Berapa Kebutuhan Vitamin C Per Hari Ketika Sedang Sakit? Begini Penjelasannya

Berapa Kebutuhan Vitamin C Per Hari Ketika Sedang Sakit? Begini Penjelasannya

font size A Ǎ

Vitamin C merupakan salah satu nutrisi tubuh yang penting untuk meningkatkan dan menjaga sistem imunitas tubuh. Seperti yang diketahui – imunitas tubuh berperan untuk melindungi tubuh dari berbagai macam penyakit. Untuk itu, memenuhi kebutuhan vitamin C per hari sangat dianjurkan.

Rutin memenuhi kebutuhan vitamin C per hari dapat kamu lakukan dengan mengonsumsi sejumlah sumber makanan yang kaya akan vitamin C dan mengonsumsi multivitamin tambahan untuk mengoptimalkannya. Ini mesti kamu lakukan sehingga tubuh mendapat perlindungan ekstra.

Ketika dalam keadaan sehat, kebutuhan vitamin C per hari mungkin bisa dipenuhi seperti biasanya. Namun, bagaimana jika kamu sedang sakit? Berapa kebutuhan vitamin C per hari yang mesti kamu penuhi untuk bantu tubuh cepat pulih?

Berikut ini ulasan lengkapnya.

 

 

 

Manfaat Vitamin C Untuk Tubuh

Berapa Kebutuhan Vitamin C Per Hari Ketika Sedang Sakit? Begini Penjelasannya

Berapa Kebutuhan Vitamin C Per Hari Ketika Sedang Sakit? Begini Penjelasannya / Credit: runnersworld.com

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, vitamin C memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan tubuh – yang paling terkenal adalah perannya dalam menjaga dan meningkatkan daya tahan tubuh.

Selain itu, vitamin C juga memiliki sejumlah manfaat baik lainnya, seperti:

  • Memaksimalkan proses penyerapan zinc.
  • Membantu melindungi tubuh dari kerusakan sel akibat radikal bebas. Dengan begitu, risiko kanker dan penyakit jantung dapat diminimalisir.
  • Membantu jaga kesehatan tulang rawan, tulang, dan gigi.
  • Menjaga kesehatan pembuluh darah, serta mencegah terjadinya serangan stroke.
  • Berperan dalam memproduksi kolagen – protein untuk mempercepat penyembuhan luka, dan memperlambat proses penuaan dini.

 

Berapa Kebutuhan Vitamin C Per Hari Ketika Sedang Sakit?

Berapa Kebutuhan Vitamin C Per Hari Ketika Sedang Sakit? Begini Penjelasannya

Berapa Kebutuhan Vitamin C Per Hari Ketika Sedang Sakit? Begini Penjelasannya / Credit: intrepidwellbeing.com

Berdasarkan jurnal yang dipublikasikan Science Daily – disebutkan bahwa seorang dokter menganalisis dua hasil penelitian yang mencari tahu hubungan antara dosis vitamin C dan durasi dari ketika sakit, lebih spesifiknya sakit pilek.

Hasil menunjukkan bahwa ada hubungan penting antara dosis vitamin C dan durasi ketika seseorang sakit. Kamu dianjurkan untuk menambah dosis vitamin C sebanyak 6-8 gram per hari – ini dapat mempercepat proses pemulihan.

Jadi, kamu boleh mengonsumsi vitamin C harian dalam jumlah tinggi, maksimal 2000 mg per hari, ya. Dan ini dapat membantu proses pemulihan ketika sedang sakit, terutama pilek.

 

Vitamin C Mampu Bantu Tubuh Lebih Cepat Pulih

Berapa Kebutuhan Vitamin C Per Hari Ketika Sedang Sakit? Begini Penjelasannya

Berapa Kebutuhan Vitamin C Per Hari Ketika Sedang Sakit? Begini Penjelasannya / Credit: inc.com

Yang perlu kamu ketahui – menambah asupan kebutuhan vitamin C per hari ketika sakit dapat membantu mengurangi gejala yang dirasakan dan mempercepat proses pemulihan. Dilansir dari Hello Sehat, vitamin C dapat mempersingkat penyembuhan penyakit hingga 8 persen pada orang dewasa dan 14 persen pada anak- anak.

Ketika tubuh mengalami infeksi, kadar vitamin C dalam sistem imun bisa turun secara drastis. Dengan begitu, kebutuhan vitamin C pun sudah pasti meningkat, ya.

Kekurangan vitamin C – dapat berakibat imunitas melemah dan meningkatkan risiko terjadinya infeksi. Dengan begitu, menambah asupan kebutuhan vitamin C per hari saat sakit merupakan langkah yang tepat.

 

Sumber Terbaik Vitamin C

Berapa Kebutuhan Vitamin C Per Hari Ketika Sedang Sakit? Begini Penjelasannya

Berapa Kebutuhan Vitamin C Per Hari Ketika Sedang Sakit? Begini Penjelasannya / Credit: timesofindia.indiatimes.com

Setelah mengetahui kebutuhan vitamin C per hari saat sakit, kamu juga mesti mengetahui sumber terbaik untuk memperolehnya.

Sejatinya, vitamin C bisa ditemukan dalam berbagai sumber makanan sehat, seperti buah dan sayur. Untuk buah – kamu bisa konsumsi jambu biji, jeruk, kiwi, pepaya, stroberi, nanas, dan mangga. Sementara, sayur yang kaya vitamin C meliputi paprika, kale, brokoli, kacang kapri, dan kubis.

Tetapi terkadang mengonsumsi buah dan sayur saja belum cukup untuk memenuhi kebutuhan vitamin C per hari, lho. Untuk itu, kamu dianjurkan untuk mengonsumsi multivitamin secara rutin – dan penting dilakukan ketika kamu sedang sakit.

Kamu direkomendasikan minum multivitamin Enervon-C. Mengapa mesti Enervon-C?

Karena, Enervon-C mengandung sejumlah vitamin yang baik seperti Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, dan Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat – yang berperan untuk menjaga daya tahan tubuhmu biar tidak mudah sakit.

Selain itu, Enervon-C dapat mengoptimalkan proses metabolisme. Sehingga, tubuh bisa memperoleh energi untuk beraktivitas seharian. Manfaat ini berkat kandungan vitamin B kompleks, ya.

Kamu bisa mengonsumsi Enervon-C dalam bentuk tablet yang mengandung Vitamin C 500 mg. Atau, Enervon- Effervescent dengan kandungan Vitamin C 1000 mg untuk hasil yang lebih maksimal dan sensasi menyegarkan!

 

Namun, Apakah Aman Minum Multivitamin Setiap Hari?

Berapa Kebutuhan Vitamin C Per Hari Ketika Sedang Sakit? Begini Penjelasannya

Berapa Kebutuhan Vitamin C Per Hari Ketika Sedang Sakit? Begini Penjelasannya / Credit: mcquinnnaturopathic.com

Kamu mungkin pernah bertanya- tanya, sebenarnya aman tidak sih untuk minum multivitamin setiap harinya? Tentu aman! Terlebih, Enervon-C! Mengapa demikian? Karena, kandungan vitamin dalam Enervon-C bersifat larut air.

Jadi, zat yang diperlukan akan segera diserap tubuh dan sisanya akan terbuang melalui urin. Yang penting, kamu tetap harus minum air putih yang cukup, ya.

 

 

 

Wah, bagaimana nih? Sekarang kamu sudah memahami ya berapa kebutuhan vitamin c per hari yang diperlukan saat sedang sakit dan berbagai sumber vitamin C yang bisa kamu konsumsi.

Dari penjelasan di atas, vitamin C memang penting untuk menjaga daya tahan tubuh agar kamu tetap sehat dan terhindar dari berbagai macam penyakit!

 

Featured Image - aaptiv.com


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!