Selain Pandemi, DBD Juga Mengintai. Berikut 6 Cara Mencegah yang Efektif

Selain Pandemi, DBD Juga Mengintai. Berikut 6 Cara Mencegah yang Efektif

font size A Ǎ

Pandemi Covid-19 belum kunjung usai. Sudah lebih dari enam bulan lamanya, tapi angka kasus positif masih terus terjadi, bahkan tak jarang di beberapa negara, angka tersebut kian meningkat. Tentu, ini menjadi suatu kekhawatiran tersendiri bagi masyarakat.

Belum lagi – sekarang sudah memasuki musim hujan, ancaman penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) pun datang. Penyakit demam berdarah, tidak boleh disepelekan ya. Pasalnya, ada berbagai dampak risiko gangguan kesehatan yang terjadi, hingga kematian.

Dilansir dari Merdeka.com, berdasarkan data yang diperoleh dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) tercatat 254 orang meninggal dunia akibat Demam Berdarah Dengue, sejak awal tahun 2020. Provinsi Jawa Barat dan Nusa Tenggara Timur – merupakan dua provinsi dengan jumlah pasien DBD tertinggi.

Mengacu dari data tersebut – membuat setiap orang mesti melakukan langkah pencegahan Demam Berdarah Dengue. Yang paling terkenal, mungkin melakukan 3M – menguras, mengutup, dan mengubur.

Tetapi, masih ada langkah pencegahan lainnya yang mesti dilakukan, agar perlindungan semakin efektif. Apa saja langkah pencegahan tersebut?

Berikut ini ulasannya.

 

 

 

Langkah Pencegahan Demam Berdarah Selama Musim Hujan

Selain Pandemi, DBD Juga Mengintai. Berikut 6 Cara Mencegah yang Efektif

Selain Pandemi, DBD Juga Mengintai. Berikut 6 Cara Mencegah yang Efektif / Credit: hipwee.com

Menguras Bak Penampungan Air

Yang pertama, kuras bak penampungan air atau bak mandi secara rutin. Langkah ini dapat mencegah nyamuk bertelur di dinding bak yang berisi air. Sehingga, risiko DBD pun bisa diminimalisir.

Dianjurkan, untuk menguras bak mandi paling tidak seminggu sekali. Ingat – lakukan cara ini dengan rutin, ya.

 

Gunakan Kelambu

Berikutnya, kamu dapat memasang kelambu di kamar tidur. kelambu dapat berfungsi untuk menghalau nyamuk dari luar. Jadi, jika kamu memiliki kelambu di sekitar tempat tidur, maka benda tersebut bisa menghindarimu dari gigitan nyamuk.

Cara memasangnya cukup mudah, kok. Kamu hanya perlu mengaitkan kelambu pada langit- langit di sekitar tempat tidur kamu.

 

Selain Pandemi, DBD Juga Mengintai. Berikut 6 Cara Mencegah yang Efektif

Selain Pandemi, DBD Juga Mengintai. Berikut 6 Cara Mencegah yang Efektif / Credit: greengoldlandscapinginc.com

Membersihkan Pekarangan Rumah

Pekarangan rumah yang jarang dibersihkan dan terdapat genangan air bisa menjadi tempat berkembang biaknya nyamuk, termasuk Aedes Aegypti dan Aedes Albopictus penyebab DBD.

Untuk itu, membersihkan pekarangan rumah secara rutin sangat dianjurkan. Kamu dapat memangkas rerumputan dan semak belukar yang tumbuh di depan rumahmu. Tempat- tempat tersebut kerap digunakan nyamuk untuk berkembang biak.

 

Gunakan Pakaian Tertutup

Kamu dapat mencegah Demam Berdarah Dengue dengan menggunakan pakaian panjang yang menutupi kulit. Terlebih, di malam hari ketika nyamuk mulai berjeliaran. Hal ini bisa kamu lakukan di rumah maupun ketika ke luar rumah, ya.

Dilansir dari Healthline, agar lebih maksimal, semprotkan obat permethrin pada celana, sepatu, dan pakaian sebelum beraktivitas. Semprotan tersebut dapat mencegah gigitan nyamuk.

 

Selain Pandemi, DBD Juga Mengintai. Berikut 6 Cara Mencegah yang Efektif

Selain Pandemi, DBD Juga Mengintai. Berikut 6 Cara Mencegah yang Efektif / Credit: klikdokter.com

Fogging

Langkah pencegahan yang paling sering dilakukan masyarakat, ialah fogging. Dengan menyemprotkan obat anti-nyamuk di luar dan di dalam rumah, dapat membantu nyamuk berkembang biak.

 

Tanaman Anti-Nyamuk

Yang terakhir, kamu dapat menanam tanaman anti-nyamuk di rumah. Misalnya, bunga lavender, daun peppermint, dan bunga geranium. Sejumlah tanaman tersebut tidak disukai nyak, jadi hal ini bida mengurangi risiko Demam Berdarah Dengue, ya.

 

 

Di Musim Hujan, Tetap Jaga Daya Tahan Tubuh Kamu

Selain Pandemi, DBD Juga Mengintai. Berikut 6 Cara Mencegah yang Efektif

Selain Pandemi, DBD Juga Mengintai. Berikut 6 Cara Mencegah yang Efektif / Credit: gasparinutrition.com

Terlepas dari sejumlah langkah pencegahan DBD di musim hujan, kamu mesti turut menjaga daya tahan tubuh, sehingga kamu tetap sehat dan tidak mudah terpapar berbagai macam virus, bakteri, dan kuman penyebab penyakit.

Untuk itu, kamu disarankan menjalani pola hidup sehat – meliputi mengonsumsi makanan bergizi seimbang, cukupi kebutuhan cairan tubuh, istirahat yang cukup, rutin berolahraga, kelola stres dengan baik, dan optimalkan dengan mengonsumsi multivitamin.

Kamu dianjurkan untuk mengonsumsi multivitamin yang mengandung vitamin C dan vitamin B kompleks, seperti Enervon-C, lho.

Enervon-C merupakan multivitamin yang mengandung Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, dan Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat yang dapat bantu jaga daya tahan tubuhmu, biar tidak mudah sakit.

Selain itu, kandungan vitamin B kompleks dalam Enervon-C – dapat optimalkan proses metabolisme, sehingga tubuh dapat energi yang lebih tahan lama.

 

Wah, bagaimana nih? Berdasarkan penjelasan di atas, kamu mesti perlu menerapkan sejumlah langkah pencegahan tersebut ya, agar tetap terhindar dari risiko Demam Berdarah Dengue!

 

Featured Image - lebonheur.org


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!