Agar Diet Lancar Saat Weekend, Terapkan 5 Kiat Jitu Ini

Agar Diet Lancar Saat Weekend, Terapkan 5 Kiat Jitu Ini

TAGS : tips weekend diet
font size A Ǎ

Bagi kamu yang sedang menjalani program diet, akhir pekan mungkin hari yang sangat ditunggu. Bagaimana tidak? Kebanyakan orang yang diet, kerap menjadikan weekend sebagai cheating day. Alasannya, karena libur, jadi boleh sesekali makan sesuka hati.

Sebenarnya, memiliki cheating day di akhir pekan boleh saja, kok. Malah penting memiliki ‘hari bebas’ untuk makan hidangan favoritmu. Tapi, porsinya tetap harus dijaga, ya. Bukan karena cheating day, kamu malah makan dengan porsi banyak sekaligus.

Berdasarkan penelitian, orang cenderung mengonsumsi asupan kalori dua kali lebih banyak di dari Jumat sampai Minggu, dibanding dengan hari lainnya. Nah, yang ini mesti diwaspadai! Apalagi, urusan ngemil yang manis dan berlemak.

Lalu, bagaimana caranya biar diet tidak berantakan, meski di akhir pekan kamu menjalani cheating day? Berikut ini tipsnya.

 

 

 

5 Tips Diet Tidak Berantakan Saat Weekend

Agar Diet Lancar Saat Weekend, Terapkan 5 Kiat Jitu Ini

Agar Diet Lancar Saat Weekend, Terapkan 5 Kiat Jitu Ini / Credit: linisehat.com

Sarapan Lebih Banyak

Seseorang yang sarapan secara rutin cenderung mengonsumsi makanan yang lebih sehat dan lebih sedikit sepanjang hari. Jadi, biar diet tidak berantakan – pastikan kamu tetap sarapan di akhir pekan.

Kamu boleh makan menu sarapan dengan porsi yang lebih banyak. Misal, memilih menu yang kaya akan karbohidrat, agar kenyang lebih lama. Hal ini juga bisa membakar kalori lebih banyak, terutama kalau kamu berolahraga satu jam setelah sarapan, lho!

 

Tetap Konsumsi Makanan Bergizi

Meski cheating day, tapi kamu juga mesti pintar- pintar dalam memilih makanan, nih. Tetap konsumsi makanan yang kaya akan nutrisi dan bergizi, ya. Seperti, olahan dada ayam yang kaya akan protein, atau roti gandum dengan kandungan karbohidratnya.

Tips ini juga bisa menghindarimu dari lonjakan gula darah dan mengendalikan nafsu makan yang cenderung tak terkendali di akhir pekan.

 

Agar Diet Lancar Saat Weekend, Terapkan 5 Kiat Jitu Ini

Agar Diet Lancar Saat Weekend, Terapkan 5 Kiat Jitu Ini / Credit: pixabay.com

Boleh Makan Dessert

Ingin icip-icip makanan penutup alias dessert? Boleh banget! Kamu masih bisa mengonsumsi makanan manis, kok. Hanya saja, hindari makan secara berlebihan ya. Pasalnya, makanan tinggi kalori dan gula akan menumpuk jadi lemak.

 

Timbang Berat Badan

Walaupun sebagian besar orang merasa takut nimbang, tapi kegiatan ini perlu dilakukan di akhir pekan, lho. Jika kamu menimbang berat badan, maka kamu akan mengetahui kesuksesan dietmu. Melihat angka timbangan – bisa buat kamu makin termotivasi!

 

Berolahraga

Hari libur bukan berarti libur berolahraga! Weekend bukanlah alasan untuk bermalas- malasan. Jadi, sebaiknya tetap lakukan aktivitas fisik. Kamu bisa ajak keluarga berolahraga bersama, seperti bersepeda, atau jogging.

 

 

 

Wah, bagaimana nih? Dari penjelasan tersebut, sepertinya penting untuk tetap memperhatikan asupan makanan meski sedang cheat day di akhir pekan. Jadi, usaha dietmu selama ini tidaklah sia- sia dan kesehatan tetap bisa dijaga!

 

Featured Image - economictimes.indiatimes.com


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!