7 Tips Cara Berkomunikasi yang Baik Dengan Rekan Kerja Selama WFH

7 Tips Cara Berkomunikasi yang Baik Dengan Rekan Kerja Selama WFH

font size A Ǎ

Membangun hubungan yang baik dengan rekan kerja adalah suatu hal yang penting. Seringnya – hubungan dengan rekan kerja akan memengaruhi kinerja karyawan, karena setiap harinya akan bertemu dan berkomunikasi dengan orang yang sama.

Cara berkomunikasi yang baik perlu diterapkan bersama rekan kerja. Pasalnya, secara tidak langsung, kepandaian dalam berinteraksi merupakan cermin sikap seseorang. Pada dasarnya, etika manusia tercermin dari komunikasi.

Kalau berkomunikasi secara langsung alias tatap muka, mungkin lebih mudah dilakukan dibanding melalui chat atau video call. Yang jadi kendala, saat ini sejumlah perusahaan sedang menerapkan kembali kebijakan WFH, karena Pembatasan Sosial Berskala Besar yang sedang diterapkan untuk kedua kalinya. Wah, menerapkan cara berkomunikasi yang baik selama WFH memang bisa jadi tantangan tersendiri.

Tapi tenang, ada banyak jalan menuju Roma. Disini, ada beragam tips berkomunikasi yang baik meski bekerja dari rumah. Apa saja? Berikut ini ulasan lengkapnya.

 

 

 

7 Cara Berkomunikasi yang Baik Dengan Rekan Kerja

7 Tips Cara Berkomunikasi yang Baik Dengan Rekan Kerja Selama WFH

7 Tips Cara Berkomunikasi yang Baik Dengan Rekan Kerja Selama WFH / Credit: techcrunchonline.com

Mau Menerima Masukan

Dalam suatu lingkup kerja, kamu akan bertemu dengan orang- orang dari berbagai suku, agama, dan karakter yang berbeda- beda. Untuk itu, kamu perlu beradaptasi agar bisa nyaman dalam bekerja.

Menerima segala masukan dari rekan kerja dan menganggap sebagai suatu hal yang positif, juga perlu dilakukan. Namun, jika kamu menerima kritikan yang kurang baik, sikapi dengan lapang dada dan bersabar.

 

Jadi Orang yang Menyenangkan

Komunikasi bisa terbangun dengan baik, kalau kamu bisa menyenangkan hati rekan kerjamu. Cobalah untuk memberi sedikit humor ketika sedang mengobrol. Cara ini bisa mencairkan suasana. Tapi ingat, pilih humor yang tepat, jangan sampai ada yang tersinggung, ya.

Suasana yang menyenangkan dan santai dapat membuatmu dan rekan kerja lebih mudah menyampaikan ide maupun masukan.

 

7 Tips Cara Berkomunikasi yang Baik Dengan Rekan Kerja Selama WFH

7 Tips Cara Berkomunikasi yang Baik Dengan Rekan Kerja Selama WFH / Credit: exbulletin.com

Menyapa Rekan Kerja

Mulai sapalah rekan kerjamu setiap pagi, entah secara langsung atau di group kantor. Ini merupakan langkah untuk menerapkan cara berkomunikasi yang baik. Setelah menyapa, kamu bisa lanjut ke obrolan berikutnya.

Mudahnya – sapaan pagi seperti ini, merupakan komunikasi pembuka dengan rekan kerja.

 

Bersikap Ramah

Poin ini sangat penting, yaitu usahakan untuk selalu bersikap ramah dengan siapa saja di kantor. Tentu, sikap ini akan membuatmu dipandang sebagai orang yang positif. Dengan begitu, suasana kerja semakin terasa kondusif dan nyaman.

 

7 Tips Cara Berkomunikasi yang Baik Dengan Rekan Kerja Selama WFH

7 Tips Cara Berkomunikasi yang Baik Dengan Rekan Kerja Selama WFH / Credit: canva.com

Hindari Terlalu Banyak Bercanda

Kalau kamu terlalu sering bercanda, besar kemungkinan kamu akan dianggap sebagai seseorang yang tidak serius. Bukannya tidak boleh bercanda sama sekali, ya. Tapi, posisikan bercandaan kamu tersebut pada keadaan yang tepat.

Hindari pula bertindak konyol dan membuat orang lain merasa sakit hati. Hal ini membuatmu dinilai buruk oleh atasan dan rekan kerja.

 

Jadi Pendengar yang Baik

Alangkah baiknya, kalau kamu mau mendengarkan penjelasan rekan kerja. Hindari menyela omongan yang sedang berbicara. Karena, setiap orang pasti ingin dihargai. Setelah selesai, barulah beri feedback yang baik dan katakana dengan sopan, ya!

 

Beri Kesan Antusias

Cara berkomunikasi yang baik dan efektif – tunjukkan antusiasme kamu, dan rekan kerja akan berpikir bahwa kamu senang berbicara dengannya. Secara tidak langsung, cara ini bisa memberi kesan positif pada rekan kerja.

Jadi, rekan kerja pun jadi lebih percaya diri dan tidak lagi segan untuk membuka percakapan yang lebih dalam.

 

 

 

Nah, itu dia ketujuh cara berkomunikasi yang baik dengan rekan kerja. Mulai sekarang, kamu bisa terapkan kiat- kiat di atas, ya!

 

Featured Image - entrepreneur.com


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!