Optimalkan Perkembangan Kognitif Anak Sejak Dini, Berikan 6 Makanan Penuh Nutrisi Berikut

Optimalkan Perkembangan Kognitif Anak Sejak Dini, Berikan 6 Makanan Penuh Nutrisi Berikut

font size A Ǎ

Tahukah kamu bahwa tiga tahun pertama si kecil merupakan tahapan penting untuk perkembangan kognitif yang berkaitan erat dengan otaknya? Untuk itu, orangtua disarankan untuk memanfaatkan tahun awal kehidupan anak untuk mendukung perkembangan kognitif agar tumbuh menjadi anak yang cerdas.

Kecerdasaran kognitif – merupakan kemampuan yang erat kaitannya dengan nalar dan intelektual anak dalam hal kreativitas, berpikir, belajar, konsentrasi, serta berhubungan dengan sejumlah hal yang ada di lingkungan sekitarnya.

Kamu tentu menginginkan si kecil memiliki kecerdasan kognitif yang maksimal, bukan? Untuk meningkatkannya, sebenarnya kamu bisa mengajak si kecil untuk melakukan sejumlah aktivitas, seperti mengajak ia mengenal suara, meminta ia untuk memilih, mengajarkannya berhitung, dan minta ia untuk membantu membereskan barang.

Tetapi, mengajak si kecil melakukan sejumlah kegiatan saja mungkin belum cukup – agar makin maksimal, kamu perlu memberinya sejumlah makanan yang baik untuk dukung perkembangan kognitif si kecil, lho!

Lalu, apa saja makanan tersebut? Berikut ini ulasannya.

 

 

 

6 Makanan Kaya Nutrisi

Untuk Dukung Perkembangan Kognitif Anak

Optimalkan Perkembangan Kognitif Anak Sejak Dini, Berikan 6 Makanan Penuh Nutrisi Berikut

Optimalkan Perkembangan Kognitif Anak Sejak Dini, Berikan 6 Makanan Penuh Nutrisi Berikut / Credit: bradabrahams.uk.com

Sayur Berdaun Hijau Tua

Sumber makanan yang pertama, yaitu sayuran dengan daun hijau tua, seperti bayam, kale, chard, dan collard. Mengapa demikian?

Karena, jenis sayuran ini mengandung banyak zat besi dan folat – keduanya diperlukan untuk fungsi perkembangan kognitif yang optimal. Zat besi – membantu pembentukan koneksi saraf dan menghindari gangguan mental dan motorik.

Untuk mengolahnya, kamu bisa kukus dan campur sayuran berdaun hijau tua dengan sereal. Atau, kamu bisa bereksperimen agar si kecil lahap memakannya!

 

Labu

Zinc berperan untuk membantu penyerapan vitamin C dalam tubuh – kamu mungkin sudah pernah mendengar hal ini, ya? Begitu pula pada tubuh si kecil, ia pun membutuhkan zinc untuk memaksimalkan penyerapan vitamin C, lho.

Kamu bisa memberinya labu yang kaya akan vitamin C dan vitamin A – keduanya pun berperan penting untuk meningkatkan perkembangan kognitif anak. Tak perlu khawatir sulit dimakan si kecil, labu memiliki tekstur yang halus dan mudah dikonsumsi.

 

Optimalkan Perkembangan Kognitif Anak Sejak Dini, Berikan 6 Makanan Penuh Nutrisi Berikut

Optimalkan Perkembangan Kognitif Anak Sejak Dini, Berikan 6 Makanan Penuh Nutrisi Berikut / Credit: nutraingredients-latam.com

Blueberry

Blueberry merupakan buah yang kaya akan antioksidan – yang berperan melindungi otak dari bahaya radikal bebas. Tentu, hal ini berpengaruh pada perkembangan kognitif si kecil, ya.

Blueberry memiliki jumlah antioksidan yang tinggi, karena warna birunya berasal dari flavonoid – atau disebut juga anthocyanin untuk menjaga kesehatan otak, mata, dan saluran kemih anak.

 

Alpukat

Siapa di sini yang suka dengan alpukat? Hampir sebagian besar orang pasti menyukainya, ya. Tak terkecuali anak- anak, lho. Alpukat – mengandung lemak sehat yang penting untuk perkembangan kognitif dan otak si kecil.

Selain itu, alpukat mengandung lemak tak jenuh yang juga baik untuk kesehatan. Agar mudah dikonsumsi, tumbuk alpukat dan tambahkan sebagai topping di sejumlah makanan.

 

Optimalkan Perkembangan Kognitif Anak Sejak Dini, Berikan 6 Makanan Penuh Nutrisi Berikut

Optimalkan Perkembangan Kognitif Anak Sejak Dini, Berikan 6 Makanan Penuh Nutrisi Berikut / Credit: finance.detik.com

Buncis

Buncis merupakan makanan kaya akan serat dan zat besi yang baik untuk perkembangan kognitif si kecil. Selain itu, buncis memiliki rasa yang nikmat, lho. Jadi, si kecil pasti menyukainya!

Untuk menyajikan buncis, kamu bisa olah menjadi hummus – caranya haluskan buncis dengan bawang putih, lemon, minyak zaitun, dan tahini. Dan voila! Hummus buncis siap dijadikan pada anak.

 

Daging dan Ikan

Kamu pasti sudah tahu bahwa daging mengandung banyak zinc, zat besi, dan protein – ketiganya sangat diperlukan untuk perkembangan otak. Tak hanya daging, ikan seperti salmon, juga kaya akan protein dan asam lemak omega-3 – keduanya juga berperan penting untuk kognitif si kecil.

Kamu bisa mengolah daging dan ikan – dengan cara dipanggang atau direbus, kemudian tambahkan sayuran favorit si kecil.

 

 

 

Dukung Perkembangan Anak, Lakukan Pula Sejumlah Hal Ini

Optimalkan Perkembangan Kognitif Anak Sejak Dini, Berikan 6 Makanan Penuh Nutrisi Berikut

Optimalkan Perkembangan Kognitif Anak Sejak Dini, Berikan 6 Makanan Penuh Nutrisi Berikut / Credit: smartparenting.com.ph

Berkaitan dengan perkembangan kognitif anak – tak hanya memberi sejumlah makanan di atas, tapi kamu disarankan untuk melakukan sejumlah hal lainnya, seperti:

  • Memerhatikan asupan cairan anak. Hindari si kecil mengalami dehidrasi.
  • Berikan ia camilan sehat seperti buah.
  • Pastikan si kecil mengonsumsi makanan bergizi seimbang, yang kaya akan sejumlah vitamin dan mineral penting, seperti vitamin A, vitamin B, vitamin C, vitamin D, asam folat, zinc, kalsium, selenium, omega 3, dan omega 6.
  • Beri multivitamin khusus anak untuk optimalkan perkembangannya.

Berkaitan dengan multivitamin anak – kamu bisa berikan multivitamin sirup yang mengandung sejumlah vitamin penting, seperti Enervon-C Plus Sirup.

Enervon-C Plus Sirup memiliki kandungan vitamin lengkap untuk si kecil. Yaitu, Vitamin A, Vitamin B Kompleks, Vitamin C, Vitamin D, Niacinamide, dan Panthenol.

Sejumlah vitamin tersebut, dapat membantu optimalkan tumbuh kembang si kecil, membuat anak tetap aktif di masa pertumbuhannya, meningkatkan nafsu makan, membantu pembentukan tulang dan gigi, serta bantu pelihara daya tahan tubuhnya biar tidak mudah sakit.

 

 

 

Wah, bagaimana nih? Berdasarkan penjelasan di atas, memberi sejumlah makanan sehat dan cara lainnya untuk optimalkan perkembangan kognitif si kecil memang perlu dilakukan ya – jadi, anak dapat tumbuh cerdas dan senantiasa sehat.

Selamat mencoba!

 

Featured Image - australianavocados.com.au


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!