Tingkatkan Kreativitas Anak Dengan Lakukan 5 Aktivitas Berikut

Tingkatkan Kreativitas Anak Dengan Lakukan 5 Aktivitas Berikut

font size A Ǎ

Kreativitas merupakan salah satu bagian penting dalam proses tumbuh kembang si kecil. Bahkan, kreativitas juga mengambil peran penting dalam pendidikan anak. Apalagi, di zaman sekarang ini, nilai akademis bukanlah penentu keberhasilan seseorang, tapi kreativitas pun punya andil di dalannya.

Seperti memberi perhatian pada tumbuh kembang anak secara fisik, orangtua juga perlu bantu anak dalam meningkatkan kreativitas – usahakan sedini mungkin. Untuk mewujudkannya, orangtua bisa menempuh cara sederhana, misalnya melakukan aktivitas bersama anak.

Apa saja kegiatan yang mampu meningkatkan daya kreativitas si kecil? Berikut ini ulasannya.

 

 

 

5 Aktivitas Untuk Meningkatkan Kreativitas Anak

Tingkatkan Kreativitas Anak Dengan Lakukan 5 Aktivitas Berikut

Tingkatkan Kreativitas Anak Dengan Lakukan 5 Aktivitas Berikut / Credit: n2growth.com

Membuat Cerita

Yang pertama – orangtua bisa ajak anak untuk mengumpulkan sejumlah benda atau mainan. Bersama si kecil, mintalah ia mengarang cerita berdasarkan benda- benda tersebut. Di sini, kamu juga bisa ikut ambil peran.

Tak perlu cerita yang terlalu logis, biarkan anak bebas menggunakan imajinasinya.

 

Membuat dan Menghias Kue

Selanjutnya, kamu bisa ajak anak untuk membuat dan mempercantik tampilannya. Menghias kue, misalnya. Berbagai aktivitas ini dapat mengasah kreativitas si kecil, termasuk dalam memilih warna sebagai hiasan kue.

Dari aktivitas ini, anak sekaligus dapat belajar untuk tidak terlalu picky terhadap makanan. Dan, nantinya ia lebih semangat ketika menyantap hasil masakannya sendiri.

 

Tingkatkan Kreativitas Anak Dengan Lakukan 5 Aktivitas Berikut

Tingkatkan Kreativitas Anak Dengan Lakukan 5 Aktivitas Berikut / Credit: handicraftphotos.blogspot.com

Membuat Kerajinan Tangan

Menghasilkan suatu karya dari kedua tangannya sendiri – juga merupakan cara efektif meningkatkan kreativitas anak. Izinkan ia untuk berkreasi sesuai keinginannya. Yang perlu dilakukan orangtua, yaitu membimbing anak dalam membuat kerajinan tersebut.

Gunakan aneka pensil, krayon, atau spidol warna-warni untuk menciptakan banyak inspirasi baru dalam berkreasi.

 

Menceritakan Ulang Suatu Cerita

Kalau kamu termasuk rutin membacakan dongeng pada anak, usai bercerita  minta ia untuk menceritakan ulang bacaan tersebut. Biarkan ia memakai bahasa dan pemahamannya sendiri. Dan, bebaskan anak untuk mengubah alur maupun akhir ceritanya.

 

Klasifikasikan Benda

Jika anak memiliki banyak koleksi mainan, seperti macam- macam hewan. Kamu bisa minta ia untuk mengelompokkan hewan- hewan tersebut. Misal, hewan berkaki dua, berkaki empat, maupun hewan herbivora dan karnivora.

Aktivitas ini bisa jadi tantangan tersendiri bagi anak, sekaligus menyenangkan dan bisa membantu meningkatkan kreavitasnya.

 

 

 

Memang, ada banyak sekali cara untuk meningkatkan kreativitas si kecil. Dari sejumlah cara yang ada, kamu bisa menerapkan berbagai kegiatan di atas. Lakukan berbagai aktivitas menarik untuk mengasah kreativitas si kecil, tentu dengan cara yang menyenangkan.

Nah, dari sejumlah kegiatan tersebut, kamu mau mencoba yang mana nih?

 

Featured Image - crazylifewithlittles.com


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!