lebih produktif dan terus termotivasi ketika bekerja.

Lebih lengkap, integritas merupakan suatu tindakan yang memiliki etika dan terpuji. Dan, dilakukan ketika dilihat orang lain, maupun tidak dilihat oleh siapa pun. Seseorang yang memiliki integritas tinggi selalu melakukan perbuatan yang sesuai dengan etika moral dan prinsipnya.

Meski kamu sudah memiliki integritas, tetapi yang cukup sulit dilakukan adalah bagaimana cara menjaganya, terlebih dalam kehidupan sehari- hari. Untuk memudahkanmu, berikut ini deretan langkah menjaga integritas yang dapat kamu terapkan.

 

 

 

7 Tips Menjaga Integritas Dalam Dunia Kerja dan Keseharian

7 Tips Menjaga Integritas Dalam Dunia Kerja dan Keseharian / Credit: changingaging.org

Ingat Kembali Perjuangan Kamu

Rasanya ingin menyerah pada integritas? Hayo, ingat apa saja yang sudah kamu korbankan untuk mencapai posisi sekarang ini. Misal, mulai dari mengorbankan banyak waktu, hingga bekerja lebih ekstra.

Hindari menyia-nyiakan yang sudah kamu lalui dengan hal yang mungkin dapat merusak integritas kamu.

 

Pilih Teman Bergaul

Tanpa disadari, pergaulan pun ikut memiliki andil dalam menentukan akan menjadi apa kamu kedepannya. Jadi, memilih teman untuk bergaul juga penting dalam menjaga integritas, lho.

Sebaiknya, hindari bergaul dengan seseorang yang kurang memiliki integritas. Karena, ada kemungkinan nanti kamu meniru apa yang menjadi kebiasaan orang tersebut.

 

7 Tips Menjaga Integritas Dalam Dunia Kerja dan Keseharian / Credit: childcareawaremn.org

Kembangkan Bakat

Bagi seseorang yang memiliki integritas – mengembangkan bakat yang dimiliki merupakan poin penting. Hal ini dipercaya dapat meningkatkan nilai dan kualitas diri, sehingga karier dan kehidupan cemerlang pun lebih mudah diraih.

 

Bertanggung Jawab

Ingat, orang yang memiliki integritas pasti selalu bertanggung jawab atas apa yang sudah dilakukan. Meski, kesalahan fatal sekali pun. Jadi, jangan heran ya, kalau orang yang berintegritas tinggi akan bekerja keras ketika mengerjakan sesuatu.

 

7 Tips Menjaga Integritas Dalam Dunia Kerja dan Keseharian / Credit: magazine.job-like.com

Tegas Dalam Berkata

Dalam hal ini – yang dimaksud adalah tahu kapan kamu harus bilang ‘iya’ dan ‘tidak’. Dalam menjaga integritas, penting sekali tegas terhadap diri sendiri dan orang lain. Katakan ‘tidak’ terhadap sesuatu yang buruk dan bilang ‘iya’ jika menurutmu itu adalah hal positif.

 

Perbaiki Cara Berbicara

Cara berbicara juga menentukan, lho. Kamu bisa lihat, seseorang yang memiliki integritas pasti memiliki tutur kata yang baik. Jadi, kalau kamu ingin dinilai sebagai orang berintegritas, perhatikan kembali cara bicaramu, dan hindari perkataan yang mungkin menyakiti orang lain.

 

Hindari Budaya ‘Ngaret’

Nah, hal yang satu ini juga kerap disepelekan! Usahakan untuk tepat waktu dalam setiap pertemuan. Baik, pertemuan formal seperti meeting, atau non-formal sekalipun. Jika kamu menerapkan kebiasaan ini, maka orang- orang disekitar akan menganggapmu sebagai seseorang yang bisa menghargai waktu.

 

 

 

Nah, itu dia ketujuh tips cara menjaga integritas. Mulai sekarang, kamu bisa lho menerapkan sejumlah tips di atas. Kamu bisa mulai dari hal yang paling kecil dan mudah, maka hal- hal besar pun siap menantimu.

 

Featured Image - canopyhealth.com