Selama pandemi Covid-19, masyarakat diimbau untuk tetap berada di rumah saja. Artinya, mau tidak mau, sebagian besar kegiatan pun dilakukan di dalam rumah. Langkah ini cukup efektif dalam penerapan physical distancing, sehingga penularan virus pun dapat dihindari.

Selama di rumah saja, rasa bosan pun kian menyerang. Untuk mengatasinya, banyak orang mencoba memelihara tanaman hias – salah satunya.

Meski terdengar mudah, tetapi merawat tanaman ternyata cukup tricky, lho. Terlebih dalam hal menyiram tanaman. Jika salah, alih- alih makin tumbuh subur, tanaman justru dapat layu dan akhirnya mati!

Tentu, kamu tidak ingin hal tersebut terjadi pada tanaman kesayanganmu di rumah, kan?

Baik itu di siang atau sore hari, kamu mungkin sering merasa bingung dalam menentukan sebenarnya kapan waktu yang tepat untuk menyiram tanaman. Tapi tenang! Berikut ini ada tips yang bisa kamu ikuti dalam hal menyiram tanaman.

Simak ulasannya di bawah ini, ya.

 

 

 

Waktu Tepat Menyiram Tanaman

Tren Berkebun Selama Pandemi, Kapan Waktu yang Tepat Untuk Menyiram Tanaman? / Credit: thespruce.com

Menyiram Tanaman di Pagi Hari

Kamu bisa menyirami tanamanmu di pagi hari, terutama ketika udara masih sejuk. Ini dapat memungkinkan air mengalir ke tanah dan mencapai akar tanaman tanpa harus membuat air hilang akibat menguap ke udara.

Jika kamu ingin menyiram tanaman di pagi hari – tanaman jadi memiliki ‘simpanan’ air sepanjang hari. Jadi, ketika tanaman terkena sinar matahari, ia mampu menghadapi hawa panas dengan lebih baik.

Lalu, bagaimana dengan informasi yang mengatakan bahwa menyiram tanaman di pagi hari dapat membuat tanaman rentan hangus? Hal ini tidaklah benar, ya! Karena, mustahil paparan sinar matahari dapat menghanguskan tanaman.

Bahkan, tanaman yang tumbuh di daerah sangat tinggi paparan sinar matahari sekali pun, tetesan air akan menguap dahulu sebelum dapat menghanguskan tanaman.

 

Menyiram Tanaman di Sore Hari

Tren Berkebun Selama Pandemi, Kapan Waktu yang Tepat Untuk Menyiram Tanaman? / Credit: flokq.com

Bagaimana dengan kamu yang hanya sempat menyirami tanaman di sore hari? Tak perlu khawatir, sore hari juga merupakan waktu yang baik, kok.

Kalau kamu memilih waktu ini, pastikan kamu menyiram tanaman ketika masih ada cukup sinar matahari yang tersisa – sehingga tanaman bisa kering dengan baik.

Menyiram tanaman di sore hari juga memiliki banyak kelebihan, lho. Yaitu, mengurangi terjadinya penguapan air, sehingga siraman dapat terserap dengan baik oleh tumbuhan. Lagi- lagi, yang penting pastikan daun sudah cukup kering sebelum malam tiba. Mengapa demikian?

Karena daun yang lembap di malam hari dapat memicu masalah, seperti jamur dan embun tepung atau jamur jelaga – kedua hal ini dapat membahayakan pertumbuhan tanaman kamu.

 

 

 

Wah, bagaimana nih? Sekarang kamu sudah tahu ya waktu tepat untuk menyirami tanaman. Baik pagi mau pun sore hari, kamu bisa sesuaikan dengan kegiatanmu. Kedua waktu tersebut sama baiknya kok untuk menyiram tanaman.

Kamu hanya perlu memperhatikan sejumlah tips di atas agar tanaman dapat tumbuh subur dan sehat! Selamat mencoba.

 

Featured Image - wellandgood.com

Source - parentingorami.co.id