Ketahui Manfaat Istirahat yang Cukup Untuk Imunitas Tubuh

Ketahui Manfaat Istirahat yang Cukup Untuk Imunitas Tubuh

font size A Ǎ

Tahukah kamu kalau memiliki waktu istirahat yang cukup dapat bantu memelihara hingga meningkatkan kekebalan tubuh? Pasalnya, selama tidur, tubuh akan melakukan proses regenerasi sel. Jadi, jangan heran kalau jam istirahatmu masih belum teratur – kamu lebih rentan sakit atau mudah lelah.

Masalahnya, masih banyak orang yang mengganggap bahwa mendapat istirahat yang cukup, adalah hal sepele. Kalau begini, seseorang akan lebih rentan terkena berbagai penyakit, termasuk Covid-19 yang mengancam masyarakat.

Contoh yang lebih simple – ketika kamu merasa lelah setelah beraktivitas padat, namun tidak mendapat istirahat yang cukup. Biasanya, beberapa hari kemudian, kamu bisa terkena flu, batuk, maupun pilek.

Lebih lanjut mengenai istirahat yang cukup dapat bantu tingkatkan imunitas tubuh, berikut ini ulasan lengkapnya.

 

 

 

Manfaat Istirahat yang Cukup Untuk Imun Tubuh

Ketahui Manfaat Istirahat yang Cukup Untuk Imunitas Tubuh

Ketahui Manfaat Istirahat yang Cukup Untuk Imunitas Tubuh / Credit: republika.co.id

Fakta mengenai tidur cukup untuk menjaga dan meningkatkan imunitas tubuh, sudah dibuktikan dalam berbagai penelitian. Salah satunya yang diterbitkan dalam The Journal of Experimental Medicine. Bagaimana hasil penelitian tersebut?

Hasilnya, peneliti sudah membuktikan berbagai manfaat tidur, salah satunya mampu memperbaiki sistem kekebalan tubuh dalam melawan berbagai infeksi penyakit. Dari penelitian ini, diketahui bahwa istirahat yang cukup bisa memperbaiki kinerja sel imun, khususnya limfosit T – yang berperan dalam melawan infeksi.

Antibodi tersebut biasanya aktif menyerang virus penyebab flu, HIV, herpes, hingga sel kanker.

 

Cara Tidur Membantu Kerja Antibodi

Ketahui Manfaat Istirahat yang Cukup Untuk Imunitas Tubuh

Ketahui Manfaat Istirahat yang Cukup Untuk Imunitas Tubuh / Credit: justdial.com

Masih dari penelitian yang sama, ditemukan pula mekanisme baru mengenai bagaimana tidur dapat memperbaiki sistem kekebalan tubuh.

Ketika sel limfosit T mengenali adanya infeksi penyakit yang masuk ke tubuh, integrin akan diaktifkan. Integrin – sejenis protein lengket yang memungkinkan sel limfosit T dapat menempel dan membunuh sel- sel yang terinfeksi.

Peneliti membuat perbandingan sel limfosit T dari dua kelompok berbeda. Yaitu kelompok yang diminta untuk tidur, dan kelompok yang tetap terjaga semalaman.

Hasilnya, ditemukan bahwa sel limfosit T pada kelompok yang tidur bisa bekerja lebih baik. Kondisi ini membuat integrin yang aktif kian bertambah. Jadi, sel limfosit T dapat mendeteksi lebih banyak sel yang mungkin terinfeksi.

Hal ini diyakini terjadi karena ketika tidur, kadar hormone adrenalin, noradrenalin, dan prostaglandin menurun. Poin ini – yang memengaruhi kinerja sel limfosit T.

Jika dibandingkan dengan kelompok yang terjaga, hormon stres justru meningkat dan menghambat kemampuan sel T untuk berfungsi optimal. Akibatnya, seseorang yang tidak mendapat istirahat yang cukup lebih rentan sakit.

 

 

 

Biar Lebih Maksimal, Pastikan Tidur 7 Jam Setiap Malam

Ketahui Manfaat Istirahat yang Cukup Untuk Imunitas Tubuh

Ketahui Manfaat Istirahat yang Cukup Untuk Imunitas Tubuh / Credit: bicycling.com

Manfaat tidur untuk meningkatkan imunitas tubuh, bisa benar terasa kalau kamu istirahat setidaknya 7 jam setiap malam. Tapi, kendalanya, tidak semua orang bisa memenuhi waktu tidur yang direkomendasikan ini.

Agar mendapat istirahat yang cukup dan berkualitas, pastikan kamu menciptakan suasana tidur yang kondusif dan nyaman. Misalnya, gunakan lampu tidur yang redup, nyalakan pendingin udara, jauhkan gadget dari jangkauan, dan bisa pula memutar musik yang menenangkan.

Disarankan pula – untuk tidak mengonsumsi kafein sebelum tidur. Dan, rutin olahraga minimal 30 menit sehari, untuk meningkatkan kualitas tidur.

 

Selain Istirahat yang Cukup, Cara Ini Juga Bisa Bantu Tingkatkan Imunitas

Ketahui Manfaat Istirahat yang Cukup Untuk Imunitas Tubuh

Ketahui Manfaat Istirahat yang Cukup Untuk Imunitas Tubuh / Credit: harmonsgrocery.com

Tidak hanya tidur yang cukup saja, lho yang mampu meningkatkan imunitas tubuh. Tapi, masih ada berbagai cara lainnya. Apa saja?

Mudahnya – kamu menerapkan pola hidup sehat. Ini sangat disarankan, ya. Pola hidup sehat meliputi mengonsumsi makanan sehat dan bergizi, cukupi kebutuhan cairan, olahraga secara rutin, dan kelola stres dengan baik.

Ingin lebih maksimal? Bisa! Cukup minum multivitamin Enervon-C setiap hari.

Enervon-C merupakan multivitamin dengan sejumlah kandungan yang baik, seperti Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, dan Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantothenat.

Kombinasi vitamin tersebut dapat bantu menjaga daya tahan tubuhmu, biar nggak mudah sakit. Sekaligus, membantu proses metabolisme tubuh agar semakin optimal – khasiat ini berkaitan dengan kandungan vitamin B kompleks yang berperan untuk mengubah energi, ya!

 

 

 

Wah, bagaimana nih? Berdasarkan penjelasan di atas, mencukupi kebutuhan tidur memang penting dilakukan. Lalu, imbangi pula dengan pola hidup sehat agar kesehatan semakin terjaga!

 

Featured Image - diabetes.co.uk


Post Comment

Please login to comment

Comments

user photo
Andre Test - October 6, 2020 at 2:39 PM

Suka kurang tidur nih..