Seperti yang sudah diketahui, sistem kekebalan tubuh pada bayi belum terbentuk sempurna. Kondisi inilah yang menyebabkan bayi mudah terserang penyakit baik itu infeksi dari bakteri, virus, maupun jamur.

Tanpa kamu sadari, sebenarnya sumber virus ada di sekitar bayi. Berbagai hal yang terlihat aman bisa menyimpan risiko penularan kuman penyakit pada bayi. Misalnya seperti hal- hal berikut ini:

1. Perlengkapan dan mainan bayi

Credit: Hellosehat

Perlengkapan dan mainan bayi mulai dari botol susu, dot, selimut, baju, peralatan makan, hingga mainan yang menemani si kecil setiap hari merupakan salah satu sumber kuman yang ada di sekitar bayi.

Contohnya, pertumbuhan bakteri pada botol susu bayi. Susu yang ada pada botol tidak dapat bertahan lama dan bisa menjadi sarang bagi bakteri untuk berkembang. Jika botol susu tidak dicuci dengan bersih, bakteri yang masih menempel bisa bercampur dengan susu yang baru dan masuk ke tubuh si kecil ketika diminum.

Sama halnya jika kamu tidak mencuci mainan, baju, selimut bayi dengan bersih dan menyimpannya secara asal. Bakteri tidak hilang sepenuhnya sehingga bisa menempel di kulit bayi dan masuk ke dalam tubuhnya.

2. Binatang peliharaan di rumah

Credit: Merdeka

Binatang peliharaan yang bergerak ke sana kemari dapat terpapar kuman dari berbagai tempat. Saat ia mendekat, menempel, bahkan menjilat mainan maupun kulit si kecil, kuman akan langsung berpindah.

Pada beberapa kasus, binatang berbulu juga memiliki tungau kudis. Meski tidak menyebabkan kudis pada bayi, reaksi gatal dan iritasi kulit bisa terjadi jika bayi terpapar tungau tersebut.

3. Anggota keluarga atau tamu yang berkunjung

Credit: Hipwee

Setiap hari kamu melakukan berbagai aktivitas dan menyentuh banyak hal. Hal ini menyebabkan kuman mudah berpindah dan bisa menempel pada pakaian serta kulit tanpa kamu sadari. Dan biasanya penularan kuman terjadi ketika kamu memeluk, menggendong, mencium, dan menyentuh si kecil tanpa cuci tangan atau mandi dulu sebelumnya.

Begitu juga dengan kerabat atau keluarga yang datang berkunjung untuk menengok bayi. Bila mereka belum cuci tangan, bayi jadi rentan terpapar kuman.

Cara melindungi bayi dari sumber kuman

Credit: Popmama

Supaya si kecil bebas dari penyakit, kamu bisa melakukan beberapa hal berikut ini:

  • Cuci tangan sebeum bermain dengan si kecil. Kuman yang menempel di kulit, terutama tangan, akan hilang jika kamu mencuci tangan.
  • Perhatikan kebersihan hewan peiharaan. Supaya kuman tidak menempel di bulu binatang peliharaan, kamu harus rajin memandikannya. Bia perlu, minta bantuan dokter hewan atau jasa perawatan hewan supaya kebersihan dan kesehatan hewan selalu terjaga.
  • Bersihkan perengkapan dan mainan bayi dengan benar. Kamu harus mencuci perengkapan, seperti selimut, sarung bantal, pakaian, dan mainan bayi hingga bersih. Gunakan cairan antiseptik untuk membersihkan perlengkapan dan mainan bayi tersebut untuk melindungi bayi dari bakteri. Lalu simpan di tempat yang kering dan tertutup.
  • Minta tamu atau pengasuh bayi untuk menjaga kebersihan. Terutama saat mereka sedang berada di dekat bayi atau saat mengurus bayi.

Featured Image - Alo Dokter