Jaga Imun Selama Pancaroba, Penuhi Kebutuhan Vitamin C Per Hari Sampai 1000 Mg

Jaga Imun Selama Pancaroba, Penuhi Kebutuhan Vitamin C Per Hari Sampai 1000 Mg

Memelihara sistem kekebalan tubuh tetap optimal memang penting dilakukan. Terlebih, sekarang sudah memasuki musim hujan di tengah pandemi – imunitas tubuh yang kuat merupakan kunci utama! Pasalnya, jika tidak dijaga dengan baik, imunitas akan menurun dan tubuh lebih mudah terserang penyakit. Kamu pasti tidak ingin ini terjadi padamu, kan?

Menjaga imun tubuh dapat dilakukan dengan sejumlah cara. Mudahnya – kamu direkomendasikan untuk menerapkan pola hidup sehat. Ini meliputi istirahat yang cukup, mengonsumsi makanan bergizi seimbang, dan rutin berolahraga.

Dan, yang tak boleh terlewatkan, yaitu konsumsi vitamin C juga diperlukan dalam meningkatkan dan menjaga daya tahan tubuhmu.

Tidak bisa dipungkiri vitamin C memang berperan penting dalam menjaga daya tahan tubuh, terutama di masa pandemi dan musim hujan. Rutin mengonsumsi vitamin C, baik dalam bentuk sumber makanan maupun multivitamin, mesti dilakukan dilakukan agar tubuh memperoleh perlindungan ekstra.

Terlebih, kalau kamu mengonsumsi vitamin C hingga 1000 mg per harinya. Ini bisa memberimu sejumlah manfaat baik, lho! Apa saja manfaat yang bisa diperoleh?

Berikut ulasannya.

 

 

 

Manfaat Memenuhi Kebutuhan Vitamin C 1000 Mg Selama Musim Hujan

Jaga Imun Selama Pancaroba, Penuhi Kebutuhan Vitamin C Per Hari Sampai 1000 Mg

Jaga Imun Selama Pancaroba, Penuhi Kebutuhan Vitamin C Per Hari Sampai 1000 Mg / Credit: health.clevelandclinic.org

Mengoptimalkan Sistem Imun Tubuh

Alasan utama banyak orang memilih untuk minum vitamin C, yaitu untuk meningkatkan sekaligus mempertahankan daya tahan tubuh.

Dalam perannya meningkatkan imunitas tubuh – vitamin C dapat mendorong produksi sel darah putih, yang disebut limfosit dan fagosit. Keduanya dapat membantu melindungi tubuh dari serangan virus penyebab infeksi.

Kemudian, vitamin C juga membantu kinerja sel darah putih jadi lebih efektif dan melindungi sel dari kerusakan akibat radikal bebas. Berperan sebagai antioksidan dan menguatkan perlindungan terhadap kulit. Dan, vitamin C mampu mempercepat penyembuhan luka.

 

Mencegah Batuk dan Pilek

Di musim hujan sekarang ini, sudah pasti penyakit flu, pilek, dan batuk mengintai masyarakat. Ini dikarenakan suhu yang lebih lembap, sehingga virus penyebab flu lebih mudah menyerang.

Dengan rutin mengonsumsi vitamin C kemungkinan kamu terpapar flu, batuk, dan pilek dapat berkurang, lho. Bahkan, vitamin C dapat mengurangi tingkat keparahan flu hingga 8 persen pada anak- anak, dan 14 persen pada orang dewasa.

 

Mencegah Defisiensi Zinc

Zinc termasuk salah satu mineral penting yang juga berperan dalam membentuk imunitas yang baik. Zat ini dibutuhkan untuk memproduksi sel darah merah dan menyalurkan oksigen ke seluruh tubuh.

Jika vitamin C dan zinc dikombinasikan, keduanya bisa menjadi ‘pasangan terbaik’. Dan, manfaatnya pun dapat dirasakan secara maksimal. Mengapa demikian?

Pasalnya, asupan zinc yang tercukupi dapat bantu memaksimalkan penyerapan vitamin C. Mineral zinc berperan untuk mengaktifkan sel T (limfosit T) – sel yang mengendalikan respon imun dan menyerang sel pembawa penyakit.

Jadi, ketika tubuh kekurangan zinc, maka imunitas tubuh pun ikut terganggu. Untuk itu, kamu perlu memenuhi kebutuhan zinc harian agar vitamin C dapat diserap dengan baik.

 

 

 

Memenuhi Kebutuhan Vitamin C 1000 Mg

Jaga Imun Selama Pancaroba, Penuhi Kebutuhan Vitamin C Per Hari Sampai 1000 Mg

Jaga Imun Selama Pancaroba, Penuhi Kebutuhan Vitamin C Per Hari Sampai 1000 Mg / Credit: alodokter.com

Memenuhi kebutuhan vitamin C per hari hingga 1000 mg, dapat dilakukan dengan mengonsumsi buah-buahan seperti jeruk, stroberi, kiwi, apel, pepaya, jambu biji, dan mangga. Atau, dari sayuran, seperti bayam, kale, kembang kol, brokoli, dan kubis.

Mudahnya – kamu bisa memenuhi kebutuhan vitamin C harianmu dengan mengonsumsi multivitamin, seperti Enervon-C Effervescent.

Kandungan Vitamin C 1000 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, dan Vitamin B12), Niasinamide, dan Kalsium Pantotenat dalam Enervon-C Effervescent dapat membantu jaga daya tahan tubuh, agar kamu tidak mudah sakit.

Sekaligus, mengoptimalkan proses metabolisme. Jadi, makanan yang kamu konsumsi bisa diubah menjadi energi yang lebih tahan lama! Manfaat ini berkaitan dengan kandungan vitamin B kompleks di dalamnya, ya.

 

Tapi, Apakah Aman Mengonsumsi Multivitamin Setiap Hari?

Jaga Imun Selama Pancaroba, Penuhi Kebutuhan Vitamin C Per Hari Sampai 1000 Mg

Jaga Imun Selama Pancaroba, Penuhi Kebutuhan Vitamin C Per Hari Sampai 1000 Mg / Credit: intrepidwellbeing.com

Berbicara soal aman atau tidak mengonsumsi multivitamin Enervon-C Effervescent setiap hari, tentu saja aman! Pasalnya, vitamin C dan vitamin B kompleks merupakan jenis vitamin yang tidak bisa diproduksi sendiri oleh tubuh. Sehingga, kebutuhan hariannya mesti dipenuhi.

Selain itu, kedua vitamin tersebut termasuk jenis vitamin larut air. Jadi, mudah diserap tubuh dan sisa zat yang tidak diperlukan dikeluarkan melalui urin. Kamu hanya perlu minum air putih yang cukup saja, ya!

 

 

 

Wah, bagaimana nih? Sepertinya sudah cukup jelas ya mengenai memenuhi kebutuhan vitamin C setiap hari, bahkan hingga 1000 mg. Tak perlu diragukan, kamu dapat memperoleh sejumlah manfaat baik dengan rutin minum vitamin C setiap hari!

 

Featured Image - selfhacked.com


Post Comment

Please login to comment

Comments

user photo
Indra - October 14, 2020 at 2:10 PM

Nice article