Sering Disepelekan, Ini 7 Hal yang Buat Kamu Terlihat Tak Profesional

Sering Disepelekan, Ini 7 Hal yang Buat Kamu Terlihat Tak Profesional

font size A Ǎ

Setiap karyawan pasti ingin dinilai sebagai seorang yang profesional. Tapi sayangnya, secara tak sadar, ada hal- hal sepele yang justru membuat karyawan tidak terlihat profesional. Pasti, kamu tidak ingin mendapat image yang buruk hanya karena melakukan sejumlah hal tersebut, kan?

Sangat penting bagimu untuk mengenali apa saja sikap yang mungkin sudah menjadi kebiasaan dan dapat membuatmu terlihat tidak profesional. Untuk mengetahuinya, berikut deretan hal tersebut. Coba diperhatikan, ya!

 

 

 

7 Hal yang Membuatmu Terlihat Tidak Profesional

Sering Disepelekan, Ini 7 Hal yang Buat Kamu Terlihat Tak Profesional

Sering Disepelekan, Ini 7 Hal yang Buat Kamu Terlihat Tak Profesional / Credit: shrm.org

Membicarakan Penampilan Rekan Kerja

Ketika berada di lingkungan kantor, usahakan selalu jaga ucapan, terutama soal penampilan rekan kerja. Meski penampilannya tak sesuai seleramu, tapi coba berpikiran lebih terbuka. Pasalnya, tiap orang punya selera masing- masing, lho.

Jadi, jangan sampai tindakan ini membuatmu dianggap sebagai karyawan yang tidak profesional, ya.

 

Terlalu Banyak Bergosip

Secara tidak sadar, kamu pasti kerap melakukan hal ini ya? Walaupun di kantor kamu memiliki teman kerja yang dekat, tapi tetap jaga jarak. Hindari menanyakan masalah pribadi selama di kantor, karena ini bisa mengurangi profesionalisme.

Dan, hindari pula bergosip atau menyebarkan berita yang belum tentu benar. Sebaiknya, manfaatkan waktu dengan baik untuk bekerja, bukan gossip hal yang tidak penting.

 

Sering Disepelekan, Ini 7 Hal yang Buat Kamu Terlihat Tak Profesional

Sering Disepelekan, Ini 7 Hal yang Buat Kamu Terlihat Tak Profesional / Credit:this.deakin.edu.au

Terlalu Sering Menggunakan Gadget

Gadget – lebih tepatnya smartphone memang tidak bisa dipisahkan dari kehidupan zaman sekarang. Tapi ketika ada di lingkungan kantor, gunakan gadget secara bijak. Jangan sampai hal ini menganggu pekerjaan dan mengurangi produktivitasmu.

 

Bicara Secara Berlebihan

Paham, kok, kalau kamu memang membutuhkan teman bercerita dengan rekan kerja. Tapi, sebaiknya utamakan dahulu pekerjaan yang kamu miliki. Hindari berlebihan bercerita, hingga membuang waktu dan pekerjaan tidak selesai.

Kalau memang sedang santai, barulah kamu boleh bercerita dengan teman mengenai masalah yang sedang dihadapi.

 

Sering Disepelekan, Ini 7 Hal yang Buat Kamu Terlihat Tak Profesional

Sering Disepelekan, Ini 7 Hal yang Buat Kamu Terlihat Tak Profesional / Credit:careers.workopolis.com

Selalu Minta Maaf

Memang minta maaf itu suatu hal yang wajar, bahkan dibutuhkan untuk memperbaiki keadaan. Meski begitu, hindari melakukannya secara berlebihan. Pasalnya, kamu justru terlihat lemah dan tidak profesional dalam menanggapi suatu masalah.

 

Tidak Fokus Mendengarkan Lawan Bicara

Siapa sih yang tidak sebel kalau lawan bicara kurang fokus saat mengobrol? Semuanya pasti sebel, ya! Sama halnya dengan atasan maupun rekan kerja yang merasa demikian. Jadi, usahakan untuk tetap fokus saat mendengarkan lawan bicara.

 

Memanggil Dengan Panggilan yang Kurang Sopan

Sebaiknya, hindari juga menggunakan nama panggilan yang kurang sopan ketika berada di kantor. Lalu, hindari pula memberikan “gelar panggilan” yang tidak pantas lainnya. Karena, ini hanya membuatmu terlihat tidak profesional.

 

 

 

Nah, itu dia ketujuh sikap yang justru bisa membuatmu terlihat kurang profesional saat di kantor. Berdasarkan penjelasan di atas, sebaiknya hindari hal- hal tersebut ya, agar karier dan hubunganmu dengan rekan kerja bisa berjalan dengan baik!

 

Featured Image - obolinx.com


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!