Meski Terlihat Sepele, Tetapi 5 Gejala Demam Berdarah Ini Wajib Diperhatikan

Meski Terlihat Sepele, Tetapi 5 Gejala Demam Berdarah Ini Wajib Diperhatikan

font size A Ǎ

Memasuki musim hujan, berbagai penyakit yang dapat menimbulkan masalah kesehatan bermunculan. Salah satunya, Demam Berdarah Dengue – yang kerap diderita banyak orang selama musim hujan. Tentu, penyakit ini tak boleh disepelekan, karena ada berbagai risiko gangguan kesehatan yang mungkin terjadi.

Meski, gejala dari Demam Berdarah Dengue hampir mirip dengan sejumlah penyakit lainnya – sama menimbulkan demam pada pasien, seperti Covid-19 misalnya – tetapi, kamu mesti memerhatikan lebih detail lagi. Demam Berdarah Dengue memiliki beberapa gejala yang berbeda dari Covid-19, lho.

Penyakit yang disebabkan oleh virus dengue yang dibawa oleh nyamuk Aedes Aegypti ini membutuhkan perhatikan dan penanganan yang serius. Untuk itu, mengetahui gejala yang kerap muncul wajib dipahami.

Namun, apa saja gejala yang kerap dirasakan oleh pasien Demam Berdarah? Berikut ini ulasan lengkapnya.

 

 

 

Gejala Demam Berdarah Dengue yang Wajib Diperhatikan

Meski Terlihat Sepele, Tetapi 5 Gejala Demam Berdarah Ini Wajib Diperhatikan

Meski Terlihat Sepele, Tetapi 5 Gejala Demam Berdarah Ini Wajib Diperhatikan / Credit: klikdokter.com

Suhu Badan Melonjak Drastis

Gejala Demam Berdarah Dengue pertama yang mesti kamu perhatikan, yaitu suhu badan naik secara drastis. Biasanya, demam tinggi akan berlangsung selama tiga hingga empat hari.

Kemudian, pasien akan mengalami penurunan trombosit, karena adanya masalah pada pembuluh darah. Demam – yang merupakan gejala DBD ini dapat mencapai suhu 40 derajat celcius.

 

Sakit Kepala

Setelah demam, gejala lain yang mungkin muncul dan dirasakan oleh pasien Demam Berdarah adalah sakit kepala. Gejala ini umumnya dirasakan pada bagian dahi dan belakang kepala.

 

Meski Terlihat Sepele, Tetapi 5 Gejala Demam Berdarah Ini Wajib Diperhatikan

Meski Terlihat Sepele, Tetapi 5 Gejala Demam Berdarah Ini Wajib Diperhatikan / Credit: halodoc.com

Muncul Ruam

Adanya bercak atau ruam merah pada tubuh merupakan salah satu gejala yang timbul pada awal infeksi Demam Berdarah Dengue. Ruam umumnya muncul pada bagian wajah, leher, dan dada. Kemudian, ruam bisa menyebar ke seluruh tubuh, sekitar 2-5 hari setelah demam.

 

Masalah Pencernaan

Gejala DBD lainnya, yaitu pasien mengalami gangguan pencernaan, seperti merasa mual dan akhirnya muntah- muntah. Selain itu, akan timbul rasa nyeri pada sendi dan otot – yang akhirnya mengakibatkan tubuh mengigil.

 

Tidak Nafsu Makan

Karena gangguan pencernaan yang dirasakan pasien Demam Berdarah Dengue – maka nafsu makan pun ikut menurun. Kurangnya asupan makanan dapat membuat kondisi penyakit lebih parah dan sistem kekebalan tubuh melemah.

 

 

 

Langkah Pencegahan Demam Berdarah Dengue

Meski Terlihat Sepele, Tetapi 5 Gejala Demam Berdarah Ini Wajib Diperhatikan

Meski Terlihat Sepele, Tetapi 5 Gejala Demam Berdarah Ini Wajib Diperhatikan / Credit: sunrisespecialty.com

Lebih baik mencegah daripada mengobati – kalimat ini pun berlaku pada pencegahan penyakit DBD yang mengancam masyarakat. Kamu disarankan untuk melakukan sejumlah langkah pencegahan, di antaranya:

  • Menguras bak penampungan air secara rutin.
  • Gunakan kelambu pada tempat tidur kamu, sehingga gigitan nyamuk dapat dihindari.
  • Bersihkan pekarangan rumah, terlebih jika ada rerumputan dan semak belukar.
  • Gunakan pakaian tertutup agar kulit terlindungi dari gigitan nyamuk.
  • Kamu dapat menanam tanaman anti-nyamuk di rumah, seperti lavender, daun peppermint, dan bunga geranium.
  • Lakukan fogging.

 

 

 

Tetap Jaga Daya Tahan Tubuh Kamu Selama Musim Hujan

Meski Terlihat Sepele, Tetapi 5 Gejala Demam Berdarah Ini Wajib Diperhatikan

Meski Terlihat Sepele, Tetapi 5 Gejala Demam Berdarah Ini Wajib Diperhatikan / Credit: economictimes.indiatimes.com

Terlepas dari sejumlah gejala DBD yang mesti diperhatikan, sekaligus langkah pencegahannya – kamu juga harus menjaga daya tahan tubuh selama musim hujan. Sehingga kamu tetap sehat dan tidak mudah terpapar berbagai macam virus, bakteri, dan kuman penyebab penyakit.

Kamu disarankan untuk menjalani pola hidup sehat, termasuk mengonsumsi makanan bernutrisi dan gizi seimbang, cukupi kebutuhan cairan tubuh, istirahat yang cukup, rutin olahraga, dan kamu bisa optimalkan dengan minum multivitamin setiap hari.

Untuk multivitamin – kamu direkomendasikan mengonsumsi Enervon-C yang mengandung berbagai vitamin baik. Seperti Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, dan Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat yang dapat bantu jaga daya tahan tubuhmu, biar tidak mudah sakit.

Selain itu, kandungan vitamin B kompleks dalam Enervon-C – dapat optimalkan proses metabolisme, sehingga tubuh dapat energi yang lebih tahan lama.

Dan ingat – terapkan pula gaya hidup bersih, seperti rutin cuci tangan serta membersihkan berbagai benda yang ada di rumah. Menjaga kebersihan dapat menghindarimu dari berbagai virus, bakteri, dan kuman berbahaya.

 

Wah bagaimana nih? Dari penjelasan di atas, kamu memang perlu memperhatikan sejumlah gejala Demam Berdarah Dengue dan menerapkan langkah pencegahannya ya, agar kamu dan keluarga tetap aman dari ancaman berbagai penyakit.

 

Featured Image - compassdetox.com


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!