Mudah dan Efektif! Ini Lho Berbagai Cara Jaga Kesehatan Paru Selama Musim Hujan

Mudah dan Efektif! Ini Lho Berbagai Cara Jaga Kesehatan Paru Selama Musim Hujan

font size A Ǎ

Paru- paru merupakan salah satu organ tubuh yang memiliki peran penting dalam sistem pernapasan manusia. Untuk itu, menjaga kesehatan paru- paru mesti dilakukan. Terlebih, selama pandemi Covid-19, langkah perlindungan ekstra memang diperlukan.

Ya, seperti yang diketahui, virus corona jenis terbaru ini memang menyerang saluran pernapasan, termasuk paru- paru. Bahkan, jika seseorang sudah terinfeksi Covid-19, maka ada kemungkinan ia pun mengalami pneumonia. Tentu, kamu ingin paru- paru tetap dalam keadaan sehat dan optimal, bukan?

Cara menjaga kesehatan paru- paru – dapat dilakukan dengan langkah sederhana. Sejatinya, sejumlah langkah ini tidak sulit dan simple. Lebih lengkap, berikut ini deretan tips menjaga kesehatan paru- paru yang baik diterapkan.

 

 

5 Cara Menjaga Kesehatan Paru- Paru

Mudah dan Efektif! Ini Lho Berbagai Cara Jaga Kesehatan Paru Selama Musim Hujan

Mudah dan Efektif! Ini Lho Berbagai Cara Jaga Kesehatan Paru Selama Musim Hujan / Credit: herstory.co.id

Rutin Cuci Tangan

Meski terlihat sepele, tapi cuci tangan adalah cara efektif menjaga kesehatan paru- paru. Pasalnya, virus yang mungkin menempel di tangan, bisa saja merupakan virus yang menginfeksi saluran pernapasan, seperti Covid-19, misalnya.

Jadi, pastikan kamu cuci tangan dengan tepat dengan air mengalir dan sabun. Lakukan sesi cuci tanganmu selama minimal 20 detik.

 

Hindari Menyentuh Wajah

Cara menjaga kesehatan paru- paru selanjutnya, yaitu hindari menyentuh wajah terlalu sering. Meski terlihat sulit dilakukan, karena menyentuh wajah kerap jadi kebiasaan. Tapi, kebiasaan ini justru bisa berbahaya.

Mengapa? Karena mungkin ada virus, bakteri, dan kuman yang menempel di tanganmu. Dan, ketika kamu menyentuh wajah dengan tangan kotor, maka sejumlah zat asing tersebut dapat masuk melalui mata, hidung, dan mulut.

 

Mudah dan Efektif! Ini Lho Berbagai Cara Jaga Kesehatan Paru Selama Musim Hujan

Mudah dan Efektif! Ini Lho Berbagai Cara Jaga Kesehatan Paru Selama Musim Hujan / Credit: tribunnews.com

Olahraga Untuk Latih Pernapasan

Olahraga – tidak hanya baik untuk kesehatan fisik secara umum, tapi lebih spesifiknya, olahraga dapat menjaga kesehatan paru- paru.

Ketika berolahraga, paru akan bekerja lebih keras, termasuk dalam hal memasok oksigen dan membuang karbon dioksida. Lakukan olahraga ringan, seperti jalan kaki, aerobik, jogging, berenang, dan bersepeda untuk meningkatkan kinerja paru- paru.

 

Hindari Paparan Polutan

Mungkin kamu sudah tahu bahwa polutan di udara dapat merusak paru- paru. Kerusakan ini pun lebih rentan terjadi, seiring bertambahnya usia. Ini terjadi karena pertahanan terhadap zat beracun berkurang.

Menghindar paparan polusi dapat dimulai dengan menciptakan rumah sebagai zona bebas asap rokok, sering membuka jendela untuk meningkatkan sirkulasi udara, jaga rumah tetap bersih, dan bersihkan perabot rumah seminggu sekali agar tidak ada debu yang mengendap.

 

Bernapas Lebih Dalam

Napas lebih dalam atau deep breathing juga merupakan cara menjaga kesehatan paru- paru. Untuk melakukannya, kamu dapat duduk di suatu tempat yang tenang. Lalu, bernapaslah perlahan lewat hidung, dan buang napas secara perlahan.

 

 

 

Bantu Jaga Kesehatan Paru-Paru Dengan Vitamin C dan Vitamin B Kompleks

Mudah dan Efektif! Ini Lho Berbagai Cara Jaga Kesehatan Paru Selama Musim Hujan

Mudah dan Efektif! Ini Lho Berbagai Cara Jaga Kesehatan Paru Selama Musim Hujan / Credit: blog.advancementcourses.com

Sudah tahukah kamu bahwa vitamin C dan vitamin B kompleks juga berperan dalam menjaga kesehatan paru- paru? Ya, selain sejumlah tips di atas, kamu dapat penuhi kebutuhan dua vitamin ini, agar paru- paru senantiasa sehat.

Vitamin C dikenal sebagai nutrisi yang dapat bantu meningkatkan imunitas tubuh. Salah satu kandungannya – antioksidan – mampu mencegah kamu terkena pneumonia, termasuk yang disebabkan oleh Covid-19. Sementara, vitamin B kompleks, vitamin B6 salah satunya – merupakan vitamin yang dapat membantu meningkatkan fungsi paru- paru secara keseluruhan. Bahkan, vitamin B6 juga dapat melindungimu dari kanker paru- paru.

Untuk itu, memenuhi kebutuhan vitamin C dan vitamin B kompleks setiap hari penting dilakukan. Terlebih, kedua vitamin tersebut tak bisa diproduksi sendiri oleh tubuh. Jadi, mesti diperoleh dari sumber makanan dan multivitamin.

Multivitamin – termasuk cara mudah dan efektif memenuhi kebutuhan vitamin C dan vitamin B kompleks. Multivitamin yang dapat kamu konsumsi, yaitu Enervon-C.

Enervon-C mengandung Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, dan Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat yang dapat bantu jaga daya tahan tubuhmu, termasuk paru- paru, agar tidak mudah sakit. Dan, kandungan vitamin B kompleks dalam Enervon-C dapat mengoptimalkan proses metabolisme. Sehingga, tubuh bisa peroleh energi yang lebih tahan lama!

 

Wah, bagaimana nih? Sepertinya sudah cukup jelas ya bagaimana cara menjaga kesehatan paru- paru. Yuk, mulai sekarang kamu bisa lho menerapkan sejumlah tips di atas, termasuk rutin mengonsumsi vitamin C dan vitamin B kompleks, agar paru- paru tetap sehat!

 

Featured Image - elemental.medium.com


Post Comment

Please login to comment

Comments

user photo
Andre Test - October 13, 2020 at 11:46 PM

Thanks for the info