Pekerja Part Time! Yuk, Terapkan 5 Tips Ini Untuk Atur Keuangan Selama Pandemi

Pekerja Part Time! Yuk, Terapkan 5 Tips Ini Untuk Atur Keuangan Selama Pandemi

font size A Ǎ

Bagi sebagian orang, mengatur keuangan merupakan hal yang rumit. Namun, jika keuangan tidak diatur sedemikian rupa, maka berbagai kebutuhan sehari- hari pun mungkin tidak bisa berjalan dengan stabil. Terlebih, mengatur keuangan bisa semakin membingungkan bagi kamu yang memiliki kerja part time.

Kerja part time tentu saja berbeda dengan pekerja full time. Tidak hanya soal jam kerja saja, tetapi uang yang dihasilkan kerja part time cenderung lebih sedikit. Jenis pekerjaan ini biasanya kerap digeluti oleh mahasiswa yang menginginkan uang jajan tambahan.

Tetapi, tak jarang pula di zaman sekarang ini, banyak pekerja yang melakukan kerja part time. Atau, dijadikan sebagai sarana mendapat penghasilan lebih. Apalagi, di tengah pandemi, yang menyebabkan kondisi serba tidak pasti. Mencari penghasilan lebih merupakan salah satu solusi.

Nah, kalau kamu termasuk yang melakukan kerja part time dan mungkin merasa sulit dalam mengatur keuangan. Berikut ini tips yang bisa kamu terapkan.

Simak ulasan lengkapnya.

 

 

 

5 Tips Mengatur Keuangan Untuk Pekerja Part Time

Pekerja Part Time! Yuk, Terapkan 5 Tips Ini Untuk Atur Keuangan Selama Pandemi

Pekerja Part Time! Yuk, Terapkan 5 Tips Ini Untuk Atur Keuangan Selama Pandemi / Credit: earth.com

Biasakan Menabung

Sebagian darimu mungkin sudah sering diajarkan menabung oleh orangtua sejak kecil. Hal ini dapat dilakukan dengan sistem harian atau bulanan. Meski sering dianggap remeh, tapi menabung memiliki peran besar dalam kehidupan, lho.

Rajin menabung dapat mengurangi kebiasaan belanja terlalu boros! Jadi, ketika kamu mendapat gaji dari kerja part time, segera tabung sebagian ya.

 

Hindari Berhutang

Di masa pandemi, usahakan untuk tidak berhutang. Pasalnya, ekonomi yang sedang menurun, bisa saja nantinya memengaruhi pendapatanmu. Dan, akhirnya menyebabkanmu sulit membayar hutang.

Selain itu, terlalu banyak berhutang dapat membuatmu merasa tidak tenang!

 

Pekerja Part Time! Yuk, Terapkan 5 Tips Ini Untuk Atur Keuangan Selama Pandemi

Pekerja Part Time! Yuk, Terapkan 5 Tips Ini Untuk Atur Keuangan Selama Pandemi / Credit: lifepal.co.id

Batasi Pengeluaran

Memberikan jatah pengeluaran tiap hari juga termasuk cara untuk mengatur budget. Misalnya, dalam sehari kamu boleh mengeluarkan biaya 30 ribu Rupiah untuk makan. Atau, per bulan kamu jatahkan biaya belanja hanya Rp 200 ribu Rupiah. Semuanya dapat kamu sesuaikan dengan kebutuhan harianmu, ya.

 

Hindari Pemborosan

Jika kamu mampu untuk membangun suatu usaha, selain dari kerja part time yang kamu jalani. Maka, coba sisihkan sedikit demi sedikit uang yang kamu peroleh. Hal ini dapat bantu kamu mewujudkan usaha impianmu. Lalu, sisihkan sebagian lainnya untuk ditabung dan memenuhi kebutuhan lainnya. Lalu, hindari terlalu kalap dalam belanja, ya. Ada baiknya simpan uangmu untuk kebutuhan yang lebih penting.

 

Hindari Terlalu Sering Nongkrong

Kalau kamu memiliki hobi untuk nongkrong di café atau restoran, sebaiknya kurangi ya! Pasalnya, semakin sering nongkrong, semakin banyak pula uang yang perlu kamu keluarkan. Ditambah, sekarang masa pandemi, ada baiknya kamu di rumah saja!

 

 

 

Wah, bagaimana nih? Sekarang kamu sudah paham ya mengenai tips mengatur keuangan untuk yang memiliki kerja part time. Apakah kamu ingin mencoba kiat- kiat di atas?

 

Featured Image - pacificgarden.co.id


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!