Musim Pancaroba, Kenali Gejala Dehidrasi Agar Kesehatan Tetap Prima

Musim Pancaroba, Kenali Gejala Dehidrasi Agar Kesehatan Tetap Prima

font size A Ǎ

Mencukupi cairan tubuh sehari- hari merupakan salah satu poin penting yang mesti diperhatikan. Pasalnya, cairan tubuh pun ikut memengaruhi sistem kekebalan tubuh seseorang. Cairan tubuh yang tercukupi membuat tubuh jadi lebih sehat.

Mengingat, sekarang memasuki musim pancaroba, ditambah dengan pandemi Covid-19 – kamu dianjurkan untuk memastikan tubuh tidak mengalami dehidrasi. Tapi, tidak hanya selama pancaroba saja, namun kebutuhan cairan tubuh mesti dipenuhi, baik di musim panas, atau musim hujan.

Dehidrasi atau kekurangan cairan, terjadi ketika tubuh kehilangan lebih banyak cairan, ketimbang cairan yamg masuk. Artinya, tubuh tidak memiliki cukup asupan air dan cairan lain untuk menjalani fungsi normalnya.

Sebagian besar orang mungkin menganggap bahwa rasa haus merupakan tanda awal tubuh kekurangan cairan. Tapi, ternyata hal ini justru salah. Terutama bagi orang dewasa yang lebih tua, kerap kali mereka tidak merasa haus padahal sudah dehidrasi.

Lalu, sebenarnya apa saja gejala dehidrasi yang mesti diwaspadai? Dan berapa kebutuhan air per harinya agar dehidrasi bisa dihindari?

Berikut ulasan lengkapnya.

 

 

 

Gejala Dehidrasi

Musim Pancaroba, Kenali Gejala Dehidrasi Agar Kesehatan Tetap Prima

Musim Pancaroba, Kenali Gejala Dehidrasi Agar Kesehatan Tetap Prima / Credit; allure.com

Tidak selalu merasa haus, tanda dan gejala dehidrasi dapat berbeda tergantung usia. Pada bayi atau anak- anak, gejala dehidrasi bisa berupa mulut dan lidah kering, tidak ada air mata saat menangis, mata dan pipi cekung, serta terlihat lesu.

Sementara, pada orang dewasa, dehidrasi ditandai dengan rasa haus yang ekstrem, jarang buang air kecil, urin berwarna gelap, merasa lelah, pusing, dan mudah bingung.

Pada kasus yang lebih parah – dehidrasi akan menimbulkan gejala tubuh menggigil. Hal ini disampaikan oleh Dokter Spesialis Kedokteran Olahraga di Bluetail Medical Group di Flora, Luga Podesta. Kondisi ini terjadi karena tubuh sudah membatasi aliran darah dalam kulit.

Air memiliki sifat menahan panas, jadi jika tubuh terhidrasi dengan baik, maka tidak akan mudah merasa dingin. Bahkan, ketika berada di lingkungan yang dingin sekalipun.

 

Kebutuhan Air Per Hari

Musim Pancaroba, Kenali Gejala Dehidrasi Agar Kesehatan Tetap Prima

Musim Pancaroba, Kenali Gejala Dehidrasi Agar Kesehatan Tetap Prima / Credit: timesofindia.indiatimes.com

Agar terhindar dari dehidrasi, kamu dianjurkan untuk minum air putih delapan gelas setiap hari. Namun, jumlah asupan cairan bisa lebih dari itu, jika kamu melakukan banyak aktivitas fisik.

Selain menjaga tubuh tetap terhidrasi, menjaga kesehatan tubuh dapat dilakukan dengan istirahat yang cukup setiap malam. Dianjurkan, untuk tidur selama 6 sampai 8 jam per hari. Ketika tubuh terlalu sering begadang, risiko timbulnya masalah hati dapat terjadi. Karena, pada malam hari organ hati akan melakukan detoksifikasi tubuh.

Lalu, pastikan kamu melakukan aktivitas fisik secara rutin. Lakukan olahraga dengan intensitas ringan hingga sedang. Lakukan pekerjaan yang dapat menambah semangat, kelola stres dengan baik sehingga suasana hati tetap terjaga, dan cukupi asupan makanan sehat.

Agar semakin maksimal, kamu dapat konsumsi multivitamin yang mengandung vitamin C dan vitamin B kompleks, seperti Enervon-C.

Kombinasi kedua kandungan yang ada dalam Enervon-C tersebut, dapat membantu jaga daya tahan tubuh, sehingga tidak mudah sakit. Sekaligus, mengoptimalkan proses metabolisme – yang berperan dalam mengolah makanan jadi energi.

 

 

 

Featured Image - tyentusa.com

Source - cnnindonesia.com


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!