Mengetahui 4 Langkah Pencegahan Flu Di Musim Hujan Selama Pandemi

Mengetahui 4 Langkah Pencegahan Flu Di Musim Hujan Selama Pandemi

font size A Ǎ

Flu, pilek, dan batuk merupakan penyakit lazim yang kerap menyerang masyarakat. Di tiap tahunnya, pasti ada yang terkena flu, mulai dari anak- anak, orang dewasa, hingga lansia. Terlebih di musim hujan, yang sudah berlangsung di Indonesia.

Sayangnya, musim hujan kali ini dibarengi dengan pandemi Covid-19 yang masih belum usai. Selama musim hujan – penyakit flu memang kerap menyerang, karena cuaca yang cenderung lebih dingin dan lembab. Kelihatannya, cukup sulit untuk menjaga tubuh agar tidak mudah terserang flu di tengah pandemi ini. Untuk itu, memelihara kekebalan tubuh biar tetap optimal sangat penting dilakukan.

Dari pemberitaan dari Pusat Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (CDC) Amerika Serikat, mengatakan bahwa kemungkinan besar flu akan menyebar bersamaan dengan Covid-19. Jadi, langkah pencegahan harus diterapkan – untuk menjaga diri terhindar dari risiko kedua penyakit tersebut.

Dari rekomendasi seorang spesialis penyakit menular dari Cleveland Clinic, Kristin Englund, menyebutkan ada 4 langkah pencegahan yang bisa diterapkan untuk melindungi diri dari flu di tengah pandemi Covid-19.

 

 

 

4 Langkah Pencegahan Flu Selama Pandemi

Mengetahui 4 Langkah Pencegahan Flu Di Musim Hujan Selama Pandemi

Mengetahui 4 Langkah Pencegahan Flu Di Musim Hujan Selama Pandemi / Credit: alodokter.com

Lakukan Vaksin Flu

Riset menunjukkan bahwa vaksin flu bisa mengurangi risiko seseorang untuk terinfeksi virus penyebab flu, salah satunya Covid-19. Karena, vaksin untuk Covid-19 masih belum siap – jadi, melakukan vaksin flu merupakan alternatif.

CDC merekomendasikan agar setiap anak berusia di atas enam bulan wajib mendapatkan vaksin flu. Dan, vaksin ini juga penting didapat petugas kesehatan, serta orang-orang yang rentan terkena penyakit.

 

Tetap Waspada

Sama seperti Covid-19, virus penyebab flu juga menyebar dan menular melalui droplets yang keluar dari hidung dan mulut orang terinfeksi.  Oleh karena itu, jaga selalu kebersihan diri – cuci tangan rutin, memakai masker ketika berada di luar rumah, dan terapkan jaga jarak.

Hindari menyentuh bagian wajah, seperti hidung, mata, dan mulut. Sehingga, virus yang mungkin menempel di tangan tidak masuk ke dalam tubuh.

Bersihkan dan disinfeksi perabotan rumah yang kerap disentuh dan menjadi media perkembangan virus juga perlu dilakukan secara rutin.

 

Mengetahui 4 Langkah Pencegahan Flu Di Musim Hujan Selama Pandemi

Mengetahui 4 Langkah Pencegahan Flu Di Musim Hujan Selama Pandemi / Credit: healthline.com

Tanggap Saat Merasa Sakit

Flu dan Covid-19 – memiliki gejala serupa, seperti demam, batuk, sakit tenggorokan, dan sulit bernapas. Kalau mengalami gejala tersebut, segera konsultasikan ke dokter untuk mendapat penanganan yang tepat.

Ketika merasa kurang enak badan, sebaiknya hindari aktivitas di luar rumah. Jadi, tidak mudah tertular dan menularkan penyakit.

 

Sedia Obat dan Multivitamin

Hindari risiko flu dengan menyimpan obat- obatan khusus, seperti obat pereda demam. Atau, sediakan obat pereda batuk dan nyerti otot. Poin yang satu ini dapat disesuaikan dengan kebutuhan masing- masing.

Lebih baik mencegah daripada mengobati – agar perlindungan semakin ekstra, sediakan dan konsumsi multivitamin secara rutin. Pastikan multivitamin pilihanmu mengandung vitamin C dan vitamin B kompleks, seperti Enervon-C.

Kombinasi kandungan tersebut dapat bantu menjaga daya tahan tubuh, agar tidak mudah sakit. Sekaligus mengoptimalkan proses metabolisme – manfaat ini berkaitan dengan kandungan vitamin B kompleks.

 

 

 

Berdasarkan penjelasan di atas, melakukan tindakan pencegahan flu selama pandemi Covid-19 penting dilakukan. Sehingga, kamu dan orang terdekat tetap aman dari ancaman virus penyebab penyakit.

 

Featured Image - klikdokter.com

Source - tribunnews.com


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!