7 Manfaat Senam Aerobik Untuk Kesehatan. Bisa Turunkan Berat Badan!

7 Manfaat Senam Aerobik Untuk Kesehatan. Bisa Turunkan Berat Badan!

font size A Ǎ

Sebagian dari kamu mungkin sudah familiar dengan olahraga senam aerobik. Ya, olahraga yang fokus untuk meningkatkan fungsi jantung dan pernapasan ini kerap jadi aktivitas fisik pilihan banyak orang. Senam aerobik – atau bisa disebut kardio – meliputi sejumlah olahraga, di antaranya jogging, berenang, bahkan kickboxing, lho.

Apakah kamu termasuk yang melakukan salah satu olahraga tersebut? Jika iya, ada sejumlah manfaat baik yang bakal kamu peroleh dengan rutin melakukan olahraga senam aerobik, nih. Tidak hanya untuk fungsi jantung dan pernapasan saja, ya.

Tetapi, senam aerobik memiliki manfaat baik lainnya untuk kesehatan tubuhmu secara keseluruhan. Penasaran apa saja sebenarnya manfaat tersebut?

Yuk, simak langsung ulasannya berikut ini.

 

 

 

7 Manfaat Baik Olahraga Senam Aerobik

7 Manfaat Senam Aerobik Untuk Kesehatan. Bisa Turunkan Berat Badan!

7 Manfaat Senam Aerobik Untuk Kesehatan. Bisa Turunkan Berat Badan! / Credit: kulinerankuy.com

Membakar Kalori

Manfaat senam aerobik yang pasti membuat banyak orang semakin minat untuk melakukannya, yaitu dapat membantu bakar kalori tubuh. Sudah pasti, senam aerobik cocok untuk kamu yang sedang diet atau menjaga berat badan tetap stabil.

Agar semakin optimal, kamu dianjurkan untuk mengimbanginya dengan mengonsumsi makanan sehat yang rendah kalori.

 

Memelihara Kesehatan Jantung

Rutin melakukan senam aerobik dapat membuat jantung lebih sehat, sehingga dapat memompa darah lebih efisien ke seluruh tubuh. Olahraga ini juga dapat bantu menurunkan kadar kolesterol jahat dan meningkatkan kadar kolesterol baik dalam darah.

 

7 Manfaat Senam Aerobik Untuk Kesehatan. Bisa Turunkan Berat Badan!

7 Manfaat Senam Aerobik Untuk Kesehatan. Bisa Turunkan Berat Badan! / Credit: lifehack.org

Meningkatkan Stamina dan Energi

Tahukah kamu kalau senam aerobik dapat meningkatkan stamina dan energi tubuh? Ya, meski diawal olahraga kamu mungkin merasa lelah, tapi jika dilakukan secara rutin, stamina dan energi justru dapat meningkat, lho.

Selain itu, kekuatan jantung, paru- paru, tulang, dan otot juga akan meningkat seiring berjalannya waktu.

Biar energi dapat tetap terjaga, kamu bisa bantu dengan mengonsumsi multivitamin yang mengandung vitamin B kompleks, nih. Kamu direkomendasikan untuk minum Enervon-C secara rutin.

Enervon-C merupakan multivitamin yang mengandung Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, dan Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat – yang dapat membantu jaga daya tahan tubuhmu biar tidak mudah sakit.

Dan, Enervon-C dapat mengoptimalkan proses metabolsime, sehingga tubuh memiliki energi yang lebih tahan lama. Nah, kalau manfaat yang ini sudah pasti berkat kandungan vitamin B kompleks.

Nah, kamu bisa mengonsumsi Enervon-C tablet, maupun Enervon-C Effervescent yang mengandung Vitamin C 1000 mg dan mampu memberi efek menyegarkan!

 

Mengontrol Kadar Gula Darah

Olahraga rutin – termasuk melakukan senam aerobik – dapat membuat kadar insulin dalam tubuh lebih teratur dan stabil. Dalam kata lain, hal ini mampu membuat kadar gula juga ikut terkontrol.

 

Menurunkan Tekanan Darah

Mungkin banyak yang baru tahu bahwa senam aerobik dapat bantu menurunkan tekanan darah. Ini terjadi karena gerakan senam aerobik yang turut melatih jantung. Sehingga, olahraga ini bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah dan mengurangi gejala hipertensi.

 

7 Manfaat Senam Aerobik Untuk Kesehatan. Bisa Turunkan Berat Badan!

7 Manfaat Senam Aerobik Untuk Kesehatan. Bisa Turunkan Berat Badan! / Credit: openfit.com

Tidur Lebih Nyeyak

Apakah kamu memiliki kesulitan tidur? Rutin melakukan senam aerobik bisa jadi salah satu solusinya! Melakukan latihan kardio dapat membuatmu tidur lebih nyenyak di malam hari.

Tetapi, kamu harus ingat nih, hindari berolahraga terlalu dekat dengan jam tidur. Paling tidak, kamu berolahraga dua jam sebelum waktu tidur.

 

Meningkatkan Mood

Selain dapat menjaga kesehatan fisik, senam aerobik dapat membantu menjaga kesehatan mental – salah satunya dengan meningkatkan suasana hati.

Bahkan, jika rutin dilakukan, senam aerobik dapat membantu meringankan gejala depresi, mengurangi rasa tegang, dan mengurangi gangguan kecemasan. Senam aerobik pun dapat membuatmu merasa lebih rileks.

 

 

 

Wah, bagaimana nih? Sudah cukup jelas ya mengenai manfaat senam aerobik yang bisa kamu peroleh. Biar hasilnya makin maksimal, imbangi dengan pola hidup yang sehat ya!

 

Featured Image - wellness-trends.com


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!