Perlu Melepas Masker Di Luar Rumah, Ketahui Cara Aman Menyimpannya

Perlu Melepas Masker Di Luar Rumah, Ketahui Cara Aman Menyimpannya

font size A Ǎ

Masker kain – merupakan salah satu alat perlindungan yang wajib digunakan selama pandemi. Masker mesti digunakan ketika ke luar rumah, terutama ke ruang publik yang mungkin dipenuhi sejumlah orang. Meski masker kain dinilai tidak seefektif masker medis, tetapi jenis masker ini merupakan alternatif terbaik untuk mencegah penularan virus, daripada tidak pakai sama sekali.

Tetapi, penggunaan masker tetap harus dibarengi dengan sejumlah protokol kesehatan lainnya. Seperti jaga jarak, rutin cuci tangan, dan terapkan pola hidup sehat agar imunitas tubuh tetap terjaga.

Dari sejumlah hal mengenai masker – yang mungkin sering dilupakan yaitu cara menyimpan masker. Tentu, hal ini tidak kalah penting dengan penggunaan masker itu sendiri. Pasalnya, kalau cara penyimpanan kurang tepat, masker justru bisa jadi sumber penyebaran virus dan bakteri.

Ketika ke luar rumah, mungkin tak jadi masalah kalau kamu tidak melepas masker. Tapi, pasti ada momen di mana kamu harus melepasnya. Misal, ketika makan dan minum. Kedua kegiatan tersebut memang tidak bisa dihindari.

 

 

 

Lalu, Bagaimana Cara Menyimpan Masker Dengan Benar?

Perlu Melepas Masker Di Luar Rumah, Ketahui Cara Aman Menyimpannya

Perlu Melepas Masker Di Luar Rumah, Ketahui Cara Aman Menyimpannya / Credit: sg.carousell.com

Soal menyimpan masker, ada dua alternatif – pertama, bawa kantong kertas kecil yang muat dalam tas. Jadi, saat melepas masker, simpan masker kain ke dalam kantong tersebut. Hindari menaruh masker begitu saja. Karena, ada kemungkinan partikel virus menempel pada masker.

Kedua – gunakan tas plastik ziplock, yang memiliki pengunci kedap udara. Sehingga, lebih aman ketika dimasukkan ke dalam tas. 

 

 

 

Perhatikan Pula Posisi Masker Saat Disimpan

Perlu Melepas Masker Di Luar Rumah, Ketahui Cara Aman Menyimpannya

Perlu Melepas Masker Di Luar Rumah, Ketahui Cara Aman Menyimpannya / Credit: lifestyle.okezone.com

Selain wadah penyimpanan, penting pula memperhatikan posisi masker kain saat disimpan. Disarankan, untuk selalu melepas masker dengan memegang bagian tali pada telinga atau kepala. Ingatlah selalu cuci tangan sebelum dan sesudah melepas masker.

Sesudah dilepas, lipat masker jadi dua bagian. Pastikan bagian dalam – yang kontak langsung dengan mulut, berada di lapisan dalam. Jadi, tidak ada virus, bakteri, maupun kuman yang menempel pada bagian tersebut.

Intinya – selalu jaga masker tetap bersih, sehingga risiko transmisi virus bisa kurangi. Dan, ganti masker setidaknya 4 jam sekali, terutama ketika sudah terasa basah.

 

Featured Image - kslnewsradio.com

Source - wollipop.com


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!