Pilates vs Yoga. Apa Sih Perbedaan Di Antara Keduanya?

Pilates vs Yoga. Apa Sih Perbedaan Di Antara Keduanya?

font size A Ǎ

Memiliki tubuh yang sehat dan bugar, tentu merupakan keinginan setiap orang. Untuk mencapainya, diperlukan sejumlah usaha yang dilakukan secara konsisten. Mulai dari menjaga asupan makanan, hingga melakukan olahraga secara rutin.

Sebagian besar orang mungkin menyukai olahraga seperti jogging, boxing, bersepeda, atau senam aerobik. Tapi, bagaimana orang yang cenderung menyukai olahraga “tenang”? Pilates dan yoga – merupakan alternatif tepat.

Apakah kamu tertarik untuk mencoba pilates dan yoga? Sebelum kamu mencoba salah satunya, sebaiknya ketahui terlebih dahulu ya perbedaan di antara keduanya.

Untuk ulasan lengkap mengenai perbedaan pilates dan yoga – simak ulasannya berikut ini.

 

 

 

Perbedaan Pilates dan Yoga

Pilates

Pilates vs Yoga. Apa Sih Perbedaan Di Antara Keduanya?

Pilates vs Yoga. Apa Sih Perbedaan Di Antara Keduanya? / Credit: quickanddirtytips.com

Alat Bantu

Yang pertama – mengenai alat bantu dalam aktivitas fisik pilates. Alat yang biasa digunakan adalah matras. Tapi, tak jarang pula latihan pilates yang menggunakan alat bantu – seperti bola, tali, dan alat khusus yang digunakan pada beberapa sesi.

Perlu kamu ketahui, sejumlah alat bantu yang digunakan tersebut memiliki perannya masing- masing untuk meningkatkan fungsi dan postur tubuh.

 

Metode

Dalam latihan pilates, kamu diajak untuk menggunakan sejumlah alat yang bertujuan sebagai pemanasan otot, sehingga keseimbangan tubuhmu dapat terjaga.

 

Pernapasan

Pilates menggunakan cara bernapas melalui hidung dan dikeluarkan lewat mulut. Bagi sebagian besar orang, mungkin menganggap bahwa pilates cenderung memberi sensasi rileks yang lebih tinggi daripada yoga.

 

Manfaat

Setiap olahraga pasti memiliki manfaat yang baik untuk tubuh, begitu pula dengan pilates yang baik untuk mengendalikan pikiran. Dengan begitu, kamu merasa lebih rileks dalam menjalani kegiatan sehari- hari.

 

 

 

Yoga

Pilates vs Yoga. Apa Sih Perbedaan Di Antara Keduanya?

Pilates vs Yoga. Apa Sih Perbedaan Di Antara Keduanya? / Credit: yogajournal.com

Alat Bantu

Sama seperti pilates – yoga pun menggunakan matras dalam sesi latihannya. Tapi, yoga umumnya tidak menggunakan bola, tali, atau alat bantu khusus lainnya. Hal ini dikarenakan yoga lebih fokus dalam mengandalkan kekuatan otot, gerakan, dan melatih koordinasi tubuh.

 

Metode

Seperti yang sudah disebutkan, bahwa yoga sangat jarang menggunakan alat ataupun mesin tambahan dalam sesi latihannya. Tetapi, yoga cenderung menggunakan latihan meditasi sebagai bagian dari metodenya.

 

Pernapasan

Sama seperti pilates, yoga fokus pada pengaturan napas perut dan dikeluarkan melalui mulut. Namun pada latihan yoga, ada cara dan pose tertentu dalam pengambilan dan penghembusan napas. Ini karena yoga lebih fokus untuk memberi energi bagi tubuh.

 

Manfaat

Yoga dapat memberi manfaat spiritual berupa fokus dan ketenangan batin – keduanya dapat dicapai karena ada meditasi di setiap sesi yoga.

Selain itu, yoga pun menghubungkan pikiran, tubuh, dan jiwa sehingga fokus yang didapat pun memiliki cakupan yang luas.

 

Jadi, Harus Pilih yang Mana Nih?

Pilates vs Yoga. Apa Sih Perbedaan Di Antara Keduanya?

Pilates vs Yoga. Apa Sih Perbedaan Di Antara Keduanya? / Credit: verywellfit.com

Apakah kamu masih bingung harus memilih latihan yoga atau pilates? Sebenarnya, keduanya sama- sama baik dan memiliki banyak manfaat, kok. Tapi, kamu bisa sesuaikan dengan kebutuhan dan keadaan kamu.

Misal, jika kamu memiliki atau rentan alami cedera – kamu bisa memilih latihan pilates. Tetapi, kalau kamu ingin benar- benar merasakan manfaatnya di seluruh tubuh, kamu bisa memilih yoga, nih. Karena, latihan pilates cenderung fokus pada satu inti saja.

Kalau kamu seorang newbie alias baru dan ingin latihan yang lebih santai – pilates merupakan latihan yang tepat untuk kamu. Setelah memahami gerakan- gerakannya, barulah kamu boleh mencoba yoga.

 

 

 

Wah, bagaimana nih? Apakah kamu makin penasaran dan ingin segera mencoba salah satu olahraga tersebut?

Berdasarkan penjelasan di atas, baik pilates mau pun yoga memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan, ya. Kalau kamu ingin mencoba salah satu olahraga tersebut, kamu bisa jadikan poin- poin di atas sebagai bahan pertimbangan, ya!

 

Featured Image - yogauonline.com


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!