Anak Belajar Sambil Bermain. Ketahui 5 Manfaat Baiknya!

Anak Belajar Sambil Bermain. Ketahui 5 Manfaat Baiknya!

font size A Ǎ

Hampir seluruh anak- anak masih harus menjalani school from home, karena situasi pandemi Covid-19. Semua kegiatan, seperti belajar dan mengajar pun harus dilakukan secara online. Kondisi ini tentu merupakan tantangan tersendiri bagi para orangtua.

Umumnya, anak- anak memiliki energi yang besar. Di situasi seperti ini, mereka menemukan ruang gerak yang lebih terbatas. Dengan begitu, perubahan suasana hati pun lebih mudah dialami. Tapi tenang, ini wajar dialami, kok.

Untuk mengatasinya, orangtua dapat mengajak anak belajar sembari bermain. Kegiatan seru seperti ini dapat bantu anak mengatasi rasa bosannya, sehingga emosinya pun bisa lebih stabil. Ya, menjalani banyak kegiatan memang terkadang bisa menyenangkan hati.

Selain bantu atasi rasa bosan – mengajak anak belajar sambil bermain pun memiliki sejumlah manfaat baik lainnya. Apa saja manfaat tersebut?

Berikut ulasan lengkapnya.

 

 

 

5 Manfaat Anak Belajar Sambil Bermain

Anak Belajar Sambil Bermain. Ketahui 5 Manfaat Baiknya!

Anak Belajar Sambil Bermain. Ketahui 5 Manfaat Baiknya! / Credit: edukasi.kompas.com

Mengenal Perasaan

Anak belajar sambil bermain – dapat bantu ia mengenali perasaan. Hal ini termasuk dalam perkembangan emosinya dan memengaruhi kestabilan mental si kecil, lho. Melalui belajar dan bermain anak bisa berekspresi, menerima, serta mengatasi tantangan yang dihadapi dengan cara positif.

 

Mengenal Perasaan Orang Lain

Belajar sambil bermain dapat bantu perkembangan sosial anak, terlebih soal berbagi dengan anak lainnya. Dengan cara ini, anak dapat meningkatkan rasa empatinya terhadap orang lain, dan mengurangi sikap egois.

Dari bermain, anak dapat belajar bersabar menunggu giliran, bekerja sama, tolong-menolong, dan berbagai satu sama lain.

Nantinya, jika anak sudah boleh kembali main di luar rumah, hal ini dapat membantu si kecil meningkatkan kemampuan bersosialisasi.

 

Anak Belajar Sambil Bermain. Ketahui 5 Manfaat Baiknya!

Anak Belajar Sambil Bermain. Ketahui 5 Manfaat Baiknya! / Credit: money.com

Mengenal Berbagai Macam Gerak

Manfaat anak belajar sambil bermain berikutnya, yaitu ia lebih mengenal beragam gerak. Hal ini dapat bantu maksimalkan perkembangan fisik dan motorik si kecil. Pasalnya, bergerak merupakan bagian penting dalam pertumbuhannya.

Dengan bermain, perkembangan motorik anak dapat dipacu. Salah satunya melatih koordinasi mata dengan tangan, seperti saat melakukan tebak gambar, menulis, menggambar, menangkap, atau menendang.

 

Mengembangkan Komunikasi Anak

Kemampuan berbahasa pun dapat ditingkatkan dengan mengajak anak belajar sambil bermain. Lewat komunikasi, maka kosakata yang diketahui si kecil pun semakin bertambah. Dan, melalui komunikasi anak dapat berinteraksi dengan orang lain dengan baik.

 

Meningkatkan Keterampilan Berpikir

Aspek kognitif anak pun dapat dikembangkan  melalui belajar sambil bermain. Karena, selama kegiatan tersebut berlangsung, ada materi yang disampaikan dan ini dapat melatih si kecil dalam hal berpikir.

Ia jadi memiliki pengetahuan dan pengalaman baru, seperti dalam hal menggunakan bahan dan alat, melihat benda baru, atau menyimak penjelasan dari orang lain. Jadi, pemahaman tentang dirinya dan lingkungan pun akan semakin bertambah.

 

 

 

Nah, itu dia manfaat mengajak anak belajar sambil bermain, terlebih selama masa pandemi di rumah saja. Mulai sekarang, kamu bisa lho menerapkan gaya belajar seperti ini. Selain mengurangi rasa bosan anak, belajar sambil bermain memiliki banyak manfaat untuk pertumbuhan si kecil!

 

Featured Image - storiesofplay.com


Post Comment

Please login to comment

Comments

user photo
Andre Test - October 13, 2020 at 11:49 PM

Good to know

user photo
Andre Test - October 13, 2020 at 11:47 PM

Seru dah