Punya Anak Kembar? Didik Dengan 4 Tips Berikut

Punya Anak Kembar? Didik Dengan 4 Tips Berikut

font size A Ǎ

Memiliki anak kembar memang dapat mendatangkan kebahagiaan tersendiri. Bahkan, tak jarang lho orangtua yang berharap dianugerahi sepasang anak kembar. Meski demikian, tanggung jawab orangtua pun semakin besar. Pasalnya, mendidik anak kembar bukanlah perkara mudah.

Selain dapat membuat fisik jadi lelah, mengasuh anak kembar pun bisa menimbulkan rasa lelah secara mental. Tapi, kuncinya adalah orangtua perlu memahami bahwa tiap anak itu berbeda, dalam soal karakteristik anak dan sifatnya masing- masing.

Dilansir dari Fimela, sama seperti saudara adik kakak pada umumnya, anak kembar juga memiliki kebutuhan, keinginan, dan kemampuan yang berbeda. Jadi, tak heran kalau anak kembar pun masih bisa bertengkar, ya!

Dalam hal mendidik anak kembar – ada berbagai tips yang bisa coba diterapkan, nih. Apa saja tips tersebut? Berikut ulasan lengkapnya.

 

 

4 Tips Mendidik Anak Kembar

Punya Anak Kembar? Didik Dengan 4 Tips Berikut

Punya Anak Kembar? Didik Dengan 4 Tips Berikut / Credit: parenting.firstcry.com

Perlakukan Mereka Seperti Individu yang Unik

Ketika mendidik anak kembar, orangtua mungkin menganggap mereka sebagai “satu kesatuan”. Nyatanya, mereka adalah individu yang berbeda dan memiliki keunikan masing- masing.

Cobalah untuk menghargai perbedaan tersebut. Bantu optimalkan kelebihan tiap anak, dan hargai mereka dengan segala keunikannya.

 

Luangkan Waktu Untuk Masing- Masing Anak

Di sini, kamu dapat berbagi peran dan tugas dengan pasangan. Pasalnya, kamu perlu meluangkan waktu untuk masing- masing anak. Anak kembar memang memiliki kecenderungan saling bergantung satu sama lain.

Tapi, jika sesekali “dipisahkan”, ini bisa bantu mereka untuk menemukan jati dirinya sendiri. Jadi, sesekali kamu bisa mengajak salah satu dari mereka untuk pergi jalan- jalan. Sedangkan, yang satunya melakukan kegiatan lain bersama sang ayah.

 

Punya Anak Kembar? Didik Dengan 4 Tips Berikut

Punya Anak Kembar? Didik Dengan 4 Tips Berikut / Credit: ifa2016.org.au

Perbolehkan Anak Memiliki Barang yang Berbeda

Kepemilikan barang dapat bantu si kecil untuk membangun identitasnya sendiri. Dalam hal anak kembar – perbolehkan anak memiliki barang, mainan, dan baju untuk dirinya sendiri, ya. Atau, kamu pun bisa menyediakan lemari masing- masing, agar dapat diisi dengan benda favorit mereka.

 

Hindari Membandingkan Anak

Yang wajib dihindari oleh orangtua yang memiliki anak kembar – membandingkan satu sama lain. Memang, terkadang hal ini terjadi begitu saja, tanpa disadari. Tapi, sebisa mungkin hindari membandingkan anak.

Perbandingan yang terlalu menyudutkan dapat membuat anak kurang percaya diri dan merasa tidak dihargai.

 

 

Wah, bagaimana nih? Sekarang kamu sudah tahu ya bagaimana cara mendidik anak kembar? Yang tak kalah penting, nikmati serta syukuri setiap momen kebersamaanmu dengan mereka, ya.

 

Featured Image - thespruce.com


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!