Kenali 5 Penyakit Yang Disebabkan Oleh Virus, Selain Covid-19. Juga Serang Imunitas, Lho!

Kenali 5 Penyakit Yang Disebabkan Oleh Virus, Selain Covid-19. Juga Serang Imunitas, Lho!

font size A Ǎ

Penyakit yang disebabkan oleh virus memiliki kaitan erat dengan sistem kekebalan tubuh. Pasalnya, virus lebih mudah menyerang individu dengan imunitas lemah. Sebaliknya, kalau kekebalan tubuh kuat, risiko mengalami penyakit yang disebabkan oleh virus pun rendah.

Bahkan, jika tertular pun, umumnya tubuh dapat sembuh secara sendiri. Tapi ingat – ini tentu harus didukung dengan sistem kekebalan tubuh yang kuat.

Sama seperti Covid-19 yang tengah menginfeksi banyak masyarakat di dunia. Virus ini akan menyerang seseorang dengan kekebalan tubuh yang lemah. Dan, menginfeksi saluran pernapasan, terlebih paru- paru pasiennya.

Virus – ketika patogen berbahaya ini memasuki sel tubuhmu, virus akan mengambil alih sistem kerja sel dan mengubahnya menjadi penghasil virus baru dan menginfeksi jaringan tubuh lainnya. Penyakit yang disebabkan virus beragam, ada yang ringan dan bisa sembuh sendiri. Dan, ada pula yang tergolong serius dan perlu perawatan medis.

 

 

 

Secara umum, penyakit yang disebabkan oleh virus menimbulkan gejala yang hampir mirip satu sama lainnya, seperti:

  • Demam
  • Merasa mual dan muntah
  • Diare
  • Kelelahan
  • Kram
  • Batuk dan bersin

Meski gejalanya hampir serupa, tetapi penyakit yang dirasakan tentu disebabkan oleh berbagai jenis virus yang berbeda.

Mengenai penyakit yang disebabkan oleh virus – berikut ini sejumlah daftar penyakit yang disebabkan virus, termasuk Covid-19.

 

5 Penyakit yang Disebabkan Oleh Virus

Kenali 5 Penyakit Yang Disebabkan Oleh Virus, Selain Covid-19. Juga Serang Imunitas, Lho!

Kenali 5 Penyakit Yang Disebabkan Oleh Virus, Selain Covid-19. Juga Serang Imunitas, Lho! / Credit: klikdokter.com

Pilek

Penyakit yang satu ini, mungkin kamu sudah tak asing lagi. Pilek merupakan penyakit paling umum yang sering dialami dan ditemu di masyarakat. Gejala pilek ditandai dengan bersin, radang tenggorokan, hidung tersumbat, dan batuk.

Pilek termasuk salah satu penyakit yang disebabkan oleh virus. Dan, mudah menyebar dari satu orang ke orang lainnya.

 

Flu

Hampir mirip dengan pilek, bedanya flu memiliki gejala yang lebih serius. Seseorang yang mengalami flu akan merasa demam, sakit kepala, nyeri otot, kelelahan, dan mual. Gejala ini juga serupa dengan gejala Covid-19 – hanya saja seseorang yang terinfeksi Covid-19, akan mengalami gejala lanjutan seperti diare, maupun anosmia.

Flu umumnya lebih mudah menular di saat musim hujan, karena iklim yang lembap dapat meningkatkan risiko penyebaran virus.

 

Cacar Air

Penyakit yang disebabkan oleh virus varicella-zoster ini kerap dialami oleh anak- anak, terutama yang berusia di bawah 15 tahun. Tetapi, tidak menutup kemungkinan cacar air terjadi pada orang dewasa.

Cacar air ditandai dengan timbulnya ruam dan gatal pada beberapa bagian tubuh. Ruam tersebut umumnya muncul di bagian wajah, dada, punggung, dan perut. Dalam kasus berat, cacar air bisa menyebar ke seluruh bagian tubuh.

 

Kenali 5 Penyakit Yang Disebabkan Oleh Virus, Selain Covid-19. Juga Serang Imunitas, Lho!

Kenali 5 Penyakit Yang Disebabkan Oleh Virus, Selain Covid-19. Juga Serang Imunitas, Lho! / Credit: ccandh.com

Rubella

Yang satu ini, mungkin kamu juga sudah sering mendengarnya. Penyakit ini sangat berbahaya, terutama jika dialami oleh ibu hamil. Karena, janin dalam kandungan dapat mengalami risiko cacat bawaan, hingga keguguran.

Rubella ditandai dengan gejala yang mirip dengan campak Jerman, yaitu demam ringan dan ruam yang mulai timbul di area wajah, lalu menyebar ke seluruh tubuh.

 

Coronavirus Disease 2019 (Covid-19)

Virus corona jenis Covid-19, merupakan penyakit yang disebabkan oleh virus dan sudah menyebar ke hampir seluruh negara sejak awal tahun 2020. Gejala Covid-19 umumnya ditandai dengan demam, batuk kering, kelelahan, anosmia, dan sesak napas.

Gejala tersebut umumnya timbul 2 sampai 14 hari setelah terinfeksi virus.

 

 

 

Jaga Daya Tahan Tubuh, Cara Ampuh Terhindar Dari Virus

Kenali 5 Penyakit Yang Disebabkan Oleh Virus, Selain Covid-19. Juga Serang Imunitas, Lho!

Kenali 5 Penyakit Yang Disebabkan Oleh Virus, Selain Covid-19. Juga Serang Imunitas, Lho! / Credit: tasteofhome.com

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, virus umumnya menyerang individu dengan sistem kekebalan tubuh yang lemah. Untuk itu, menjaga imunitas tetap dalam kondisi prima – merupakan pilihan terbaik.

Lalu, apa yang bisa dilakukan agar sistem kekebalan tetap baik, dan daya tahan tubuh pun ikut terjaga?

Singkatnya – kamu perlu menerapkan pola hidup sehat dan bersih. Hal ini meliputi:

Untuk perlindungan ekstra – konsumsi multivitamin untuk jaga kekebalan tubuhmu secara rutin. Kamu dapat konsumsi multivitamin Enervon-C, dua kali sehari.

Enervon-C mengandung sejumlah vitamin baik seperti Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, dan Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat.

Sejumlah vitamin tersebut dapat bantu menjaga daya tahan tubuhmu, agar tidak mudah sakit. Sekaligus, optimalkan proses metabolisme, sehingga tubuh bisa memperoleh energi yang lebih tahan lama. Untuk manfaat ini – berkaitan dengan kandungan vitamin B kompleks, ya.

 

Nah, berdasarkan penjelasan di atas, menjaga daya tahan tubuh merupakan hal penting agar terhindar dari penyakit yang disebabkan oleh virus. Terlebih selama pandemi Covid-19, karena imunitas tubuh yang kuat adalah kunci!

 

Featured Image  - exerciseright.com.au


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!