Di zaman serba teknologi yang makin canggih, memang segala aspek kehidupan dapat makin dipermudah. Itu sisi positifnya. Tapi sayangnya, hal ini pun dapat menyebabkan kecanduan gadget. Termasuk pada anak- anak.

Mungkin, sebagian besar orangtua sedang menghadapi masalah ini, ya? Meski sulit untuk melepas si kecil dari gadget, tapi kamu tak boleh membiarkan hal ini terus terjadi. Pasalnya, kecanduan gadget dapat memberi dampak negatif pada anak, seperti mengganggu kesehatannya. Mulai dari fisik, hingga kesehatan mental.

Meski, teknologi memiliki peran penting dalam membantu proses perkembangan anak, tapi orangtua wajib membatasi penggunaannya, lho.

Lalu, bagaimana dengan anak yang sudah terlanjur mengalami kecanduan gadget? Tenang! Tak perlu terlalu khawatir, ya. Berikut ini ada 5 tips yang bisa kamu terapkan untuk mengatasi kecanduan gadget pada anak.

Apa saja tips tersebut? Berikut ulasan lengkapnya.

 

 

 

5 Tips Mengatasi Kecanduan Gadget Pada Anak

Anak Kecanduan Gadget? Atasi Dengan 5 Cara Ini / Credit: parentlane.com

Beri Jadwal Penggunaan Gadget

Langkah pertama, ada baiknya kamu memberi jadwal penggunaan gadget pada anak. Beri ia waktu kapan bisa menggunakan gadget. Misal, batasi penggunaannya tidak lebih dari satu sampai dua jam. Hal ini juga menghindari timbulnya rasa lelah dan kerusakan pada mata anak.

Untuk anak tidak jenuh, kamu bisa ajak ia untuk memasak bersama, atau membuat kerajinan tangan.

 

Hindari Memberi Akses Penuh Pada Anak

Kebanyakan orangtua justru memberikan gadget pribadi untuk anak. Hal ini dapat mengakibatkan anak kecanduan gadget, lho.

Jadi, sebaiknya hindari memberi akses gadget secara penuh pada anak. Tunggulah sampai ia meminta, dan ambil kembali gadget dari anak ketika waktu penggunaannya sudah selesai.

 

Anak Kecanduan Gadget? Atasi Dengan 5 Cara Ini / Credit: majalahteratai.korbrimob.id

Tetapkan Wilayah Bebas Gadget

Kecanduan gadget pada anak juga dapat diatasi dengan menetapkan wilayah bebas gadget di rumah. Misalnya, anak tidak boleh bermain gadget ketika berada di ruang makan, ruang keluarga, atau kamar tidur.

Yang perlu kamu ingat – orangtua mesti menerapkan aturan tersebut sebagai contoh yang dilihat anak. Pasalnya, anak lebih mudah menirukan apa yang dilakukan oleh orangtua.

 

Beri Tahu Bahaya Penggunaan Gadget Berlebih

Tak ada salahnya kalau kamu ingin memberi tahu anak mengenai dampak penggunaan gadget secara berlebihan.

Jelaskan padanya bahwa kecanduan gadget dapat meningkatkan terjadikan risiko sakit mata. Selain itu, kamu juga bisa beri tahu si kecil bahwa menggunakan gadget secara berlebihan dapat menjadi tempat yang berbahaya, terlebih jika anak bermain media sosial.

 

Anak Kecanduan Gadget? Atasi Dengan 5 Cara Ini / Credit: childrens.com

Ajak Anak Bermain

Agar anak bisa teralihkan dan tidak terus menatap layar gadget,  kamu bisa mengajaknya bermain atau melakukan sejumlah kegiatan menarik lainnya. Ketika anak sudah asyik bermain, ini dapat membuatnya jadi lupa dengan gadget.

 

 

 

Wah, bagaimana nih? Sekarang kamu sudah tahu ya sejumlah tips yang bisa dilakukan untuk mengatasi kecanduan gadget pada anak. Jangan lupa, orangtua pun tak boleh sibuk dengan gadget, terutama saat bersama anak. Berikan ia contoh yang baik, sehingga anak pun dapat menirunya.

 

Featured Image - todaysparent.com