4 Kegiatan Untuk Tingkatkan Kemampuan Bersosialisasi Anak Selama Di Rumah

4 Kegiatan Untuk Tingkatkan Kemampuan Bersosialisasi Anak Selama Di Rumah

font size A Ǎ

Selama pandemi Covid-19, mungkin anak-anak yang paling lama menjalani self-quarantine alias di rumah saja. Cara ini dianggap dapat melindungi anak dari penularan virus yang menyerang saluran pernapasan ini.

Artinya – anak jadi lebih sering melakukan berbagai aktivitas di rumah, seperti bermain dan belajar. Di sisi lain, anak tidak dapat bertemu dengan teman- temannya di sekolah dan bersosialiasi. Padahal, bersosialisasi memiliki banyak manfaat bagi si kecil, lho.

Manfaat bersosialisasi – berupa meningkatkan kemampuan emosi anak, membantu ia belajar cara menanggapi orang lain, bermain dengan adil, bisa menerima kemenangan dan kekalahan, dan lain sebagainya. Tapi apa mau dikata, kondisi pandemi ini mengharuskan anak sebaiknya di rumah saja. Agar terhindar dari kemungkinan buruk yang bisa terjadi.

Berkaitan dengan bersosialisasi – orangtua bisa melakukan kegiatan sosialisasi di rumah, meski tanpa teman maupun guru si kecil. Manfaat baiknya tetap bisa diperoleh, kok. Yang berbeda, hanyalah teman sosialisasinya.

Berikut ini deretan kegiatan yang bisa bantu anak bersosialisasi, meski di rumah saja selama pandemi! Silahkan dicoba ya, parents!

 

 

 

4 Kegiatan Untuk Tingkatkan Kemampuan Bersosialisasi Anak Selama Di Rumah

4 Kegiatan Untuk Tingkatkan Kemampuan Bersosialisasi Anak Selama Di Rumah

4 Kegiatan Untuk Tingkatkan Kemampuan Bersosialisasi Anak Selama Di Rumah / Credit: parenting.firstcry.com

Bermain Peran

Yang paling mudah – ajak si kecil untk bermain peran. Pura- pura ia menjadi sosok yang lebih mudah atau lebih tua. Intinya, mintalah ia untuk menjadi seseorang yang belum dikenal orangtua. Ini merupakan cara yang baik untuk melatih keterampilan bersosialisasi anak.

Dari kegiatan ini, orangtua bisa mengetahui bagaimana anak memulai percakapan, atau bagaimana ia melihat orang baru.

 

Membaca Perspektif

Untuk mengidentifikasi perasaan dan pikiran anak, ajak ia untuk bertukar pendapat. Misalnya, ketika orangtua dan anak sedang menonton TV, berikan jeda dan tanyakan padanya “bagaimana menurutmu? Apa yang kamu rasakan ketika melihat adegan tersebut? apa yang kamu pikirkan?”

Biarkan anak memberi pendapatnya dan kemudian beri jawabanmu juga. Cara ini dapat melatih anak dalam mengidentifikasi perasaan dan pikiran bagi dirinya serta orang lain.

 

4 Kegiatan Untuk Tingkatkan Kemampuan Bersosialisasi Anak Selama Di Rumah

4 Kegiatan Untuk Tingkatkan Kemampuan Bersosialisasi Anak Selama Di Rumah / Credit: nationalgeographic.com

Virtual Playdates

Meski tak bisa bertemu secara tatap muka dengan teman- temannya, kamu dapat ajak anak melakukan virtual playdates. Di kegiatan ini, anak bisa mendiskusikan apa yang dikerjakan dan melakukan percakapan dengan teman sebayanya.

Hal ini tentu dapat meningkatkan kemampuan anak dalam bersosialiasi, sekaligus berkomunikasi.

 

Bercerita

Ajak si kecil bercerita! Caranya, buat setumpuk kartu flash dengan topik cerita yang menarik. Misalnya, tempat liburan favorit, ide pesta ulang tahun, atau mimpi yang pernah dialami anak. Lakukan kegiatan ini secara bergantian, ya.

 

 

 

Meskipun sedang berada di rumah saja, sebagai orangtua kamu tetap bisa membantu anak dalam mengembangkan kemampuan bersosialiasinya. Nah, dari sejumlah kegiatan di atas, kira- kira kamu ingin mencoba yang mana dulu, nih?

 

Featured Image - sports.yahoo.com


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!