Seiring bertambahnya usia, tidak hanya fisik seperti kulit saja yang mengalami perubahan, tetapi organ- organ di dalam tubuh pun ikut menua. Sistem di dalam tubuh pun pasti tidak berjalan seefektif ketika usia masih muda dan kondisi badan masih bugar. Dan salah satu masalah yang sering timbul saat usia bertambah, yaitu berkurangnya sistem ketahanan tubuh.

Hal ini sering kali membuat seseorang mudah merasa lelah, bahkan mudah terserang penyakit. Oleh karena itu, sediakan bekal sedini mungkin agar sistem imun tetap terjaga kualitasnya di usia tua nanti.

Lebih Waspada Setelah di Usia 40 Tahun

Credit: Liputan6

Menurut ahli, sistem imun seseorang bisa saja menurun lebih cepat dari semestinya. Dan tentunya hal ini disebabkan oleh berbagai macam faktor. Contohnya ketika seseorang berada di usia 40 tahun ke atas, sistem kekebalan tubuh yang menua semakin tidak mampu untuk menangkal penyakit baru dan hanya mampu bertahan dari penyakit yang sudah menyerang.

Bahkan setelah usia mencapai 65 tahun, seseorang tidak mempunyai berbagai jenis sel yang dibutuhkan untuk melawan infeksi baru, sebab kualitas sel yang dimilikinya telah menurun.

Sel di sini contohnya adalah naive T-Cell, yaitu kelompok sel kekebalan. Biasanya sel ini akan berkeliling dan memberi peringatan ketika mereka menemukan infeksi. Namun, ketika sel telah menua, naive T-Cell yang akan terbentuk semakin sedikit.

Hal ini disebabkan karena kelenjar kecil di belakang tulang dada (thymus) tempat mereka berkembang, telah menyusut. Dan inilah yang membuat  berkurangnya sistem ketahanan tubuh.

Hindari Faktor yang Menurunkan Sistem Imun

Agar sistem imun tubuhmu tetap terjaga kualitasnya, cobalah untuk menghindari empat kondisi di bawah ini.

1. Enggak Aktif Secara Fisik

Credit: Topmedia

Malas berolahraga merupakan salah satu faktor utama timbulnya berbagai masalah kesehatan. Terlalu banyak duduk dan malas berolahraga bisa memengaruhi kemampuan tubuh untuk melawan infeksi. Dan gaya hidup seperti ini dapat menyebabkan terganggunya sistem imun, peradangan, dan penyakit kronis lainnya.

2. Kesepian

Credit: Jawapos

Kesepian tidak hanya berdampak negatif bagi mental, tetapi juga bisa merusak sistem kekebalan tubuh. Dalam salah satu penelitian ditemukan bahwa peningkatan kecemasan yang berhubungan dengan kesepian dapat menyebabkan tekanan pada sistem kekebalan tubuh dan kerusakan tubuh yang disebabkan oleh radikal bebas.

3. Stress Berkepanjangan

Credit: Tribunnews

Sama halnya dengan kesepian, stress juga bisa menimbulkan banyak masalah kesehatan. Stress jangka panjang bisa melemahkan respon kekebalan tubuh seseorang.

4. Nikotin

Credit: Qraved.com

Nikotin merupakan salah satu hal yang dapat mempengaruhi sistem kekebalan tubuh. Nikotin bisa meningkatkan kadar kortisol (hormon stres) yang mengurangi pembentukan antibodi.

 

Featured Image - Woman Talk