Vitamin C atau asam askorbat adalah salah satu mikronutrien penting yang memiliki banyak fungsi dan manfaat. Fungsi utama vitamin C meliputi membantu penyerapan zat besi dan produksi sel darah, menguatkan sel darah putih dan sistem imun, berperan sebagai antioksidan, hingga menjadi komponen utama dalam proses produksi kolagen. Karena vitamin ini tidak dapat diproduksi dan disimpan oleh tubuh, kamu harus mendapatkannya dari makanan dan/atau suplemen. Namun tahukah kamu bahwa kebutuhan vitamin C per hari tidak boleh kurang dan berlebihan. Ketahui panduan kebutuhan vitamin C harian dan dampaknya bila kekurangan atau kelebihan nutrisi yang satu ini. Ikuti juga beberapa tips memenuhi kebutuhan vitamin C harian pada bagian akhir ya.

 

Panduan Kebutuhan Vitamin C Per Hari Berdasarkan Usia

National Institutes of Health (2021) menjabarkan panduan umum dosis vitamin C yang harus dipenuhi setiap hari. Berikut ini kami tampilkan rekomendasi asupan vitamin C berdasarkan usia.

Sebagai catatan, kebutuhan vitamin C per hari di atas merupakan saran dari beberapa ahli kesehatan. Apabila kamu memiliki kondisi kesehatan khusus, konsultasikan dengan dokter terkait dosis vitamin C per hari yang aman didapatkan.

Dampak Kekurangan dan Kelebihan Asupan Vitamin C

Seseorang dikatakan kekurangan vitamin C harian ketika asupan yang didapatkan hanya kurang dari 10 mg per hari. Apabila kondisi ini berlangsung beberapa minggu, orang tersebut rentan terkena penyakit scurvy. Gejala umum dari penyakit tersebut adalah kelelahan fisik, peradangan pada gusi, munculnya bintik kulit berwarna merah atau ungu, nyeri sendi, hingga luka yang sulit sembuh. Beberapa kasus ekstrem bahkan menyebabkan anemia, gusi berdarah, hingga kehilangan gigi.

Namun perlu dipahami juga bahwa asupan vitamin C yang berlebih akan menyebabkan diare, mual, kram perut, dan masalah pencernaan lainnya. Sebaiknya batasi konsumsi vitamin C maksimal 1.800-2.000 mg per hari agar tidak muncul gangguan pencernaan. Meskipun jarang terjadi, kasus ini biasanya disebabkan oleh konsumsi suplemen yang tidak sesuai aturan pakai atau dari produk tidak berizin.

Sumber Terbaik dan Faktor yang Membuat Orang Disarankan Mengonsumsi Suplemen

Sumber vitamin C terbaik tentu saja secara alami melalui pola makan yang sehat, terutama bagi anak-anak, remaja, lansia, dan orang dewasa. Sedangkan bagi bayi baru lahir, sumber vitamin C hanya boleh berasal dari ASI atau susu formula. Kemudian dapat didukung dengan makanan pendamping ASI saat bayi berusia lebih dari 6 bulan.

Beberapa makanan yang kaya akan vitamin C adalah jambu biji, stroberi, jeruk, pepaya, brokoli, paprika, tomat, bayam, serta sayur dan buah lain yang berwarna cerah. Selain memilih bahan makan, pastikan kamu tidak mengolahnya secara berlebihan dan/atau menyimpan bahan makan tersebut terlalu lama dan terpapar matahari agar kandungannya tidak hilang.

Tidak hanya dari menu makan, kamu juga bisa memenuhi kebutuhan vitamin C harian melalui konsumsi suplemen. Ada beberapa faktor yang membuat seseorang disarankan mengonsumsi suplemen selain dari pola makan sehat. Faktor tersebut adalah sebagai berikut:

  • Memiliki kebiasaan merokok (perokok aktif) dan sering terpapar asap rokok (perokok pasif)
  • Perempuan yang sedang mengandung dan menyusui
  • Memiliki intensitas tinggi terpapar polusi udara
  • Memiliki kondisi kesehatan khusus sehingga sulit memenuhi asupan vitamin C dari makanan utama
  • Memasuki usia lanjut dan asupan makannya kurang maksimal

Tips Memenuhi Kebutuhan Vitamin C Per Hari

Dari informasi di atas, memenuhi kebutuhan vitamin C per hari paling efektif adalah dengan menjaga pola makan sehat. Bila perlu, konsumsi suplemen vitamin C untuk mendukung pemenuhannya setiap hari. Perhatikan beberapa tips yang kadang dilupakan namun sebenarnya mampu mendukung pemenuhan vitamin C harian di bawah ini.

  • Pastikan ada buah dan sayuran tinggi vitamin C dalam piringmu setiap kali makan. Perhatikan juga variasi jenis buah dan sayur untuk mendapatkan multivitamin dan mineral yang lebih lengkap.
  • Usahakan mengolah (atau membeli olahan) makanan dengan cara dikukus atau ditumis sebentar untuk meminimalisir hilangnya nutrisi.
  • Perhatikan aturan pakai produk suplemen pilihan, terutama dosisnya bagi anak-anak.

Enervon: Suplemen Vitamin C Terpercaya untuk Keluarga

Sekarang saatnya kamu mengetahui salah satu produk penyedia suplemen daya tahan tubuh yang terpercaya di Indonesia, yaitu Enervon. Sebagai suplemen untuk semua usia, Enervon memiliki 4 varian produk dan semuanya mengandung vitamin C. Untuk varian yang cocok dikonsumsi semua kelas usia dalam keluarga, maka Enervon-C Tablet dan Enervon-C Effervescent harus siap sedia di rumah. Dengan bentuk tablet dan effervescent, keduanya mudah untuk disesuaikan dosisnya.

Lalu untuk kamu usia dewasa 19 tahun ke atas dengan aktivitas yang padat setiap hari, Enervon Active dengan formulasi khusus. Dengan tambahan mineral zinc dan menggunakan bahan non-acidic, kebutuhan energi harian akan terpenuhi tanpa mengganggu lambung yang sensitif.

Varian ini juga diformulasikan khusus untuk lansia 50 tahun ke atas, yaitu Enervon Gold. Selain multivitamin dan mineral, lansia juga akan mendapat asupan minyak ikan yang mengandung omega 3, DHA, dan EPA.

Sebagai suplemen multivitamin dan mineral, semua varian Enervon juga dilengkapi dengan vitamin B kompleks, mineral niacinamida, kalsium pantotenat, hingga lutein dan minyak ikan (varian Enervon Gold). Semua varian produk Enervon di atas dapat diakses dengan mudah melalui toko resminya di Tokopedia dan Shopee.

Referensi:

National Institutes Health. 2021. Vitamin C. Diakses dari https://ods.od.nih.gov/factsheets/VitaminC-Consumer/

Featured Image - aaptiv.com