Faskes Sulit Diakses Selama Pandemi, Ini Pertolongan Pertama Saat Anak Sakit

Faskes Sulit Diakses Selama Pandemi, Ini Pertolongan Pertama Saat Anak Sakit

font size A Ǎ

Selama pandemi, rumah sakit dan fasilitas kesehatan lainnya merupakan tempat yang tinggi risiko akan penularan virus. Untuk itu, sebisa mungkin hindari mengunjungi rumah sakit, kecuali dalam keadaan yang benar- benar darurat.

Hal ini tentu tidak mudah dilakukan. Terutama, bagi orangtua yang memiliki anak dan rentan mengalami berbagai macam penyakit. Misalnya, demam, batuk, dan pilek – sejumlah penyakit yang kerap dialami oleh anak- anak.

Tak jarang, kondisi seperti ini membuat orangtua pun menjadi cemas dan panik – karena ketika si kecil sakit, sulit untuk mengakses fasilitas kesehatan. Tapi, jangan langsung panik. Ada berbagai panduan yang bisa dilakukan orangtua, ketika si kecil sakit di tengah pandemi.

Berikut ulasan lengkapnya.

 

 

 

Pertolongan Pertama Saat Anak Sakit Di Tengah Pandemi

Faskes Sulit Diakses Selama Pandemi, Ini Pertolongan Pertama Saat Anak Sakit

Faskes Sulit Diakses Selama Pandemi, Ini Pertolongan Pertama Saat Anak Sakit / Credit: nasional.kompas.com

Konsultasi Virtual Terlebih Dahulu

Untuk kasus yang tidak terlalu darurat, orangtua dapat melakukan konsultasi secara online terlebih dahulu. Hal ini dilakukan untuk menghindari keramaian yang mungkin terjadi di luar rumah.

Selain itu, orangtua juga perlu menjelaskan secara lengkap mengenai sakit yang diderita ketika konsultasi online. Sehingga, kesalahan diagnosis pada si kecil dapat dihindari.

 

Nilai Keadaan Si Kecil Secara Umum

Demam – merupakan penyakit umum yang sering dialami oleh anak. Bahkan, kondisi ini sering membuat orangtua panik dan segera membawa anak ke rumah sakit untuk mendapat pertolongan pertama.

Tapi, selama pandemi sebaiknya hindari langsung membawa anak ke rumah sakit. Sebelumnya, kamu dapat periksa suhu tubuh anak terlebih dahulu. Suhu tubuh normal anak berada sekitar 36,5 sampai 37,5 derajat celcius.

Pastikan pula keadaan si kecil secara umum, misalnya apakah ia masih tetap aktif atau tidak, nafsu makan atau tidak, dan perhatikan juga siklus buang air kecilnya. Jika anak mulai terlihat ‘kurang fit’, ajak ia untuk beristirahat total dan berikan kompres air hangat untuk menurunkan panas tubuhnya.

Faskes Sulit Diakses Selama Pandemi, Ini Pertolongan Pertama Saat Anak Sakit

Faskes Sulit Diakses Selama Pandemi, Ini Pertolongan Pertama Saat Anak Sakit / Credit: courierpostonline.com

Mencari Informasi Mengenai Penanganan yang Tepat

Wajar saja jika orangtua merasa panik ketika anak sakit. Apalagi, di tengah pandemi Covid-19 ini. Tapi, sebelum memutuskan membawa anak ke rumah sakit, orangtua bisa mencari informasi mengenai penanganan yang tepat.

Dengan rajin mencari informasi, orangtua dapat lebih memahami mengenai tindakan yang mesti dilakukan ketika anak sakit. Tenang, tidak harus selalu di bawa ke rumah sakit, kok. Karena, penanganan dapat dilakukan di rumah dengan tindakan yang sesuai.

 

Pastikan Asupan Makanan dan Minuman Terpenuhi

Ketika anak mulai rewel karena sakit yang ia rasakan, tetap pastikan bahwa ia mendapatkan asupan makanan dan minuman yang cukup. Jika anak mulai susah makan, orangtua mesti makin aktif untuk mencukupi asupan hariannya.

Misalnya, jika hanya menghabiskan setengah porsi makannya, orangtua dapat mengganti dengan frekuensi yang lebih sering, agar anak tetap mendapat asupan makanan yang cukup. Sama halnya dengan minum, agar si kecil tidak dehidrasi.

 

Faskes Sulit Diakses Selama Pandemi, Ini Pertolongan Pertama Saat Anak Sakit

Faskes Sulit Diakses Selama Pandemi, Ini Pertolongan Pertama Saat Anak Sakit / Credit: parenting.firstcry.com

Bantu Dengan Suplemen Khusus Anak

Untuk membantu mempercepat proses pemulihan si kecil, sekaligus Untuk membantu jaga sistem kekebalan tubuh anak, berikan tambahan suplemen khusus anak. Bisa berupa multivitamin sirup yang mengandung sejumlah vitamin penting, seperti Enervon-C Plus Sirup anak.

Enervon-C Plus Sirup memiliki kandungan vitamin lengkap untuk si kecil. Yaitu, Vitamin A, Vitamin B Kompleks, Vitamin C, Vitamin D, Niacinamide, dan Panthenol.

Sejumlah vitamin tersebut, dapat membantu anak tetap aktif di masa pertumbuhannya, meningkatkan nafsu makan, membantu pembentukan tulang dan gigi, serta bantu pelihara daya tahan tubuhnya biar tidak mudah sakit.

 

 

Berdasarkan penjelasan di atas, sudah cukup jelas mengenai pertolongan pertama yang bisa dilakukan ketika si kecil sakit di tengah pandemi. Yang terpenting, selalu perhatikan asupan nutrisi harian anak dan perubahan yang mungkin terjadi. Tujuannya, agar tindakan yang tepat dapat diberikan pada anak.

 

Featured Image - parents.com

Source - popmama.com


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!