitamin yang menumpuk dalam tubuh, karena vitamin C dan vitamin B kompleks bersifat larut air, sehingga dapat diserap dengan baik oleh tubuh dan sisa zat yang tidak diperlukan akan dikeluarkan melalui urin. Terpenting – kamu minum air yang banyak untuk bantu penyerapan vitamin-vitamin tersebut.

 

 

 

Nah, itulah kelima manfaat yang dapat diperoleh dengan rutin mengonsumsi suplemen makanan, terutama dalam bentuk multivitamin. Jadi, kamu tak perlu ragu lagi ya untuk minum multivitamin setiap hari untuk jaga kesehatan!

 

Featured Image - plantbasednews.org


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!