Beda Warna Beda Manfaat, Ini 5 Buah dan Sayur Dengan Khasiatnya Untuk Imunitas

Beda Warna Beda Manfaat, Ini 5 Buah dan Sayur Dengan Khasiatnya Untuk Imunitas

font size A Ǎ

Buah dan sayur – siapa yang tak mengenal kedua sumber makanan tersebut? Ya, buah dan sayur merupakan superfood yang memiliki beragam manfaat bagi kesehatan tubuh. Ini termasuk dalam hal menjaga sistem kekebalan tubuh.

Di masa pandemi Covid-19, setiap orang pasti menginginkan kesehatan tubuh yang tetap terjaga, begitu pula dengan sistem kekebalan – yang merupakan perlindungan utama dari paparan virus.

Untuk menjaga kesehatan tubuh, mengonsumsi buah dan sayur adalah salah satu solusinya. Berbagai jenis vitamin terkandung dalam buah dan sayur, di antaranya vitamin A, vitamin B, vitamin C, vitamin D, vitamin E, vitamin K, dan lain sebagainya.

Masing- masing vitamin dalam buah dan sayur pun memiliki peran yang berbeda, misalnya vitamin C berperan untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Sementara, vitamin A baik untuk menjaga kesehatan mata. Dan, vitamin D yang baik untuk kesehatan tulang serta gigi.

Selain vitamin – buah dan sayur kaya akan serat dan mineral yang mampu membantu proses pencernaan tubuh, lho.

Tetapi, setiap sayur dan buah memiliki warna yang berbeda- beda. Tahukah kamu buah dan sayur memiliki manfaat yang berbeda sesuai dengan warnanya masing- masing?

Lalu, apa saja manfaat buah dan sayur sesuai warnanya? Berikut ini ulasan lengkapnya.

 

 

 

Manfaat Buah dan Sayur Sesuai Warna

Warna Oranye dan Kuning

Beda Warna Beda Manfaat, Ini 5 Buah dan Sayur Dengan Khasiatnya Untuk Imunitas

Beda Warna Beda Manfaat, Ini 5 Buah dan Sayur Dengan Khasiatnya Untuk Imunitas / Credit: cleanplates.com

Yang pertama, buah dan sayur bewarna oranye maupun kuning – ini berarti banyak mengandung antioksidan dan betakaroten yang berperan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Lalu, buah dan sayur bewarna ini kaya akan vitamin A yang dapat menjaga kesehatan mata, meningkatkan produksi pigmen retina, dan mengurangi sejumlah masalah kulit yang umum dialami.

Buah dan sayur warna oranye serta kuning – termasuk jeruk, pisang, nanas, jagung, buah pir, mangga, wortel, aprikot, pepaya, dan labu kuning.

 

Warna Hijau

Beda Warna Beda Manfaat, Ini 5 Buah dan Sayur Dengan Khasiatnya Untuk Imunitas

Beda Warna Beda Manfaat, Ini 5 Buah dan Sayur Dengan Khasiatnya Untuk Imunitas / Credit: scientificamerican.com

Bagaimana dengan buah dan sayur yang memiliki warna hijau? Artinya, kedua sumber makanan tersebut kaya akan phytochemical – berupa lutein dan zeaxanthin yang berfungsi untuk menghambat pertumbuhan sel kanker.

Selain itu, buah dan sayur bewarna hijau dapat membantu produksi sel darah merah, menguatkan sel otak, dan meningkatkan daya tahan tubuh.

Buah dan sayur bewarna hijau yang bisa kamu konsumsi, di antaranya kacang polong, paprika, kiwi, bayam, brokoli, sawi, kale, dan apel hijau.

 

Warna Merah

Beda Warna Beda Manfaat, Ini 5 Buah dan Sayur Dengan Khasiatnya Untuk Imunitas

Beda Warna Beda Manfaat, Ini 5 Buah dan Sayur Dengan Khasiatnya Untuk Imunitas / Credit: africaparent.com

Warna merah pada buah dan sayur menandakan bahwa adanya kandungan likopen yang berperan sebagai zat antioksidan, dapat melindungi darah dan serabut otot, melawan penyakit jantung, serta menurunkan risiko beberapa jenis kanker.

Buah dan sayur warna merah juga menandakan bahwa keduanya mengandung vitamin A dan vitamin E yang baik untuk kesehatan tubuh.

Khasiat buah dan sayur warna merah bisa diperoleh dari mengonsumsi apel merah, pepaya, semangka, anggur, ceri, tomat, dan stroberi.

 

Warna Putih

Beda Warna Beda Manfaat, Ini 5 Buah dan Sayur Dengan Khasiatnya Untuk Imunitas

Beda Warna Beda Manfaat, Ini 5 Buah dan Sayur Dengan Khasiatnya Untuk Imunitas / Credit: epicurious.com

Buah dan sayur warna putih dikenal dengan kandungan alicin yang dapat mengontrol kadar kolesterol dan tekanan darah, serta mampu menghambat pertumbuhan sel kanker. Selain itu, buah dan sayur ini kaya akan kandungan vitamin C dan kalsium yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Rasakan manfaat dari buah dan sayur bewarna putih dari kembang kol, buah pir, sirsak, lobak, sawi putih, tauge, bawang putih, dan bawang bombai.

 

Warna Biru dan Ungu

Beda Warna Beda Manfaat, Ini 5 Buah dan Sayur Dengan Khasiatnya Untuk Imunitas

Beda Warna Beda Manfaat, Ini 5 Buah dan Sayur Dengan Khasiatnya Untuk Imunitas / Credit: foodnavigator.com

Meski jarang ditemui, tetapi warna biru dan ungu pada buah maupun sayur menandakan bahwa ada kandungan antosianin dan flavonoin – yang berfungsi sebagai antioksidan untuk meningkatkan daya tahan tubuh, melindungi dari kerusakan sel otak, meningkatkan produksi sel darah merah, anti-radang, dan sumber zat besi.

Buah dan sayur bewarna biru atau ungu – di antaranya blueberry, raspberry, bit, prune, dan terung.

 

Sejumlah buah dan sayur di atas – seluruhnya memiliki peran dan fungsi yang baik untuk kesehatan tubuh, terutama sistem kekebalan. Untuk itu, kamu dianjurkan mengonsumsi buah dan sayur tersebut secara rutin, ya.

Tapi, perlu diimbangi pula dengan pola hidup sehat yang lainnya, lho. Apa saja?

 

 

 

Pola Hidup Sehat Untuk Dukung Daya Tahan Tubuh

Beda Warna Beda Manfaat, Ini 5 Buah dan Sayur Dengan Khasiatnya Untuk Imunitas

Beda Warna Beda Manfaat, Ini 5 Buah dan Sayur Dengan Khasiatnya Untuk Imunitas / Credit: itsmyfavoriteday.com

Mengonsumsi buah dan sayur secara rutin memang dianjurkan, tapi kamu mesti mengimbanginya dengan gaya hidup sehat lainnya, yaitu memenuhi kebutuhan cairan tubuh, rutin berolahraga, istirahat yang cukup, dan kelola stres dengan baik.

Ingin hasil yang lebih maksimal? Kamu direkomendasikan untuk minum multivitamin yang mengandung vitamin C dan vitamin B kompleks, seperti Enervon-C, nih.

Enervon-C merupakan multivitamin dengan sejumlah kandungan yang baik, seperti Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, dan Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantothenat.

Kombinasi vitamin tersebut dapat bantu menjaga daya tahan tubuhmu, biar nggak mudah sakit. Sekaligus, membantu proses metabolisme tubuh agar semakin optimal – khasiat ini berkaitan dengan kandungan vitamin B kompleks yang berperan untuk mengubah energi, ya!

 

Wah, bagaimana nih? Sekarang kamu sudah mengetahui ya berbagai manfaat buah dan sayur berdasarkan warnanya masing- masing? Dari penjelasan di atas, kamu memang dianjurkan untuk mengonsumsi makanan sehat, seperti buah dan sayur.

Dan, jangan lupa terapkan pola hidup sehat lainnya agar kesehatan tetap terjaga – daya tahan tubuh pun makin optimal!

 

Featured Image - blog.myfitnesspal.com


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!