Usir Bosan, Ajak Anak Coba 5 Permainan Tradisional Seru Ini!

Usir Bosan, Ajak Anak Coba 5 Permainan Tradisional Seru Ini!

font size A Ǎ

Masih ingatkah kamu, di mana banyak sekali permainan tradisional yang bisa dilakukan dengan teman- teman sebaya? Momen yang menyenangkan, bukan? Sangat disayangkan, masa kini permainan tradisional tersebut makin terlupakan, bahkan tak jarang pula anak yang justru tidak mengenali berbagai permainan tradisional.

Padahal, permainan tersebut sangat menyenangkan, ya. Terlebih, ada banyak manfaat yang bisa diperoleh dari permainan tradisional. Seperti, membantu perkembangan fisik dan motorik anak, sosial- emosional, moral, kognitif, dan bahasa.

Tapi tenang, kamu masih bisa kok mengajak si kecil merasakan keseruan permainan tradisional. Kamu bisa ajak ia bermain di rumah saja! Ini merupakan pilihan baik untuk mengatasi rasa bosan selama pandemi, lho.

Lalu, apa saja permainan tradisional yang bisa kamu lakukan bersama si kecil? Berikut ini sejumlah rekomendasinya.

 

 

 

5 Permainan Tradisional

Bisa Dilakukan Bareng Anak Di Rumah

Congklak

Usir Bosan, Ajak Anak Coba 5 Permainan Tradisional Seru Ini!

Usir Bosan, Ajak Anak Coba 5 Permainan Tradisional Seru Ini! / Credit: erwinmakalah.blogspot.com

Kamu pasti sudah tidak asing dengan permainan tradisional ini. Ya, congklak merupakan permainan menarik yang dapat mengasah otak.

Cara bermainnya pun mudah, kamu dan si kecil hanya perlu membagi biji congklak secara rata ke dalam lubang yang ada di dalam papan congklak. Dan, permainan akan selesai ketika biji congklak sudah habis. Kemudian, hitung biji congklak siapa yang paling banyak, ia yang jadi pemenang.

 

Bola Bekel

Usir Bosan, Ajak Anak Coba 5 Permainan Tradisional Seru Ini!

Usir Bosan, Ajak Anak Coba 5 Permainan Tradisional Seru Ini! / Credit: haloyouth.pikiran-rakyat.com

Hayoo, dahulu kamu pasti sering memainkan bola bekel bersama teman- teman, ya? Sekarang, kamu bisa ajak si kecil, sembari menghabiskan waktu bersama. Kamu hanya memerlukan bola bekel dan biji bekel. Kemudian, pantulkan bola sambil mengambil biji bekel satu per satu. Cukup mudah dan menyenangkan, ya?

 

Engklek

Usir Bosan, Ajak Anak Coba 5 Permainan Tradisional Seru Ini!

Usir Bosan, Ajak Anak Coba 5 Permainan Tradisional Seru Ini! / Credit: mediawarta.com

Permainan tradisional ini juga merupakan salah satu permainan legendaris bagi anak- anak di Indonesia. Meski, mungkin di setiap daerah memiliki penyebutan yang berbeda, tapi peraturan bermain engklek tetap sama, kok.

Cara bermainnya, kamu perlu membuat kotak- kotak pada halaman kosong. Untuk membuatnya, bisa gunakan kapur, ya. Nanti, setiap pemain mesti melompati kotak- kotak tersebut dengan satu kaki. Dan, jika terjatuh, pemain harus menandai kotak terakhir dengan menaruh sebuah batu.

 

Lompat Tali

Usir Bosan, Ajak Anak Coba 5 Permainan Tradisional Seru Ini!

Usir Bosan, Ajak Anak Coba 5 Permainan Tradisional Seru Ini! / Credit: tribunnews.com

Lompat tali – mungkin salah satu permainan tradisional yang cukup menguras tenaga. Melakukan permainan ini bisa menjadi salah satu kegiatan “olahraga” yang menyenangkan bagi si kecil!

Nantinya, akan ada dua orang yang bertugas sebagai pemegang tali dan yang lainnya melompati karet. Ketinggian karet bisa dimulai dari pergelangan kaki, hingga kepala, lho! Seru dan menyenangkan, ya?

 

Gasing

Usir Bosan, Ajak Anak Coba 5 Permainan Tradisional Seru Ini!

Usir Bosan, Ajak Anak Coba 5 Permainan Tradisional Seru Ini! / Credit: liputan6.com

Nah, anak-anak laki zaman dahulu pasti gemar bermain gasing deh. Permainan tradisional ini sudah lama ada di Indonesia dan jadi salah satu permainan untuk adu kekuatan serta daya tahan gasing.

Ketika bermain gasing, pastikan kamu menggunakan permukaan datar, ya. Kamu bisa menggambar lingkaran di lantai, kemudian aturannya adalah gasing mesti berputar di dalam lingkaran tersebut. dan, yang paling lama berputar, ia pemenangnya.

 

 

 

Wah, bagaimana nih? Sudah cukup jelas ya mengenai permainan tradisional yang bisa kamu lakukan bersama si kecil selama di rumah saja. Cara ini cocok banget untuk menghabiskan waktu bersama, biar si kecil tidak bosan!

Dari sejumlah rekomendasi di atas, kamu ingin ajak anak melakukan permainan yang mana, nih?

 

Featured Image - inibaru.id


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!