Selama Di Rumah, Berapa Waktu Anak Belajar yang Ideal?

Selama Di Rumah, Berapa Waktu Anak Belajar yang Ideal?

font size A Ǎ

Sejak pandemi Covid-19 terjadi di Indonesia, sejumlah sekolah pun mengambil kebijakan school from home bagi seluruh murid- muridnya. Artinya, anak mesti belajar di rumah saja, yang merupakan bentuk dari physical distancing untuk mengurangi penyebaran dan penularan virus.

Mungkin, kebijakan ini terdengar menyenangkan, tetapi school from home justru menjadi tantangan tersendiri bagi orangtua. Pasalnya, orangtua pun bekerja dari rumah, dan mesti sembari mengawasi anak belajar secara online.

Belum lagi, ketika si kecil ogah untuk belajar dan merasa bosan. Tentu, hal ini dapat membuat kepala semakin pusing ya, parents? Untuk mengatasinya, kamu bisa mengajak anak belajar sambil bermain, lho.

Yang penting – pastikan anak tetap belajar dengan maksimal, tapi tak perlu sampai berlebihan, ya. Karena, belajar secara berlebihan justru dapat tidak efektif dan nantinya dapat menjadi boomerang bagi si kecil.

Begitu pula sebaliknya, waktu anak belajar kurang, ini bisa mengakibatkan anak jadi ketinggalan berbagai pelajaran baru dan kesulitan untuk mengejarnya.

Ini artinya, kamu mesti mengetahui secara pasti berapa lama idealnya waktu anak belajar selama di rumah saja.

 

 

 

Diawali Dengan Bangun Rutinitas

Selama Di Rumah, Berapa Waktu Anak Belajar yang Ideal?

Selama Di Rumah, Berapa Waktu Anak Belajar yang Ideal? / Credit: today.com

Dilansir dari Kumparan, menurut Alzena Masykouri, MPsi, Psi, seorang psikolog dari Sentra Tumbuh Kembang Anak Kancil, ketika berbicara soal waktu ideal untuk anak belajar, bisa dimulai dengan membuat kebiasaan atau rutinitas di rumah.

Rutinitas tersebut tak hanya dilakukan oleh anak saja, lho. Tetapi, orangtua pun harus mengikuti rutinitas yang sudah disepakati. Artinya, baik orangtua maupun anak mesti sama- sama belajar. Tidak hanya mengenai pelajaran sekolah saja, tapi belajar hal- hal baru yang belum diketahui.

Membangun rutinitas – dapat membuat suasana belajar lebih kondusif dan membuat si kecil merasa memiliki dukungan penuh dari orangtua.

Sementara, waktu anak belajar yang paling baik adalah ketika anak secara fisik dan mental siap untuk belajar. Pastikan ia sudah makan, badan dalam keadaan segar, rileks, dan memiliki suasana yang mendukung untuk belajar.

 

Waktu Ideal Anak Belajar Di Rumah

Selama Di Rumah, Berapa Waktu Anak Belajar yang Ideal?

Selama Di Rumah, Berapa Waktu Anak Belajar yang Ideal? / Credit: smartparenting.com.ph

Contoh mudahnya, ketika kamu dan keluarga biasa makan makan sekitar pukul 18.00 atau 19.00, maka waktu belajar bisa dimulai pukul 19.30. Begitu memasuki waktu yang sudah ditentukan tersebut, maka orangtua dan anak harus berada di ruang belajar untuk membaca, mengerjakan tugas, atau berdiskusi.

Untuk anak berusia 6-8 tahun, kamu dapat menetapkan waktu belajar setiap hari paling tidak 30 menit. Sesi belajar tersebut bisa dibagi menjadi 10 menit untuk sesi pertama, jeda maksimal 3 menit, kemudian lanjut lagi sesi kedua, dan begitu seterusnya.

Sementara, untuk anak berusia di atas 8 tahun – umumnya memiliki tingkat fokus yang lebih lama, jadi belajar bisa dilakukan 15 menit setiap sesinya. Ini dilakukan dengan waktu belajar maksimal satu jam, ya.

 

 

 

Hal Lain yang Mesti Diperhatikan

Selama Di Rumah, Berapa Waktu Anak Belajar yang Ideal?

Selama Di Rumah, Berapa Waktu Anak Belajar yang Ideal? / Credit: parents.com

Beberapa hal lain yang perlu kamu perhatikan ketika anak belajar, yaitu kondisinya. Lihat, apakah ia memerlukan ruangan terpisah yang minim gangguan, dan lain sebagainya.

Tetapi, jika anak belajar di ruangan sendiri, bukan berarti orangtua bebas melakukan kegiatan lain yang mungkin menganggu proses belajar si kecil, lho. Tetapi, usahakan kamu tetap menghabiskan waktu dengan membaca, atau melakukan kegiatan bermanfaat lainnya.

 

Optimalkan Tumbuh Kembang Anak

Selama Di Rumah, Berapa Waktu Anak Belajar yang Ideal?

Selama Di Rumah, Berapa Waktu Anak Belajar yang Ideal? / Credit: hellodoctor.com.ph

Berkaitan dengan waktu ideal untuk anak belajar – tentu kamu perlu mendukungnya, terlebih hal ini pun akan berperan dalam tumbuh kembang si kecil.

Untuk mengoptimalkannya, kamu dapat melakukan sejumlah hal berikut ini:

  • Penuhi kebutuhan nutrisi anak sehari- hari. Pastikan ia mendapat makanan bergizi seimbang, yang kaya akan sejumlah vitamin dan mineral penting, seperti vitamin A, vitamin B, vitamin Cvitamin D, asam folat, zinc, kalsium, selenium, omega 3, dan omega 6.
  • Perhatikan asupan cairan anak. Jangan sampai si kecil mengalami dehidrasi.
  • Berikan ia camilan sehat seperti buah – kamu bisa mengolahnya dalam bentuk jus.
  • Beri multivitamin khusus anak untuk optimalkan pertumbuhannya.

Berkaitan dengan multivitamin anak – kamu bisa berikan multivitamin sirup yang mengandung sejumlah vitamin penting, seperti Enervon-C Plus Sirup.

Enervon-C Plus Sirup memiliki kandungan vitamin lengkap untuk si kecil. Yaitu, Vitamin A, Vitamin B Kompleks, Vitamin C, Vitamin D, Niacinamide, dan Panthenol.

Sejumlah vitamin tersebut, dapat membantu anak tetap aktif di masa pertumbuhannya, meningkatkan nafsu makan, membantu pembentukan tulang dan gigi, serta bantu pelihara daya tahan tubuhnya biar tidak mudah sakit.

 

 

 

Wah, bagaimana nih? Sekarang kamu sudah memahami ya waktu ideal untuk anak belajar, sekaligus cara untuk mengoptimalkannya. Selamat mencoba!

 

Featured Image - understood.org


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!