Sistem kekebalan tubuh – merupakan alat perlindungan diri dari berbagai macam virus, bakteri, dan kuman penyebab penyakit. Terlebih, selama pandemi Covid-19, kekebalan tubuh menjadi poin penting. Pasalnya, individu dengan kekebalan tubuh lemah, cenderung lebih rentan terinfeksi virus.

Tidak hanya orang dewasa, kekebalan tubuh anak- anak pun perlu dijaga. Apalagi, sistem imunitas tubuh anak masih dalam tahap perkembangan, yang mengakibatkan anak lebih rentan sakit. Jadi, perlindungan pada anak mesti lebih ekstra.

Cara paling mudah dalam menjaga kekebalan tubuh anak, yaitu dengan memenuhi kebutuhan nutrisi. Ini terdiri dari berbagai macam vitamin dan mineral, yang berperan dalam membangun dan membentuk imunitas tubuh.

Sejumlah vitamin dan mineral – lebih singkatnya disebut multivitamin – bisa dipenuhi dengan sejumlah langkah berikut ini.

Simak ulasan lengkapnya.

 

 

 

Tips Memenuhi Kebutuhan Multivitamin Anak

Selama Masa Pandemi Covid-19
 

Penuhi Nutrisi yang Dapat Bantu Lawan Penyakit dan Radikal Bebas

Deretan Cara Penuhi Asupan Multivitamin Untuk Jaga Imunitas Anak Selama Pandemi / Credit: sahabatnestle.co.id

Kebutuhan nutrisi dibutuhkan untuk melawan sumber penyakit dan radikal bebas. Anak yang kekurangan nutrisi, imun tubuhnya cenderung lemah. Pasalnya, sel- sel dalam tubuh tidak bisa bekerja secara optimal.

Nutrisi – yang perlu dipernuhi anak seperti vitamin A, vitamin B, vitamin C, vitamin D, asam folat, zat besi, selenium, zinc, kalsium, serta omega 3 dan omega 6. Kebutuhan vitamin dan mineral ini, bisa dipenuhi dengan memberi variasi makanan pada anak.

 

Perhatikan Pula Asupan Cairan Anak

Deretan Cara Penuhi Asupan Multivitamin Untuk Jaga Imunitas Anak Selama Pandemi / Credit: achnews.org

Cairan juga komponen penting dalam pertumbuhan anak. Setiap anak memiliki kebutuhan cairan yang berbeda, tergantung usianya. Dilansir dari IDAI, berikut kebutuhan cairan yang diperlukan anak berdasarkan usia.

  • Usia 0–6 bulan memerlukan cairan 700 ml/hari.
  • Usia 7–12 bulan memerlukan cairan 800 ml/hari.
  • Usia 1–3 tahun memerlukan 1300 ml/hari.
  • Usia 4–8 tahun memerlukan 1700 ml/hari.
  • Usia 9–13 tahun memerlukan 2400 ml/hari (laki-laki) dan 2100 ml/hari (perempuan).
  • Usia 14–18 tahun memerlukan 3300 ml/hari (laki-laki) dan 2300 ml/hari(perempuan).

 

Beri Camilan Sehat Seperti Buah dan Sayur

Deretan Cara Penuhi Asupan Multivitamin Untuk Jaga Imunitas Anak Selama Pandemi / Credit: indianexpress.com

Selain memberi makanan yang bernutrisi, berikan pula anak camilan sehat di antara waktu makan. Camilan sehat – dapat berupa buah dan sayur. Atau, bisa dijadikan jus, sehingga anak lebih mudah ketika mengonsumsinya.

 

Perhatikan Kebersihan Tempat Penyimpanan dan Pengolahan Makanan

Deretan Cara Penuhi Asupan Multivitamin Untuk Jaga Imunitas Anak Selama Pandemi / Credit: mdlinx.com

Agar semakin maksimal, perhatikan tempat penyimpanan dan pengolahan makanan. Sehingga, kebersihannya tetap terjamin. Terapkan 5 langkah keamanan dalam mengelola pangan, yaitu:

  • Cuci tangan terlebih dahulu sebelum mengolah makanan.
  • Pisahkan wadah penyimpanan bahan makanan mentah dan matang, daging ayam, sapi, ikan, dan sayuran.
  • Bedakan talenan yang digunakan untuk memotong sayuran, daging mentah, ikan atau makanan laur, daging ayam dan ungags lainnya. Ini bertujuan untuk mencegah kontaminasi dari satu bahan ke bahan lainnya.
  • Masak makanan hingga benar- benar matang. Terlebih, untuk produk hewani.
  • Simpan makanan matang pada suhu yang tepat dan sesuai. Jangan terlalu panas atau dingin.
  • Pastikan sumber air bersih dan kualitas makanan bagus.

 

Beri Tambahan Suplemen Khusus Anak

Deretan Cara Penuhi Asupan Multivitamin Untuk Jaga Imunitas Anak Selama Pandemi / Credit: mamapapa.id

Untuk membantu jaga sistem kekebalan tubuh anak, berikan tambahan suplemen khusus anak. Bisa berupa multivitamin sirup yang mengandung sejumlah vitamin penting, seperti Enervon-C Plus Sirup anak.

Enervon-C Plus Sirup memiliki kandungan vitamin lengkap untuk si kecil. Yaitu, Vitamin A, Vitamin B Kompleks, Vitamin C, Vitamin D, Niacinamide, dan Panthenol.

Sejumlah vitamin tersebut, dapat membantu anak tetap aktif di masa pertumbuhannya, meningkatkan nafsu makan, membantu pembentukan tulang dan gigi, serta bantu pelihara daya tahan tubuhnya biar tidak mudah sakit.

 

 

Berdasarkan penjelasan di atas, sudah cukup jelas bagaimana cara memenuhi kebutuhan multivitamin anak, terutama selama pandemi. Disarankan untuk memberi anak multivitamin Enervon-C Plus Sirup, untuk memelihara kesehatan si kecil!

 

Featured Image - solutionsforliving.ca

Source - popmama.com