Setiap orang pasti sudah sering mendengar kata “integritas”. Sikap yang satu ini memang penting dimiliki, terutama di dunia kerja. Pasalnya, memiliki integritas yang baik dapat membantu kamu dalam mencapai kesuksesan dan karir yang cemerlang.

Integritas – dapat diartikan sebagai suatu tindakan terhormat yang dilakukan seseorang, bahkan ketika tidak ada orang yang melihatnya. Jadi, integritas termasuk perbuatan beretika dan terpuji, tanpa perlu diketahui orang lainnya.

Seseorang yang memiliki integritas tinggi mampu bekerja keras dan menyelesaikan tugasnya secara maksimal. Dan, ia pun dapat memperlakukan rekan kerja dan atasannya dengan hormat.

Tak hanya perlu dimiliki oleh karyawan saja, tapi integritas mesti dimiliki oleh pihak perusahaan, lho. Tanpa adanya integritas – perusahaan lebih sulit untuk menjalani proses bisnis dan menjaga kualitas. Nantinya, hal ini akan berdampak pada kinerja karyawan yang bekerja di perusahaan tersebut.

Meski demikian, memiliki integritas tidak semudah membalikkan telapak tangan, nih. Terlebih, dalam hal meningkatkannya. Terbilang cukup tricky, nih. Tapi, tenang! Setidaknya ada lima tips yang bisa diterapkan dalam meningkatkan integritas. Apa saja tips tersebut?

Berikut ulasan lengkapnya.

 

 

 

5 Tips Meningkatkan Integritas

Tingkatkan Integritas Di Dunia Kerja Dengan 5 Tips Jitu Berikut / Credit: careeraddict.com

Transparan

Penyebab kerugian yang dialami perusahaan atau bisnis, bisa jadi karena kurangnya sikap transparansi. Karyawan tentu berhak untuk mengetahui keadaan perusahaan, sehingga mereka pun dapat membantu dalam menyelesaikan masalah.

Untuk itu, pihak perusahaan mesti bisa membangun trasnparansi dengan menceritakan masalah yang sedang dihadapi. Dari hal ini – komunikasi pun dapat meningkat dan karyawan semakin percaya dengan perusahaan.

 

Adil

Ingin meningkatkan integritas suatu bisnis atau perusahaan? Cobalah bersikap adil. Selain itu, bersikap adil juga dapat mengurangi potensi konflik antar karyawan. Jadi, budaya yang harmonis pun dapat terwujud.

 

Tingkatkan Integritas Di Dunia Kerja Dengan 5 Tips Jitu Berikut / Credit: businessprocessincubator.com

Komitmen

Jadilah seseorang yang jujur dan transparan, mampu menghargai pendapat orang lain, memperlakukan rekan kerja dengan adil, dan dapat menentukan tujuan yang jelas. Untuk menjalani sejumlah hal ini – diperlukan komitmen tinggi.

Komitmen dapat membawamu pada kesuksesan dan membangun sikap integritas yang tinggi.

 

Dukung Karyawan Beropini

Dalam hal ini, bukan setiap ide karyawan mesti diterima, ya. Tetapi, lakukan diskusi kreatif yang jujur dan kritis, namun dengan cara berpikir yang terbuka dan menghormati ide-ide lainnya. Bangun budaya di mana karyawan dapat berbicara bebas dan mengemukakan ide kreatifnya.

Dengan begitu, peluang perusahaan untuk terus maju dan memiliki integritas dapat semakin meningkat.

 

Tingkatkan Integritas Di Dunia Kerja Dengan 5 Tips Jitu Berikut / Credit: hrtechnologist.com

Bangun Komunikasi yang Baik

Integritas dapat dicapai dengan memiliki komunikasi yang baik. Seseorang yang mampu berkomunikasi dengan baik dapat dipandang sebagai orang yang percaya diri – dengan begitu, orang lain pun dapat menaruh kepercayan.

Jadi, membangun komunikasi yang baik di tempat kerja termasuk salah satu cara terbaik untuk meningkatkan integritas.

 

 

 

Wah, bagaimana nih? Sudah cukup jelas ya mengenai tips meningkatkan integritas dalam dunia kerja, terutama untuk pihak perusahaan. Yuk, mulai sekarang kamu bisa lho menerapkan sejumlah tips di atas untuk bantu capai kesuksesan. Selamat mencoba!

 

Featured Image - citynews1130.com