Alami Mental Breakdown? Segera Lakukan 5 Hal Berikut

Alami Mental Breakdown? Segera Lakukan 5 Hal Berikut

font size A Ǎ

Kamu mungkin sudah tidak asing lagi dengan kata mental breakdown. Kondisi ini merupakan rasa stres berat yang dialami seseorang, hingga ia tidak dapat menjalani sejumlah aktivitas seperti biasanya. Kondisi ini juga kerap disebut sebagai nervous breakdown.

Mental breakdown – umumnya digunakan untuk menggambarkan berbagai masalah kesehatan mental, seperti depresi, gangguan kecemasan, dan stres akut. Tapi kini, istilah ini lebih sering digunakan untuk menggambarkan seseorang yang sedang merasa stres dan tidak dapat melakukan kegiatannya.

Kondisi mental breakdown bisa saja dialami oleh siapa pun, termasuk para pekerja yang kerap dihantui dengan tumpukan pekerjaan dan tekanan yang terus datang.

Mengatasi mental breakdown memanglah tidak mudah. Bukan sekedar membalik telapak tangan. Tapi, sulit bukan berarti mustahil, lho. Ada sejumlah cara tertentu yang dapat bantu atasi mental breakdown dan bangkit dari keterpurukan.

Apa saja cara tersebut? Ini dia ulasan lengkapnya.

 

 

 

4 Langkah yang Perlu Diambil ketika Alami Mental Breakdown

Alami Mental Breakdown? Segera Lakukan 5 Hal Berikut

Alami Mental Breakdown? Segera Lakukan 5 Hal Berikut / Credit: bridgestorecovery.com

Cari Orang yang Mampu Memahami Masalah Kamu

Ketika masalah datang tiada henti, kamu mungkin tidak sanggup mengatasinya sendiri. Untuk itu, segera cari bantuan dari orang- orang terdekat yang bisa memahami kamu. Hal ini penting, lho. Karena, tidak semua orang bisa pengertian dan memahami situasi yang kamu alami.

Selain itu, kamu perlu selektif dalam memilih teman curhat, ya. Apalagi, jika masalah yang dialami tergolong serius. Bisa aja mereka justru memberi respon negatif dan pikiran makin kalut.

 

Buat Daftar Nomor Kerabat yang Bisa Dihubungi

Kalau kamu sudah menemukan teman curhat yang cocok, kamu bisa membuat emergency contact berisi nomor-nomor kerabat dekat atau teman-temanmu. Tapi sebelumnya, pastikan dahulu kalau mereka setuju, jika kamu perlu menghubungi mereka sewaktu- waktu. Mengingat, mental breakdown bisa saja datang tanpa diduga.

Ketika mengalami mental breakdown – di saat inilah kamu membutuhkan tempat cerita dan support dari orang- orang terdekat yang paham akan masalahmu.

 

Alami Mental Breakdown? Segera Lakukan 5 Hal Berikut

Alami Mental Breakdown? Segera Lakukan 5 Hal Berikut / Credit: spiritualityhealth.com

Menangis Dapat Membantu, Lho

Kamu dapat melampiaskan emosi dengan cara menangis. Nyatanya, menangis memiliki manfaat untuk membuatmu merasa lebih tenang, lega, dan membuatmu sedikit relaks. Jadi, kalau ingin menangis, silahkan saja, lho!

Setelah menangis, mood akan membaik dan membantumu tidur lebih pulas! Selain itu, air mata juga melepaskan hormon oksitosin dan endorfin – yang berperan membuatmu merasa lebih baik dan meringankan sakit fisik serta emosional.

 

Temui Psikolog

Jika mental breakdown yang kamu alami sudah sangat mengganggu aktivitas sehari- hari, segera cari pertolongan profesional, menemui psikolog, misalnya.

Menemui psikolog – tidak hanya sekedar mengeluarkan uneg- uneg saja, tapi kamu psikolog dapat bantu melihat apakah kamu memilki masalah kesehatan mental lainnya yang mungkin tidak disadari. Mungkin saja, mental breakdown merupakan gejala dari depresi yang memerlukan penanganan lanjutan.

 

 

 

Wah, bagaimana nih? Sekarang kamu sudah tahu ya langkah apa saja yang mesti diambil ketika mengalami mental breakdown? Jika kamu sedang mengalami kondisi ini, segera terapkan deretan tips di atas ya!

 

Featured Image - powerofpositivity.com


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!