6 Stategi Bisnis Untuk Bertahan Di Kala Pandemi

6 Stategi Bisnis Untuk Bertahan Di Kala Pandemi

font size A Ǎ

Pandemi Covid-19 yang masih berlangsung hingga saat ini banyak memberi pengaruh pada aspek kehidupan. Terlebih, dalam hal perekonomian. Dengan adanya kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di beberapa daerah, membuat banyak bisnis menurun.

Bagi kamu yang memiliki usaha tertentu, mungkin pernah bertanya- Tanya “hal apa lagi yang perlu dilakukan selanjutnya?”. Mengingat – kamu pasti ingin mempertahankan bisnismu sekuat tenaga. Tapi, di sisi lain, bisnis bisa teranancam jika tindakan yang diambil terlalu “maksa”.

Memiliki strategi bisnis baru – termasuk salah satu jalan terbaiknya. Tak perlu bingung, setidaknya ada enam strategi bisnis yang bisa kamu terapkan untuk melindungi usaha kamu dari keterpurukan.

Apa saja strategi bisnis tersebut? Simak ulasan lengkapnya berikut ini, ya.

 

 

 

6 Strategi Bisnis

Bisa Diterapkan Selama Pandemi

6 Stategi Bisnis Untuk Bertahan Di Kala Pandemi

6 Stategi Bisnis Untuk Bertahan Di Kala Pandemi / Credit: startupdonut.co.uk

Terbuka dan Jujur dengan Pelanggan

Strategi bisnis pertama – ingat, untuk tetap jujur dan terbuka dengan pelanggan kamu, ya. Ini meliputi tindakan apa yang diambil pada bisnis. Misalnya, tutup sementara waktu, menggunakan sistem pengiriman, atau jam operasional yang terbatas.

Pastikan seluruh pelanggan mengetahui perubahan yang mungkin terjadi pada bisnis kamu.

 

Kerja Dari Rumah

Hampir seluruh masyarakat terkena dampak pandemi. Semua orang disarankan untuk work from home jika memungkinkan. Hal ini tentu masih terasa aneh, meski sudah dijalani berbulan- bulan lamanya.

Kalau bisnismu tidak dapat dijalani dengan bekerja dari rumah saja, kamu mesti menerapkan protokol kesehatan ketat di tempat kerja. Seperti jaga jarak, cuci tangan rutin, dan disinfeksi area serta peralatan yang sering digunakan banyak orang.

 

6 Stategi Bisnis Untuk Bertahan Di Kala Pandemi

6 Stategi Bisnis Untuk Bertahan Di Kala Pandemi / Credit: pemmzchannel.com

Update My Business di Google

Jika memilik halaman My Business di Google, kamu perlu memperbaruinya, ya. Tambahkan informasi seperti jam kerja bisnis, layanan tambahan, atau mengenai potensi adanya keterlambatan dalam pelayanan.

 

Fokus Jual Secara Online

Jualan secara online – startegi bisnis yang tepat selama pandemi. Melakukannya tidaklah sulit, lho! Kamu bisa manfaatkan layanan pengiriman dan kurir. Selain itu, kamu bisa gunakan ojek online sebagai alternatif.

Dengan begitu, bisnis tetap jalan dan keuangan pun terus berputar.

 

6 Stategi Bisnis Untuk Bertahan Di Kala Pandemi

6 Stategi Bisnis Untuk Bertahan Di Kala Pandemi / Credit: skedsocial.com

Posting di Media Sosial

Sebagian besar bisnis pasti memiliki media sosial seperti Instagram, Facebook, dan Twitter sebagai platform promosi. Jadi, tetap manfaatkan hal ini untuk promosikan produk kamu dan berinteraksi dengan pelanggan, ya.

 

Komunikasi Dengan Supplier

Strategi bisnis yang satu ini, tergantung pada jenis bisnis yang kamu jalani. Mungkin saja, ada masalah mengenai persediaan barang yang kamu butuhkan selama proses produk.

Jika demikian, kamu perlu berkomunikasi ulang dengan suppler kamu. Beberapa hal mungkin perlu ditinjau ulang untuk menyesuaikan dengan kondisi sekarang. Sehingga, kamu bisa lebih siap apabila situasi buruk terjadi.

 

 

 

Nah, itu dia keenam strategi bisnis yang bisa diterapkan selama pandemi. Kamu dapat coba deretan tips di atas, lho, agar bisnis dapat bertahan di kondisi yang tidak menentu ini.

 

Featured Image - thebalancecareers.com


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!