Ingin Tanam Sayuran Organik Di Rumah? Begini Cara Mudahnya!

Ingin Tanam Sayuran Organik Di Rumah? Begini Cara Mudahnya!

font size A Ǎ

Sejak pandemi Covid-19 berlangsung, sepertinya cukup banyak berbagai hobi baru yang tren di kalangan masyarakat. Salah satunya, yaitu berkebun dan merawat tanaman hias di dalam rumah. Tapi, ada yang baru lagi, nih! yaitu, menanam tanaman sayuran organik! Kegiatan ini cukup populer, terutama di kalangan ibu rumah tangga.

Memang, menanam sayuran sendiri dapat membantu kamu dan keluarga mengonsumsi produk sayur yang lebih terjamin soal kesehatannya, segar, lezat, dan berkualitas. Nggak kalah deh seperti yang ada di supermarket.

Apalagi, sayur organik ditanam dan dirawat tanpa bahan kimia apapun. Jadi, ini termasuk pilihan yang aman untuk kesehatan, ya.

Nah, untuk kamu yang mencoba menanam sayuran organik di rumah, berikut ini berbagai tips yang bisa kamu terapkan. Tenang, meski kamu tak punya lahan luas di rumah, kamu tetap bisa memanfaatkannya, lho!

 

 

 

Tips Menanam Sayuran Organik Di Rumah

Ingin Tanam Sayuran Organik Di Rumah? Begini Cara Mudahnya!

Ingin Tanam Sayuran Organik Di Rumah? Begini Cara Mudahnya! / Credit: alodokter.com

Siapkan Tanah yang Baik

Langkah pertama – siapkan tanah dengan kualitas baik. Gunakan tanah yang kaya akan kandungan organik, seperti kompos. Semua tanaman pasti akan tumbuh dengan maksimal, jika ditanam di tanah yang berkualitas baik.

 

Pilih Lahan Untuk Menanam

Pastikan kamu memilih lahan yang terkena paparan sinar matahari. Pasalnya, sayuran organik akan tumbuh dengan baik ketika terkena sinar matahari penuh. Bahkan, sayur organik mesti disinari setidaknya 6-10 jam per hari.

 

Ingin Tanam Sayuran Organik Di Rumah? Begini Cara Mudahnya!

Ingin Tanam Sayuran Organik Di Rumah? Begini Cara Mudahnya! / Credit: paktanidigital.com

Pilih Jenis Tanaman

Agar proses menanam berhasil, lakukan riset terlebih dahulu soal jenis sayur yang akan kamu gunakan. Dan, pertimbangkan pula mengenai jumlah sinar matahari yang dibutuhkan, cara merawat, serta proses pertumbuhannya.

 

Tanam Beberapa Bunga

Agar proses pertumbuhan sayur makin maksimal, tanam beberapa bunga di dalam atau dekat sayuran, ya. Cara ini dapat mengundang lebah melakukan penyerbukan – yang dapat bantu sayuran tumbuh lebih baik.

 

 

 

Ingin Tanam Sayuran Organik Di Rumah? Begini Cara Mudahnya!

Ingin Tanam Sayuran Organik Di Rumah? Begini Cara Mudahnya! / Credit: seruni.id

Gunakan Bibit Berkualitas

Poin ini penting diperhatikan! Gunakan bibit-bibit organik yang berkualitas. Kalau memungkinkan, pilih bibit dengan sertifikat tertentu, seperti tidak menggunakan pestisida atau bahan kimia lainnya.

 

Buat Kompos Sendiri

Salah satu cara terbaik dalam menanam sayuran organik, yaitu menyediakan bahan organik, seperti kompos.

Kompos – membantu tanah agar tetap lembap, sebagai nutrisi tanaman dan cacing serta mikroba lainnya yang dapat memperbaiki tanah. Untuk membuatnya, kamu dapat gunakan campuran daun, potongan rumput, dan sampah rumah tangga seperti kulit telur dan bubuk kopi.

 

Ingin Tanam Sayuran Organik Di Rumah? Begini Cara Mudahnya!

Ingin Tanam Sayuran Organik Di Rumah? Begini Cara Mudahnya! / Credit: mitalom.com

Ketahui Arah Angin

Kalau rumahmu termasuk daerah yang memiliki angin kencang, sebaiknya perhatikan kembali posisi kebun, ya. Dan, usahakan untuk membuat pertahanan sendiri, seperti membangun pagar tanaman, dinding, atau menyusun struktur tanaman agar tidak mempengaruhi tanaman.

 

Kebun Vertikal

Jika kamu memiliki lahan yang terbatas, kamu dapat gunakan teknik berkebun secara vertikal. Posisi ini dapat bantu memaksimalkan proses penanaman sayuranmu. Keuntungannya, kamu bisa meningkatkan sirkulasi, dan mencegah tanamanmu terkena penyakit jamur!

 

 

 

Wah, bagaimana nih? Sudah cukup jelas ya mengenai tips menanam sayuran organik di rumah. Apakah kamu tertarik untuk mencobanya?

 

Featured Image - livingwellbali.com

Source - 99.co


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!