Terbaik Di Asia Tenggara, Begini Cara Thailand Tangani Pandemi

Terbaik Di Asia Tenggara, Begini Cara Thailand Tangani Pandemi

font size A Ǎ

Setiap negara pasti memiliki caranya sendiri dalam menangani pandemi Covid-19. Mungkin, sebagian besar negara masih bergelut dan berjuang untuk mengatasi pandemi, namun ada pula negara yang sudah bisa dianggap cukup berhasil dalam menangani pandemi.

Salah satunya, Thailand yang berhasil menangani pandemi Covid-19. Tidak tanggung, World Health Organization (WHO) ikut memberi pujian kepada Thailand atas keberhasilannya dalam hal penanganan Covid-19.

Pengalaman Thailand dalam menghadapi wabah besar memang sudah teruji sejak tahun 2003. Saat itu, Thailand termasuk salah satu negara yang diserang wabah SARS. Hal ini dijadikan sebagai media belajar untuk terus meningkatkan kapasitas dan manajemen kesehatan publik.

 

 

 

Thailand, Salah Satu Negara di Asia Tenggara yang Mampu Tangani Covid-19

Terbaik Di Asia Tenggara, Begini Cara Thailand Tangani Pandemi

Terbaik Di Asia Tenggara, Begini Cara Thailand Tangani Pandemi / Credit: pikiran-rakyat.com

Berkaitan dengan penanganan Covid-19 di Thailand – ada sejumlah langkah yang diambil oleh pemerintah negara tersebut.

Berikut ini cara Thailand menangani Covid-19.

Peran Penting Perempuan

Di Thailand ada sejumlah relawan perempuan yang sudah diberi pengetahuan kesehatan dasar. Tugas relawan tersebut – menemukan kasus Covid-19, membawa pasien yang bergejala untuk tes, memberi informasi yang valid, dan mengajarkan warga cara cuci tangan yang baik dan benar.

Para relawan tersebut juga turut mengawasi karantina warga yang baru melakukan perjalanan dari luar kota, provinsi, dan luar negeri.

Tidak sampai situ saja, relawan perempuan di Thailand pun mengunjungi sejumlah kawasan yang berpotensi menciptakan klaster Covid-19 baru. Seperti penjara, komunitas lain, dan wilayah migran.

 

Didukung Faktor Budaya

Sebelum mengalami pandemi Covid-19, Thailand sudah lebih dulu menghadapi SARS dan MERS. Hal inilah yang membuat Thailand memiliki kesehatan publik memadai.

Selain itu, masyarakat Thailand sudah terbiasa mentaati peraturan. Sekaligus dapat diajak kerja sama dan mengikuti petunjuk dari pemerintah.

 

 

 

Terbaik Di Asia Tenggara, Begini Cara Thailand Tangani Pandemi

Terbaik Di Asia Tenggara, Begini Cara Thailand Tangani Pandemi / Credit: coconuts.co

Adanya Jam Malam

Selain mewajibkan masyarakatnya mematuhi protokol kesehatan, Thailand turut menerapkan jam malam – dari pukul 22.00 sampai 04.00, masyarakat dilarang bepergian ke luar rumah.

Diberlakukannya jam malam ini terbukti mampu menurunkan angka penularan Covid-19. Bahkan, penambahan kasus pun kian menurun. Kebijakan ini juga masih terus diterapkan, bahkan setelah new normal diumumkan.

 

Aturan Disiplin

Pemerintah Thailand termasuk yang ketat dalam menerapkan aturan. Hal ini terbukti, ketika ada seorang warga yang ditolak masuk ke Pasar Chatucak, Bangkok, karena suhu tubuhnya mencapai 37,5 derajat celcius.

Selain itu, pemerintah Thailand menyediakan sejumlah fasilitas, seperti pedal kaki untuk menekan tombol lift, sehingga langkah pencegahan semakin maksimal.

 

Solidaritas Masyarakat

Selama pandemi Covid-19, masyarakat di Thailand kerap bergotong royong untuk memerangi wabah virus ini. Mulai dari membagikan kebutuhan pokok secara gratis, hingga sejumlah obat- obatan.

Bahkan, di salah satu sudut jalan kota, ada sebuah lemari yang menyimpan makanan serta minuman. Dan, dapat diambil oleh siapa pun yang membutuhkannya.

 

Featured Image - bangkokpost.com

Source - parenting.orami.co.id


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!