Gejala Corona Baru, Waspadai Benjolan Pada Lidah

Gejala Corona Baru, Waspadai Benjolan Pada Lidah

font size A Ǎ

Novel Coronavirus atau yang dikenal sebagai Covid-19, merupakan jenis virus corona terbaru yang mulai mewabah di awal tahun 2020 ini. Virus yang menyerang saluran pernapasan tersebut menimbulkan sejumlah gejala pada pasiennya.

Gejala yang paling sering ditemui – berupa flu, demam, sesak napas, nyeri pada otot, diare, bahkan hilangnya kemampuan penciuman dan perasa atau anosmia.

Namun, seiring berjalannya waktu, berbagai gejala Covid-19 pun semakin bertambah. Seperti, yang ditemukan oleh para peneliti beberapa waktu silam. Dikutip dari The Sun, peneliti mencurigai adanya benjolan kecil di lidah yang juga termasuk gejala Covid-19.

 

 

 

Gejala Baru Covid-19, Bisa Ditandai Dengan Benjolan di Lidah

Gejala Corona Baru, Waspadai Benjolan Pada Lidah

Gejala Corona Baru, Waspadai Benjolan Pada Lidah / Credit: health.clevelandclinic.org

Dilansir dari Detik, para peneliti melakukan pemeriksaan terhadap 666 pasien Covid-19 dengan usia rata- rata 56 tahun dan lebih dari setengah pasien berjenis kelamin wanita. Berdasarkan informasi yang ada, hampir seluruh pasien mengalami pneumonia ringan hingga sedang. Dan, mereka dirawat di salah satu rumah sakit di Madrid, Spanyol.

Hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa, sebanyak 26 persen pasien Covid-19 mengalami ruam pada mulut, seperti timbulnya benjolan di lidah berwarna merah atau putih. Mudahnya, benjolan ini digambarkan mirip seperti jerawat.

Meski demikian, adanya benjolan di lidah bukan berarti kamu sudah dipastikan terinfeksi virus. Karena, kondisi ini juga bisa disebabkan oleh makanan pedas, alergi terhadap makanan, atau tidak sengaja mengigit lidah.

Yang membedakan, pasien yang mengalami benjolan pada lidah, kemungkinan merasakan gejala lainnya, seperti demam, batuk, sesak napas, dan hilang indera penciuman serta pengecap.

 

Tidak Hanya Ruam Pada Mulut, Tapi Ruam Kulit Juga Termasuk Gejala Covid-19

Gejala Corona Baru, Waspadai Benjolan Pada Lidah

Gejala Corona Baru, Waspadai Benjolan Pada Lidah / Credit: health.kompas.com

Terkait penemuan ini – para hali dari King’s College London, menyampaikan bahwa ruam kulit pun dapat menjadi salah satu gejala Covid-19. Jadi, tidak hanya adanya benjolan pada lidah saja, namun beberapa ruam di kulit juga dicurigai menjadi salah satu gejala Covid-19.

Ruam kulit tersebut dapat berupa eksim di leher atau dada. Dan, warna jari tangan atau kaki yang berubah jadi keunguan.

Langkah terbaik untuk menghindari penularan Covid-19 dapat dilakukan dengan memakai masker, jaga jarak minimal satu meter, rutin cuci tangan dengan air mengalir dan sabun, serta menerapkan pola hidup sehat agar imunitas tubuh tetap terjaga.

 

 

 

Featured Image - klikdokter.com

Source - detik.com


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!