Tidak Pakai Masker Ke Luar Rumah, Waspadai Bahayanya!

Tidak Pakai Masker Ke Luar Rumah, Waspadai Bahayanya!

font size A Ǎ

Selama pandemi Covid-19, masyarakat diimbau untuk tetap menerapkan protokol kesehatan, salah satunya menggunakan masker ketika bepergian ke luar rumah. Selalu menggunakan masker – termasuk langkah mudah dan efektif untuk mencegah penyebaran dan penularan virus.

Meski demikian, masih banyak masyarakat yang justru bandel dan tidak menggunakan masker – terutama ketika berada di luar ruangan. Padahal, masker merupakan perlindungan utama dari paparan virus. Mengapa demikian?

Karena, virus corona merupakan virus yang menular melalui droplet – yang keluar ketika seseorang batuk, berbicara, atau bersin. Dengan begitu, menggunakan masker – kain mau pun medis – dapat menahan droplet menyebar bebas. Dikutip dari Healthline, masker mampu menahan 60 persen cairan ketika seseoang bersin.

Intinya – tidak menggunakan masker ketika berada di ruang publik justru dapat berbahaya. Berikut sejumlah dampak yang bisa ditimbulkan jika tidak memakai masker.

 

 

 

3 Bahaya Tidak Menggunakan Masker Ketika Ke Luar Rumah

Tidak Pakai Masker Ke Luar Rumah, Waspadai Bahayanya!

Tidak Pakai Masker Ke Luar Rumah, Waspadai Bahayanya! / Credit: deseret.com

Mudah Terpapar Virus

Bahaya tidak menggunakan masker yang bisa dialami – mudah terpapar virus. Ketika seseorang tidak memakai masker, maka virus lebih mudah masuk ke dalam tubuh melalui jalur pernapasan. Sejumlah studi pun menunjukkan, bahwa masker efektif dalam mencegah penularan virus melalui droplet.

 

Menyebarkan Virus

Kemudian, tidak memakai masker pun mampu menularkan virus ke orang lain. CDC mengatakan masker dapat membantu mencegah orang lain terjangkit penyakit yang bisa ditularkan melalui droplet atau udara – seperti Covid-19.

CDC pun menemukan bahwa banyak orang dengan Covid-19 yang tidak menyadari bahwa mereka merupakan pembawa virus. Hal ini disebabkan karena mereka tidak merasakan gejala (Orang Tanpa Gejala) dan memilih untuk tidak memakai masker.

Dengan keberadaan OTG, penyebaran virus semakin sulit dideteksi. Untuk itu, memakai masker sangat penting dilakukan.

 

Tidak Pakai Masker Ke Luar Rumah, Waspadai Bahayanya!

Tidak Pakai Masker Ke Luar Rumah, Waspadai Bahayanya! / Credit: npr.org

Membawa Virus ke Tubuh

Bahaya lainnya – kemungkinan tubuh dapat membawa virus. Dilansir dari CNN Indonesia, beberapa studi menunjukkan bahwa virus dapat bertahan hidup di permukaan benda dalam beberapa waktu.

Ketika menjalani aktivitas sehari- hari, seseorang pasti akan memegang benda- benda di sekitarnya. Lalu, tanpa disadari, ia pun menyentuh wajah menggunakan tangan yang mungkin saja sudah terkontaminasi virus.

Oleh karena itu, memakai masker sangatlah penting untuk melindungi tubuh dari Covid-19 yang bisa masuk melalui area wajah.

 

 

Langkah Pencegahan Lainnya

Tidak Pakai Masker Ke Luar Rumah, Waspadai Bahayanya!

Tidak Pakai Masker Ke Luar Rumah, Waspadai Bahayanya! / Credit: tagar.id

Selain menggunakan masker, masyarakat diimbau untuk terus menerapkan protokol kesehatan lainnya, seperti rutin cuci tangan dengan air mengalir dan sabun, gunakan hand sanitizer jika tidak ada fasilitas cuci tangan, dan jaga jarak.

Disarankan pula untuk menjalani pola hidup sehat – untuk menjaga daya tahan tubuh – ini meliputi mengonsumsi makanan bergizi seimbang, istirahat yang cukup, penuhi kebutuhan cairan tubuh, rutin berolahraga, dan kelola stres dengan baik.

Kamu juga direkomendasikan untuk mengonsumsi multivitamin yang mengandung vitamin C dan vitamin B kompleks. Karena, kombinasi keduanya dapat membantu memelihara daya tahan tubuh agar tidak mudah sakit.

 

 

 

Selama pandemi Covid-19, masyarakat mesti menerapkan protokol kesehatan yang berlaku agar penyebaran dan penularan virus dapat berkurang dan pandemi bisa segera diatasi.

 

Featured Image - connexionfrance.com

Source - cnnindonesia.com


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!