6 Manfaat Jeruk Lemon. Salah Satunya Tingkatkan Imunitas Tubuh Di Musim Hujan

6 Manfaat Jeruk Lemon. Salah Satunya Tingkatkan Imunitas Tubuh Di Musim Hujan

font size A Ǎ

Lemon – salah satu buah populer yang sering dikonsumsi banyak orang. Mulai dari dijadikan sebagai campuran dalam minuman sehat, dressing salad, hingga salah satu bahan untuk membuat kue. Sepertinya, lemon merupakan buah favorit bagi sebagian besar orang.

Meski rasanya cukup asam, tapi buah lemon memiliki banyak manfaat, lho. Terutama untuk kesehatan. Ya, memasuki musim hujan di tengah pandemi Covid-19, siapa sih yang tidak ingin tetap sehat? Semuanya pasti menginginkan hal ini, bukan?

Dikutip dari Medical News Today, manfaat buah lemon secara efektif dapat mengobati berbagai jenis penyakit umum, bahkan sejak tahun 1747 silam. Ini berkat kandungan vitamin C di dalamnya, ya. Vitamin C memang merupakan vitamin yang mampu meningkatkan daya tahan tubuh, sekaligus mempercepat proses penyembuhan.

Dirangkum dari CNN Indonesia, berikut ini deretan manfaat buah lemon untuk kesehatan. Wajib kamu ketahui, nih!

 

 

 

6 Manfaat Buah Lemon

6 Manfaat Jeruk Lemon. Salah Satunya Tingkatkan Imunitas Tubuh Di Musim Hujan

6 Manfaat Jeruk Lemon. Salah Satunya Tingkatkan Imunitas Tubuh Di Musim Hujan / Credit: livescience.com

Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Manfaat buah lemon yang mungkin paling diketahui, yaitu dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Hal ini tentu berkaitan erat dengan kandungan vitamin C di dalamnya.

Vitamin C – kaya akan antioksidan yang dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh terhadap virus, bakteri, dan kuman penyebab penyakit. Salah satunya, virus yang menyebabkan flu dan pilek. Kedua penyakit ini kerap dialami selama musim hujan.

Selain itu, vitamin C dalam lemon juga dapat meningkatkan imunitas seseorang yang memiliki aktivitas dengan intensitas tinggi.

 

Meningkatkan Penyerapan Zinc

Kekurangan asupan zinc juga merupakan salah satu masalah kesehatan yang sering dialami. Kekurangan zinc termasuk penyebab utama anemia. Untuk itu, memenuhi kebutuhan zinc harian sangatlah penting.

Agar penyerapan zinc makin maksimal, barengi konsumsinya dengan vitamin C – seperti yang ada dalam buah lemon. Vitamin C dapat membantu kemampuan tubuh dalam menyerap zinc. Dan, kombinasi keduanya pun ampuh untuk menjaga daya tahan tubuhmu.

 

6 Manfaat Jeruk Lemon. Salah Satunya Tingkatkan Imunitas Tubuh Di Musim Hujan

6 Manfaat Jeruk Lemon. Salah Satunya Tingkatkan Imunitas Tubuh Di Musim Hujan / Credit: halodoc.com

Menurunkan Risiko Stroke

Manfaat buah lemon yang berikutnya, mungkin masih jarang terdengar. Ya, buah lemon mampu menurunkan risiko stroke iskemik, terlebih pada wanita. Hal ini disebutkan oleh American Heart Association.

Sebuah studi yang dilakukan terhadap 70 ribu wanita selama 14 tahun menunjukkan bahwa, wanita yang mengonsumsi buah lemon secara rutin, memiliki risiko stroke iskemik 19 persen lebih rendah, dibanding mereka yang jarang mengonsumsi lemon.

Kandungan flavonoid – diklaim memberi sejumlah perlindungan dalam tubuh untuk mengurunkan risiko stroke.

 

Mencegah Kanker

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, lemon mengandung vitamin C yang berperan sebagai antioksidan. Kandungan ini diketahui mampu mencegah terbentuknya radikal bebas, yang merupakan salah satu penyebab kanker.

 

6 Manfaat Jeruk Lemon. Salah Satunya Tingkatkan Imunitas Tubuh Di Musim Hujan

6 Manfaat Jeruk Lemon. Salah Satunya Tingkatkan Imunitas Tubuh Di Musim Hujan / Credit: gharpar.co

Memelihara Kesehatan Kulit

Vitamin C – berperan penting dalam pembentukan kolagen yang merupakan sistem pendukung kulit. Jika dikonsumsi rutin, buah lemon dapat melawan kerusakan kulit akibat matahari dan polusi, mengurangi keriput, dan memperbaiki tekstur kulit secara keseluruhan.

 

Mencegah Asma

Manfaat buah lemon terakhir, yaitu mampu mencegah asma. Lagi- lagi, ini berkat kandungan vitamin C di dalamnya.

Menurut sebuah studi yang dipublikasikan dalam Allergy, Asthma, and Clinical Immunology, menemukan bahwa vitamin C bermanfaat untuk mencegah asma, mengurangi keparahan asma, dan hipersensitivitas bronkus.

 

 

 

Tak Hanya Lemon, Vitamin C Bisa Diperoleh Dari….

6 Manfaat Jeruk Lemon. Salah Satunya Tingkatkan Imunitas Tubuh Di Musim Hujan

6 Manfaat Jeruk Lemon. Salah Satunya Tingkatkan Imunitas Tubuh Di Musim Hujan / Credit: fitbod.me

Tidak hanya dari buah lemon saja, lho, tapi kamu pun bisa memperoleh asupan vitamin C dari berbagai sumber lainnya. Jika ingin mendapat vitamin C dari buah- buahan, kamu bisa konsumsi jeruk, stroberi, kiwi, apel, pepaya, dan jambu biji.

Sedangkan, dari sayuran kamu bisa menemui vitamin C pada bayam, kale, kembang kol, brokoli, dan kubis. Semua jenis makanan yang kaya akan vitamin C sangat mudah ditemukan, kok!

Tapi, bagaimana kalau ingin memenuhi vitamin C dari cara yang paling mudah? Kamu bisa konsumsi multivitamin, nih. Seperti, Enervon-C!

Enervon-C mengandung Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, dan Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat. Kombinasi vitamin tersebut dapat membantu jaga daya tahan tubuh, agar kamu tidak mudah sakit.

Dan, Enervon-C dapat mengoptimalkan proses metabolisme. Jadi, makanan yang kamu konsumsi bisa diubah menjadi energi yang lebih tahan lama! Manfaat ini berkaitan dengan kandungan vitamin B kompleks di dalamnya, ya.

Kamu bisa minum multivitamin Enervon-C dalam bentuk tablet, atau effervescent yang menyegarkan! Keduanya memiliki manfaat yang sama baik untuk tubuhmu.

 

 

 

Wah, bagaimana nih? Sudah cukup jelas ya mengenai manfaat buah lemon yang kaya akan vitamin C! Tak perlu diragukan, kamu bisa memperoleh sejumlah manfaat baik dari rutin memenuhi kebutuhan vitamin C tiap hari.

 

Featured Image - emedihealth.com


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!