Siapkan Meal Prep Saat Weekend, Begini Cara Lakukannya

Siapkan Meal Prep Saat Weekend, Begini Cara Lakukannya

TAGS : weekend meal prep
font size A Ǎ

Apakah kamu sudah pernah mendengar metode meal prep? Sepertinya, metode ini kian terdengar akhir- akhir ini, ya. Metode meal prep­ – merupakan cara menyiapkan bahan makanan agar kamu dapat lebih hemat dan punya banyak waktu.

Bahkan, menurut informasi dari North Shore University Health System, meal prep merupakan salah satu cara untuk mempertahankan kontrol atas asupan makanan tanpa mesti merasa stres. Tidak tanggung, meal prep dapat bantu para orangtua untuk mengehmat waktu serta uang, sekaligus mendapat asupan gizi seimbang, lho!

Sejatinya, meal prep mirip dengan metode yang kerap dilakukan para ibu ketika berbelanja. Hanya saja, kalau biasanya kamu belanja untuk kebutuhan satu hari, meal prep justru belanja sekali untuk jangka waktu lebih lama, seperti satu minggu.

 

 

 

Ketika belanja, kamu dapat membeli berbagai jenis karbohidrat, protein, hewani, protein nabati, sayuran, buah- buahan, dan berbagai perlengkapan memasak lainnya. Tapi, ada baiknya kamu membuat list belanja dahulu, ya.

Bahan masakan yang sudah kamu beli, nantinya ditempatkan dalam wadah- wadah. Dan, kamu pun dapat membaginya berdasarkan jenis bahan, resep, atau porsi. Tinggal disesuaikan dengan kebutuhan saja!

Lebih lanjut mengenai meal prep­ – berikut ini tips dalam menyiapkan dan memulainya. Bisa kamu lakukan di saat santai, seperti akhir pekan, nih.

 

Mempersiapkan Meal Prep

Siapkan Meal Prep Saat Weekend, Begini Cara Lakukannya

Siapkan Meal Prep Saat Weekend, Begini Cara Lakukannya / Credit: bostonmagazine.com

Sebelum memulai meal prep, diskusikan terlebih dahulu dengan keluarga mengenai masakan apa yang mereka inginkan, ya.

Lalu, kamu dapat mulai membuat daftar belanja. Dari bahan yang sudah dibeli, kamu dapat kreasikan dalam berbagai resep makanan, lho. Cara ini lebih efektif, ketimbang berbelanja sesuai resep yang ada. Mudahnya – tentukan resep setelah berbelanja semua bahan.

Tapi, kamu pun dapat mulai membuat daftar resep yang akan dibuat setiap harinya. Dengan cara ini, kamu tidak perlu lagi bingung harus memasak apa.

Untuk pemula, sebaiknya coba dengan menyiapkan bahan masakan untuk 2-3 hari, ya. Kalau berhasil, baru tambahkan hari, hingga kamu dapat melakukannya seminggu penuh. Practice makes perfect!

 

Memulai Meal Prep

Siapkan Meal Prep Saat Weekend, Begini Cara Lakukannya

Siapkan Meal Prep Saat Weekend, Begini Cara Lakukannya / Credit: thejakartapost.com

Karena memulai meal prep cukup menghabiskan banyak waktu, sebaiknya pilih satu hari untuk berbelanja, menyiapkan bahan, dan memasak. Kamu dapat melakukannya di akhir pekan, ya.

Untuk bahan masakan yang tidak langsung dimasak, kamu bisa membumbuinya sebelum disimpan di dalam kulkas. Jadi, ketika akan dimasak nanti, kamu tidak perlu repot membumbuinya. Jadi lebih hemat waktu, kan?

Meski demikian, perhatikan kembali bahan masakannya, ya. Karena, ada beberapa bahan masakan yang memang lebih enak dimasak saat segar.

Dan, untuk beberapa jenis makanan lainnya, kamu dapat olah setengah matang atau matang, kemudian dibekukan dalam freezer. Sehingga, waktu penyiapan masakan menjadi lebih hemat dan mudah.

 

 

 

Nah, itu dia beberapa hal yang mesti kamu ketahui mengenai meal prep, seperti dari cara menyiapkan dan memulai metode tersebut. Apakah kamu tertarik untuk mencobanya?

 

Featured Image - taste.com.au


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!