Dukung Perkembangan Kognitif Si Kecil, Ajak Ia Lakukan 5 Aktivitas Berikut

Dukung Perkembangan Kognitif Si Kecil, Ajak Ia Lakukan 5 Aktivitas Berikut

font size A Ǎ

Setiap orangtua pasti ingin buah hatinya tumbuh menjadi anak cerdas, baik dalam bidang akademis, maupun dalam hal bersosialisasi. Menjadi anak yang supel, misalnya. Orangtua mana yang tidak menginginkan hal ini? Untuk itu, memanfaatkan tahun awal kehidupan anak untuk mendukung pekembangan kognitif si kecil, penting sekali dilakukan.

Kecerdasan kognitif – penting dimiliki karena berkaitan erat dengan kemampuan nalar atau intelektual anak dalam hal kreativitas, berpikir, belajar, konsentrasi, serta berhubungan dengan hal yang ada di lingkungan sekitarnya.

Agar perkembangan kognitif anak semakin maksimal, kamu dapat lakukan ajak anak melakukan berbagai kegiatan sederhana dan menyenangkan, lho! Tapi, apa saja kegiatan tersebut?

Berikut ini ulasannya.

 

 

 

5 Kegiatan Untuk Mendukung Perkembangan Kognitif Anak

Dukung Perkembangan Kognitif Si Kecil, Ajak Ia Lakukan 5 Aktivitas Berikut

Dukung Perkembangan Kognitif Si Kecil, Ajak Ia Lakukan 5 Aktivitas Berikut / Credit: friso.co.id

Membereskan Barang

Kegiatan pertama, kamu dapat ajak anak merapihkan rumah, lho. Meski, membuat pekerjaan yang dilakukan jadi selesai lebih lama, tapi kegiatan ini dapat membantu perkembangan kognitif si kecil. Dengan memintanya menaruh barang di tempat semestinya, ia dapat belajar untuk menumbuhkan rasa tanggung jawab, membantu sesame, dan merasa jadi bagian dari keluarga.

 

Mengenal Suara

Berbagai suara yang ada di sekitar, ternyata memiliki manfaat untuk mendukung perkembangan kognitif anak, lho! Seperti suara air mengalir dan suara kicauan burung.

Kamu bisa meminta anak untuk mengenali suara yang ada di sekitarnya, dengan begitu kamu dapat bantu anak mengerti hubungan antar suara dan objek berbeda yang ada di sekitarnya.

 

Dukung Perkembangan Kognitif Si Kecil, Ajak Ia Lakukan 5 Aktivitas Berikut

Dukung Perkembangan Kognitif Si Kecil, Ajak Ia Lakukan 5 Aktivitas Berikut / Credit: howwemontessori.com

Beri Pilihan

Selanjutnya, kamu dapat beri anak sejumlah pilihan sederhana. Mudahnya, seperti meminta ia memilih baju yang akan dipakai, atau menentukan menu makan malam. Cara simple ini juga efektif dalam membantu perkembangan kognitif anak.

Kegiatan ini dapat meningkatkan rasa percaya diri, dan bisa membantu anak mengembangkan kemampuannya dalam mengambil keputusan.

 

Melewati Rintangan

Sesekali beri anak rintangan kecil, seperti menghalangi jalan yang akan dilaluinya dengan tumpukan buku, keranjang baju kotor, mainan, dan lainnya.

Aktivitas ini akan membantu anak belajar melewati tantangan yang ada, sehingga ia bisa mencapai tujuannya. Selain itu, koordinasi, keseimbangan, dan kemampuan motorik anak ikut terlatih, lho!

Dukung Perkembangan Kognitif Si Kecil, Ajak Ia Lakukan 5 Aktivitas Berikut

Dukung Perkembangan Kognitif Si Kecil, Ajak Ia Lakukan 5 Aktivitas Berikut / Credit: thoughtco.com

Berhitung

Kamu sudah mengenalkan si kecil dengan angka? Coba deh, manfaatkan berbagai benda yang ada di sekitar untuk mengasah kemampuannya dalam berhitung. Misal, menghitung gelas yang ada di meja. Dan, setelah anak dapat berhitung dengan lancar, kamu juga bisa menambahkan elemen warna dan bentuk untuk tingkat kesulitan yang berbeda, ya.

 

 

 

Wah, sudah cukup jelas ya penjelasan mengenai aktivitas yang dapat bantu meningkatkan perkembangan kognitif si kecil. Kamu dapat lakukan aktivitas ini secara rutin dan konsisten, lho. Karena, dari kegiatan ini, kemampuan berpikir dan konsentrasi anak pun ikut terasah!

 

Featured Image - pbs.org


Post Comment

Please login to comment

Comments

user photo
Andre Test - October 13, 2020 at 11:56 PM

Thanks for the info